WikiLeaks: PBB Desak Presiden Zimbabwe Mundur

imageVIVAnews – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menawarkan paket pensiun dan tempat yang aman di luar negeri kepada Presiden Zimbabwe Robert Mugabe jika dia setuju  mundur dari jabatannya. Hal ini tertulis di dalam dokumen diplomatik rahasia AS yang diungkapkan WikiLeaks melalui situs whistleblower-nya, yang dikutip VIVAnews dari The Age, Senin 20 Desember 2010.

Tawaran itu dibuat sekitar tahun 2000 oleh Kofi Annan yang ketika itu menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PBB. Memo tersebut dibuat oleh pejabat AS dan gerakan oposisi Movement for Democratic Change (MDC).

"Kofi Annan, dalam pertemuan baru-baru ini di New York, selama KTT milenium, menawarkan Mugabe kesepatakan untuk mundur," kata memo yang ditulis pada bulan September 2000 dan dicetak di kantor surat kabar asal Inggris, The Observer.

"Partai oposisi mendengar bahwa Mugabe telah menolak tawaran  tersebut setelah mendiskusikannya dengan wanita pertama," tulis memo itu.

Mugabe adalah presiden Zimbabwe saat ini. Pemimpin tertua di Afrika itu menjabat sebagai perdana menteri pertama sejak 1980. Pada 31 Desember 1987, jabatannya kemudian berubah menjadi presiden eksekutif pertama Zimbabwe.

Masa jabatannya yang menginjak 30 tahun menuai protes dari banyak pihak internasional. Namun, sampai saat ini Mugabe tidak bergeming. Selama menjabat, Mugabe ditemani oleh empat wakil presiden, termasuk Simon Muzenda (masa jabatan 1987-2003), Joshua Nkomo (1987-1999), Joseph Msika (sejak 1999), dan Joyce Mujuru (sejak 2004).

Pos ini dipublikasikan di Intelijen dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s