Prosesi Pernikahan Kerajaan (The Royal Wedding) Pangeran Williams dan Kate Middleton

imagePasangan Pangeran Williams dan Kate Middleton telah resmi menikah. Bagaimanakah jalannya pernikahan mereka. Saya copy paste laporan prosesi pernikahan abad ini tersebut dari situs BBC Bahasa Indonesia.
Liputan prosesi pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton hari Jumat, 29 April, 2011.  Upacara pemberkatan pernikahan dimulai di Westminster Abbey pukul 1100. Pasangan kerajaan akan muncul di balkon Istana Buckingham sekitar pukul 1330. Waktu menurut waktu setempat (WIB -6 jam). Laporan Emilda Rosen.

1445:
Sekian laporan teks dari menit ke menit pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Terima kasih atas perhatian anda!

1339:
Acara resepsi makan siang di dalam istana dimulai.

1331:
Ciuman kedua! Pasangan baru itu berciuman untuk kedua kalinya sebelum meninggalkan balkon. Massa kembali bersorak dengan gembira. Lihat foto ciuman pertama.

1330:
Suara fly-past skuadron pesawat tempur Inggris terdengar di langit kota London untuk menghormati pasangan baru keluarga kerajaan Inggris.

1328:
Duke dan Duchess of Cambridge, Pangeran William dan Kate Middleton memamerkan ciuman pertama di balkon Istana Buckingham diiringi sorak-sorai massa.

1327:
Teriakan lautan manusia di luar Istana Buckingham semakin keras. Mereka berteriak meminta agar Pangeran William mencium istrinya.

1326:
Keluarga kerajaan yang lain juga keluar ke balkon mengikuti kedua mempelai.

1325:
Tirai pintu balkon istana tampak sedikit bergerak, massa yang berada di luar istana mulai bersorak. Pangeran William dan istrinya Kate Middleton berjalan keluar dan melambaikan tangan dari balkon kepada massa.

1322:
Pintu balkon Istana Buckingham akan dibuka sekitar tujuh menit lagi.

1313:
Lautan manusia sudah mulai memadati pelataran di luar Istana Buckingham. Polisi mengendalikan massa dengan sangat rapi.

1310:
Polisi juga mengatakan ada 70 pengunjuk rasa anti Pernikahan Kerajaan di lapangan Red Lion di pusat kota London sementara di distrik Soho ada 10 lagi pengunjuk rasa anti acara ini, mengenakan topeng.

1331:
Pangeran William dan istrinya meninggalkan balkon istana.

1300:
Kepolisian London mengumumkan ada 43 orang yang ditangkap terkait acara pernikahan ini di dalam dan di luar zona keamanan yang sudah ditentukan sebelum acara dimulai.

1259:
Setelah ciuman pertama, resepsi pernikahan dimulai untuk 650 tamu yang akan dijamu oleh Ratu Elizabeth. Berbagai acara lain akan berlanjut sampai malam hari.

1257:
Ciuman pertama pasangan pengantin itu di balkon Istana Buckingham diperkirakan pada pukul 1330 (1930 WIB). Kerumunan massa yang bergerak mendekati Istana Buckingham dikawal ketat dan dikendalikan oleh polisi berkuda dan dan berjalan kaki yang membentuk pagar berjalan untuk menahan massa.

1250:
Korps musik militer dan pasukan masih berpawai di pelataran di luar Istana Buckingham, sementara warga bergerak mendekati istana dari seluruh penjuru London untuk menyaksikan ciuman pertama suami istri baru di balkon istana.

1247:
Di taman nasional Hyde Park, salah satu yang terbesar di London, ribuan warga yang menonton upacara pemberkatan nikah di layar raksasa dilaporkan melempar confetti ketika kedua mempelai sah menjadi suami istri.

1246:
Dua pengiring pengantin wanita baru berusia tiga tahun.

1234:
Anting-anting berlian yang dipakai Kate Middleton merupakan hadiah pernikahan dari orangtuanya.

Komentar anda soal gaun Kate Middleton: "Brokatnya simpel, motifnya tidak terlalu besar dan kecil jadi tidak monoton di dada Kate" – dari Purnawati Nasution Uthe. Kirim komentar anda soal Pernikahan Kerajaan ke email indonesia@bbc.co.uk atau di dinding Facebook BBC Indonesia.

1230:
Kereta kuda yang terakhir masuk ke pelataran istana membawa orangtua kedua mempelai, Pangeran Charles, Camilla, Carole dan Michael Middleton.

1229:
Ratu Elizabeth mendapat sambutan meriah ketika kereta kuda yang ditumpanginya bersama Pangeran Phillip akan memasuki istana.

1227:
Pangeran William membantu memegangi istrinya – dan gaun istrinya – ketika turun dari kereta di Istana Buckingham.

1226:
Keluarga kerajaan sekarang akan berkumpul di dalam istana untuk berfoto bersama pengantin. Para staf istana berdiri berjejer untuk menyambut keluarga kerajaan yang baru tiba dari Westminster Abbey.

1224:
Kereta kuda kedua mempelai sudah tiba di Istana Buckingham. Teriakan gembira warga yang menunggu di luar pagar istana semakin intensif.

1223:
Sebagian orang yang sudah menunggu di sepanjang jalan rela berkemah selama beberapa malam di tengah udara dingin.

1220:
Pangeran Harry tampak melambaikan tangan dari keretanya kepada warga dengan sangat antusias.

1219:
Ada lima kereta kuda kerajaan dalam prosesi ini. Satu untuk pasangan pengantin, yang lainnya untuk Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip, untuk pengiring pengantin laki-laki, pengiring pengantin perempuan dan untuk orang tua kedua mempelai.

1218:
Ada 18 kuda yang ikut serta dalam prosesi pernikahan ini.

1216:
Kereta kuda yang membawa calon raja dan ratu Inggris ini melewati Whitehall, gerbang kerajaan yang menghubungkan Westminster Abbey dengan Istana Buckingham.

1214:
Masyarakat yang memenuhi pusat kota London untuk menyaksikan kereta kuda lewat melambai-lambaikan bendera Inggris Union Jack dan membawa foto kedua pasangan.

1211:
Pihak kerajaan sudah mempersiapkan kendaraan alternatif yang tertutup untuk membawa pasangan baru itu dari Westminster Abbey ke Istana Buckingham apabila hujan turun, seperti yang diperkirakan sebelumnya. Namun sejauh ini tampaknya hujan belum turun dan suami istri yang baru itu menggunakan kereta kuda kerajaan.

1210:
Masyarakat yang sudah menunggu di jalan-jalan sejak enam jam yang lalu bersorak-sorai ketika kereta kuda yang membawa pasangan kerajaan itu melewati mereka. Sebagian orang yang menunggu sudah berkemah di sepanjang rute yang akan dilewati pasangan itu sejak hari Senin.

1209:
Pasangan baru calon raja dan ratu Inggris di masa depan menaiki kereta kuda kerajaan menuju Istana Buckingham.

1204:
Pangeran William dan istrinya Kate Middleton yang sekarang mendapat gelar Duke dan Duchess of Cambridge berjalan di lorong gereja.

1159:
Desainer kawakan dari Jerman Karl Lagerfeld memuji gaun pengantin Kate Middleton sebagai "elegan dan chic".

1158:
Cuaca London yang sejak tadi mendung sekarang cerah setelah matahari akhirnya menampakkan diri.

1156:
Kedua mempelai dan para saksi pernikahan menandatangani dokumen pernikahan. Mereka harus menandatangani tiga salinan dokumen: dua untuk gereja dan satu untuk dokumen istana.

Komentar anda soal gaun pengantin Kate Middleton: "Sangat sederhana, tapi masih terkesan anggun" – Joenny Cllw Stia. "Detailnya sederhana dan mirip seperti kebaya" – Budiati Ratnaningsih.

1151:
Paduan suara gereja menyanyikan lagu kebangsaan Inggris ‘God Save the Queen’. Masyarakat yang berada di luar gereja melambai-lambaikan bendera Inggris, Union Jack.

1144:
Pasangan baru kerajaan berlutut untuk mengucapkan doa.

1144:
Foto-foto terbaru kedua mempelai dan para tamu dari Westminster
Abbey.

Komentar anda: "Selamat berbahagia" dari Yudie Muhammad.

1134:
Richard Chartres, Uskup London memberikan nasihat perkawinan kepada kedua mempelai.

Gaun pengantin berwarna gading yang dipakai Kate Middleton adalah karya desainer Sarah Burton, dari rumah mode Alexander McQueen. Burton mengatakan, mempelai wanita tampak "sangat menakjubkan". Dia menambahkan bahwa merancang baju bagi Kate Middleton untuk pernikahan ini sebagai "pengalaman yang terjadi sekali seumur hidup".

Apa pendapat anda mengenai gaun pernikahan Kate Middleton? Kirim komentar anda lewat indonesia@bbc.co.uk atau di dinding laman
Facebook BBC Indonesia.

1126:
Pasangan suami istri yang baru, Pangeran William dan Kate Middleton duduk di samping altar sambil mendengarkan sambutan dan himne lagu karya John Rutter yang diciptakan khusus untuk pernikahan ini.

1125:
Adik laki-laki Kate Middleton, James Middleton, memberi sambutan pernikahan.

Kate Middleton, yang sekarang menjadi Duchess of Cambridge, mengenakan cincin kawin emas dari Wales yang dibuat oleh perusahaan yang sudah lama membuat perhiasan bagi keluarga kerajaan. Hanya Kate Middleton yang mengenakan cincin kawin, Pangeran William tidak akan memakainya.

1120:
Uskup Agung Dr Rowan Williams menyatakan Pangeran William dan Kate Middleton sah menjadi suami istri. Terdengar suara masyarakat bersorak-sorai di luar gereja Westminster.

1116:
Berbeda dengan tradisi sebelumnya, Kate Middleton tidak mengucapkan kata-kata "akan mematuhi" suaminya dalam janji pernikahan. Sekitar 30 yang lalu, ibu Pangeran William Putri Diana juga tidak mengucapkan kata-kata itu.

1115:
Uskup Agung Canterbury Rowan Williams, pemimpin Gereja Anglikan Inggris di seluruh dunia, memimpin kedua mempelai mengucapkan janji pernikahan.

Kirim komentar anda mengenai Pernikahan Kerajaan ke indonesia@bbc.co.uk atau di wall laman Facebook BBC Indonesia.

1108:
Mempelai wanita sudah berdiri di samping mempelai pria.

1106:
Kate Middleton berjalan di karpet merah menuju altar didampingi ayahnya dan diikuti oleh pengiring pengantin anak-anak dan adiknya, Pippa.

1104:
Upacara pemberkatan nikah dimulai. Pangeran William didampingi Pangeran Harry berjalan ke altar.

1102:
Kate Middleton tiba di Westminster Abbey dan berjalan memasuki gereja didampingi ayahnya.

**Anda juga bisa menyaksikan siaran langsung upacara pemberkatan
nikah yang akan segera dimulai, dari BBC Indonesia.

10:53
Kate Middleton melambaikan tangan dari dalam mobil kepada massa yang menunggunya di sepanjang jalan. Dia tampak mengenakan tiara di bawah penutup wajah yang transparan.

1052:
Kate Middleton dalam perjalanan menuju Westminster Abbey didampingi ayahnya, dengan mobil Rolls-Royce kerajaan.

1050:
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip tiba di Westminster Abbey. Ratu memakai topi berwarna kuning muda dan mante. Pangeran Phillip memakai seragam militer merah.

1044:
Ayah mempelai pria Pangeran Charles dan istrinya Camilla meninggalkan Istana Buckingham.

1041:
Foto-foto para tamu yang tiba di Westminster Abbey

1035:
Paman Pangeran William, Pangeran Andrew, dan dua anaknya Putri Beatrice dan Eugenie meninggalkan istana menuju Westminster Abbey.

1035:
Istana Buckingham: Setelah menikah Pangeran William dan Kate Middleton akan mendapat gelar Duke dan Duchess of Cambridge. Bila menjadi ratu, Kate Middleton akan menjadi ratu Inggris pertama yang memiliki gelar sarjana.

1026:
Ibu Kate Middleton, Carole, dan adik laki-lakinya, James, meninggalkan Hotel Goring tempat keluarga Middleton menginap menuju Westminster Abbey.

1025:
Kedua pangeran sekarang masuk ke ruang pribadi. Tamu-tamu raja dan ratu dari negara lain mulai tiba. Pangeran Albert dari Monaco memasuki Westminster Abbey.

Komentar anda: "Congratulations William n Kate. We hope God bless you,"  dari Efnizal Meirad lewat Facebook BBC Indonesia. Tulis komentar anda di dinding Facebook BBC Indonesia atau email ke indonesia@bbc.co.uk

1020:
Pangeran William dan Pangeran Harry tiba di Westminster Abbey dan berjalan menuju altar didampingi seorang pendeta. Lonceng gereja berbunyi silih berganti.

1017:
Pangeran William dan Pangeran Harry mengenakan seragam militer mereka.

1014:
Masyarakat yang menunggu di sepanjang jalan pusat kota London berteriak: "We want Will! (Kami ingin Will!)

1013:
Pangeran William mengendarai adiknya Pangeran Harry yang akan menjadi pendamping mempelai pria.

1012:
Mempelai pria, Pangeran William naik mobil meninggalkan kediaman ayahnya di Clarence House menuju Westminster Abbey. Rakyat di sepanjang jalan bersorak-sorak ketika dia melambaikan tangan dari mobil kepada warga.

1005:
PM Inggris David Cameron dan istrinya, Samantha tiba di gereja. Samantha Cameron mengenakan baju sepanjang lutut berwarna hijau jade. Banyak tamu wanita dalam acara kerajaan yang mengenakan topi. Tetapi Samantha Cameron memilih memakai jepit rambut berkilau.

1002:
Simak wawancara Endang Nurdin dengan Dubes RI untuk Inggris dan Irlandia Yuri O. Thamrin
ketika dalam perjalanan menuju Westminster Abbey.

0953:
Pangeran William dan Harry diperkirakan akan tiba di Westminster Abbey pukul 1015. Pangeran Charles dan istrinya Camilla dijadwalkan tiba pukul 1042. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip pukul 1045.

0952: Penyanyi legendaris Inggris Elton John dan pasangannya, David Furnish juga sudah tiba.

0951:
Mantan PM Inggris dari Partai Konservatif Sir John Major tiba di gereja. Dua bekas perdana menteri dari Partai Buruh Tony Blair dan Gordon Brown tidak diundang, hal yang sempat memicu kontroversi di Inggris.

09:50
Sekitar dua miliar orang di seluruh dunia diperkirakan akan menyaksikan upacara pernikahan ini di layar televisi. Di sejumlah tempat di kota London seperti di Trafalgar Square dan di Hyde Park layar raksasa sudah disiapkan untuk masyarakat yang ingin menyaksikan sambil mengadakan pesta di jalanan.

0941:
PM David Cameron mengatakan hadiah pernikahan darinya adalah koleksi foto-foto Anglesey, kota di Wales tempat Pangeran William dan Kate Middleton ini tinggal. PM Cameron mengatakan, dia memberikan hadiah itu agar keduanya bisa mengenang Anglesey setelah pindah dari kota tersebut.

0940:
Lihat foto masyarakat dan turis yang sudah menunggu sejak pagi untuk
menyaksikan pernikahan calon raja dan ratu Inggris masa depan ini.

0930:
Earl Spencer, adik mendiang Putri Diana dan paman Pangeran William, tiba di gereja. Tampak pula sejumlah nama terkenal seperti komedian Rowan "Mr Bean" Atkinson dan juara renang dunia dari Australia Ian Thorpe.

0922:
Para tamu sudah mulai berdatangan ke gereja Westminster Abbey, termasuk para duta besar dar berbagai negara. Indonesia diwakili oleh Duta Besar Yuri O. Thamrin.

0920:
Selamat datang ke liputan Pernikahan Kerajaan dari menit ke menit dari BBC Indonesia. Kami persilakan anda memberi komentar lewat email ke indonesia@bbc.co.uk atau di dinding Facebook BBC Indonesia.

Pos ini dipublikasikan di Peristiwa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s