Selamat Datang, Obama

Presiden Amerika Serikat Barack Obama sudah tiba di Jakarta untuk lawatan singkatnya ke Indonesia dan diperkirakan akan terfokus pada soal perdagangan dan mendukung kemajuan demokrasi di Indonesia. Obama juga diperkirakan akan memanfaatkan lawatannya untuk merangkul dunia Muslim dengan mengunjungi mesjid terbesar di Asia Tenggara yaitu Mesjid Istiqlal.

Menurut para pengamat mengatakan kalau memang acara itu jadi berlangsung, ini merupakan pidato paling penting Obama kepada dunia Muslim sejak dia berpidato di Kairo, Juni 2009. Pidatonya di Kairo mendapat sambutan hangat karena Obama menawarkan "awal baru" berdasarkan "kepentingan bersama dan saling menghormati".

Berbicara di Jakarta, Obama mengatakan dia bekerja keras memperbaiki hubungan dengan masyarakat Muslim, namun memperingatkan bahwa beberapa "kesalahpahaman dan ketidakpercayaan" kemungkinan besar masih tetap ada.

Kunjungan Obama ke negara Muslim terbesar di dunia ini adalah persinggahan terakhir dari lawatan sepuluh hari ke Asia. Namun Gedung Putih mengatakan presiden kemungkinan harus mempersingkat lawatannya karena kekhawatiran soal debu Gunung Merapi yang menggangu penerbangan.

Presiden Amerika diperkirakan akan memuji pertumbuhan ekonomi dan kemajuan demokrasi di Indonesia selama pertemuannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kedua pemimpin juga akan menandatangani pakta "kemitraan menyeluruh" yang mereka sepakati setahun lalu dengan memasukkan masalah perdagangan, keamanan, pendidikan, investasi dan perubahan iklim.

image

Presiden Obama mengadakan kunjungan 10 hari di Asia

 

Fokus Asia

Penulis pidato dan penasehat keamanan nasional Obama, Ben Rhodes, mengatakan, "Kami fokus pada Asia dan kekuatan serta demokrasi baru sebagai landasan strategi Amerika Serikat di abad ke-21 ini.

"India masuk dalam kategori ini dan begitu pula dengan Indonesia."

Masalah keamanan akan menjadi isu penting. Obama diperkirakan akan mendorong pemerintah Indonesia untuk mempertahankan kebijakan yang tegas mengatasi militansi Islam.

Para pejabat Amerika tidak terlalu menganggap penting pidato Obama yang menurut rencana akan disampaikan di Mesjid Istiqlal.

Tetapi para pengamat mengatakan kalau memang berlangsung, ini merupakan pidato paling penting Obama kepada dunia Muslim sejak dia berpidato di Kairo, Juni 2009.

Pengamat masalah Islam, Roger Hardy, mengatakan pidatonya di Kairo mendapat sambutan hangat karena Obama menawarkan "awal baru" berdasarkan "kepentingan bersama dan saling menghormati".

Sumber : bbc

Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s