Jelang Final Liga Champions : Bentrok Barcelona vs MU di Masa Lalu

imageUntuk kedua kalinya dalam tiga tahun Barcelona dan Manchester United saling berhadapan di babak final Liga Champions Eropa. Pada Mei 2009 Barcelona menang 2-0 dan tidak diragukan lagi kali ini Manchester United dipastikan ingin membalas kekalahan tersebut. Bagi para penggemar sepak bola tentu mereka mengharapkan pertandingan yang enak ditonton yang menjadi salah satu pertandingan klasik dalam sejarah. Berikut pertemuan kedua tim di masa lalu.

Manchester United 3 Barcelona 0, Maret 1984
Di leg pertama babak perempat final Cup Winner’s Cup, Manchester United tertinggal 0-2 dari tim yang antara lain diperkuat pemain legendaris Argentina, Diego Maradona.
Di laga ini Barcelona sepertinya tidak memberi peluang bagi Manchester United untuk mengembangkan permainan. Namun Bryan Robson bisa mencetak gol melalui sundulan kepala di babak pertama dan tiba-tiba saja Manchester United mendapatkan suntikan energi baru.
Robson kembali mencetak gol tidak lama setelah babak kedua dimulai, membuat agregat gol kedua tim menjadi 2-2.
Frank Stappleton mencetak gol kemenangan bagi Manchester United yang dilatih Ron Atkinson.

Manchester United 2 Barcelona 1, Mei 1991
Manchester United mengakhiri paceklik juara di panggung sepak bola Eropa. Penantian selama 23 tahun terobati ketika larangan bagi klub-klub Inggris dicabut dan Manchester United langsung menjuarai Cup Winner’s Cup.
Mark Hughes menjadi kapten Manchester United setelah pada musim sebelumnya bermain untuk Barcelona.
Ia mencetak dua gol di babak kedua, salah satunya melalui sudut yang sangat sempit. Satu-satunya gol Barcelona dicetak oleh Ronald Koeman.

Barcelona 4 Manchester United 0, November 1994
Permainan yang bisa dikatakan berat sebelah. Manchester United terkena kebijakan pembatasan pemain asing sementara di bawah asuhan Johan Cruyff, Barcelona adalah tim impian. Setahun sebelumnya Barcelona dilibas AC Milan 4-0 yang membuat musim pertandingan 1994 menjadi ajang pembuktian bagi klub Spanyol tersebut. Duo Barcelona, Hristo Stoichkov dan Romario bermain cemerlang. Stoichkov mencetak dua gol sementara Romario mencetak satu gol ke gawang Manchester United. Gol keempat Barcelona dicetak oleh Albert Ferrer.

Manchester United 3 Barcelona 3, September 1998
Salah satu permainan seru yang tidak dilupakan oleh penggemar kedua klub. Paul Scholes dan Ryan Giggs mencetak gol di awal babak pertama. Barcelona menyamakan kedudukan melalui Sonny Anderson dan Giovanni. Gol David Beckham membuat Manchester United kembali unggul namun tendangan penalti Luis Enrique di menit ke-71 membuat pertandingan berakhir imbang.

Barcelona 3 Manchester United 3, November 1998
Hasil yang sama terulang kembali dua bulan kemudian.
Kali ini Barcelona unggul terlebih dahulu melalui Anderson. Namun penyerang Manchester United lagi-lagi membuat Barcelona tertinggal. Dwight York mencetak dua gol dan satu gol lagi disarangkan oleh Andy Cole. Dua gol balasan Barcelona dicetak oleh Rivaldo.

Manchester United 1 Barcelona 0, April 2008
Laga pertama babak semifinal Liga Champions di kandang Barcelona berakhir imbang 0-0. Tidak mengherankan bila laga kedua di Old Trafford berjalan tegang. Lionel Messi bermain habis-habisan namun aksinya menembus gawang Manchester United terbentur dinding pertahanan yang diperkuat Rio Ferdinand dan Wes Brown. Gol awal yang dicetak oleh Paul Scholes bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Manchester United lolos ke final untuk pertama kalinya sejak 1999.

Barcelona 2 Manchester United 0, Mei 2009
Manchester United sempat mengancam gawang Barcelona di awal babak pertama namun laju anak-anak asuhan Alex Ferguson rusak begitu Samuel Eto’o mencetak gol. Manchester United seperti tim kelas dua menghadapi Barcelona yang bermain efesien. Gol Lionel Messi praktis mengakhiri ambisi Manchester United mempertahankan piala Liga Champions yang diraih setahun sebelum di Moskow.

<sumber : bbc>

Pos ini dipublikasikan di Liga Champions Eropa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s