Menteri Kesehatan Tidak Sehat (Kena Kanker Paru-Paru)

imageMenteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih membenarkan kabar yang menyebutkan ia terkena kanker paru-paru. Sampai saat ini, Endang masih menjalani pengobatan di luar negeri. "Ini pertemuan istimewa. Ini sengaja saya lakukan, karena banyak SMS yang menyatakan kaget (dengar ia kena kanker). Saya juga kaget, tapi saya tidak mau menutup-tutupi. Jadi memang betul," kata Endang dalam jumpa pers khusus di Kementerian Kesehatan, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Senin 17 Januari 2011.

Penyakit kanker yang dideritanya, kata Endang, baru diketahui beberapa bulan lalu. Karenanya saat cek kesehatan calon anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, penyakit itu tidak terdeteksi. Namun, satu tahun setelah uji kesehatan itu, ia kembali melakukan medical check up. Hasilnya, terdeteksi ada kanker di paru-parunya.

Endang menyadari penyakit itu bisa menimpa siapa saja, termasuk dirinya yang sudah berusia 55 tahun. Yang terpenting saat ini baginya, memberikan pemahaman terhadap penyakit kanker kepada msyarakat.

"Sekarang ini orang memandang kanker seperti vonis (mati). Padahal, kanker itu sama seperti penyakit lainnya. Jadi, tergantung kita bagaimana menyikapi penyakit ini," ujar Endang.

Endang malah masih mengaku bersyukur kepada Tuhan. "Suami saya baik, anak-anak juga baik. Semua saya syukuri. Tentu saja bukan hanya mensyukuri saat nikmat saja, lalu selesai. Ketika dikasih penyakit, saya juga terima," kata dia.

Kendati menderita kanker, Endang tidak meninggalkan aktivitasnya yang padat sebagai seorang menteri. "Aktivitas saya tidak terganggu," kata Endang yang berobat hingga ke China itu. (sj)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Nasional dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Menteri Kesehatan Tidak Sehat (Kena Kanker Paru-Paru)

  1. memang mencegah selalu lebih baik dari mengobati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s