UN 2011 Tanpa Tim Pemantau Independen

imageBerdasarkan hasil evaluasi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) terhadap pelaksanaan ujian nasional (UN) 2010 lalu, tim pemantau independen yang bertugas memantau UN akan ditiadakan. Tugas pemantauan akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi (Disdik). Demikian diungkapkan Ketua BSNP Djemari Mardapi dalam diskusi Lokakarya Ujian Nasional (UN) di Jakarta, Jumat (15/10/2010). Djemari memaparkan beberapa poin untuk menyempurnakan penyelenggaraan UN.

"UN tetap dilaksanakan pada seluruh satuan pendidikan dasar dan menengah. Kriteria kelulusan UN untuk sekolah kategori mandiri, yaitu standar kelulusan yang dibuat dari sekolah yang bersangkutan, harus ditentukan oleh BSNP," ujar Djemari.

Di lapangan, tim pemantau independen sebenarnya cukup ditakuti oleh panitia UN di sekolah karena keberadaan mereka membuat para “tim sukses” kurang leluasa “menyukseskan” misi meningkatkan tingkat kelulusan siswa. Tanpa Tim Independen tentu tingkat kelulusan tahun depan diprediksi akan meningkat kalau hanya diawasi Tim Disdik Provinsi. Alasannya, Disdik Provinsi juga punya kepentingan dengan tingkat kelulusan. Benarkah ? Kita lihat hasil UN tahun depan.

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s