[Foto-Foto] Proses Evakuasi 33 Penambang Chili yang Terjebak di Kedalaman 700 Meter di Dalam Tanah Selama 70 Hari

Proses penyelamatan 33 orang penambang Chili yang terjebak di dalam tanah dengan kedalaman 700 meter berjalan sukses. Satu per satu para penambang tersebut di angkat setelah terjebak selama 70 hari tepatnya sejak tanggal 5 Agustus 2010 silam akibat ambruknya terowongan di tambang tersebut. Untuk menyelamatkan para penambang dibuatkan sebuah kapsul baja yang dirancang khusus dan mesin penarik telah disiapkan di dekat lubang yang dibor dari permukaan tanah untuk menjangkau posisi pekerja yang terkurung. Kapsul itu akan mengangkat pekerja tambang satu per satu. Selama proses pengentasan, mereka mengenakan masker oksigen dan ikat pinggang khusus yang dilengkapi dengan perlengkapan untuk memantau kondisi vital mereka.

image

image

Lebih dari seribu wartawan dari seluruh dunia berkumpul untuk meliput upaya pengentasan. Dari Washington D.C., Gedung Putih telah mengeluarkan pernyataan dari Presiden AS Barack Obama. Dalam pernyataan itu, Obama mengatakan pikiran dan doa bangsanya menyertai para pekerja tambang, keluarga mereka, serta penyelamat. Obama juga mengatakan dia ikut bangga atas jasa tim pakar Amerika yang mendukung penyelamatan.

Selama proses evakuasi dari dalam tanah ke permukaan, kapsul sempit dari baja yang diturunkan dan dinaikkan melalui lorong penyelamatan, pekerja tambang dibekali pasokan gas oksigen, sistem interkom untuk berkomunikasi dengan tim penolong.

Siaran televisi live dari kedalaman hampir 700 meter di bawah tanah memperlihatkan bagaimana satu per satu pekerja tambang masuk ke kapsul Phoenix 2, yang dicat dengan warna merah, putih, dan biru mengikuti warna bendera nasional Cile. Sebuah kamera yang dipasang di bagian atas kapsul juga mengirimkan gambar selama kapsul penyelamat itu bergerak ke atas mengikuti alur lorong penyelamat yang dibor dari permukaan tanah selama beberapa hari.

Presiden Cile Sebastian Pinera tiba di lokasi pertambangan untuk mengawasi tahap akhir operasi penyelamatan. Pinera berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya penyelamatan, dan menyatakan Cile telah menunjukkan sisi terbaiknya di tengah krisis. Presiden Bolivia Evo Morales juga dijadwalkan tiba di San Jose, yang dekat dekat lokasi tambang tempat para pekerja terjebak, untuk menyambut warganya, Carlos Mamani, yang ikut terkurung. Atmosfir menyelimuti orang di permukaan tambang yang berlokasi di Copiapo, belahan utara Cile. Anggota keluarga pekerja tambang mempersiapkan penyambutan dengan cara masing-masing.

Orang pertama yang akan dientas adalah Florencio Avalos, 31 tahun, kata para pejabat. Sedangkan pekerja yang dijadwalkan dikeluarkan di urutan terakhir adalah Luiz Urzua, pengawas kelompok kerja. Kepemimpinan Urzua dianggap menolong rekan-rekannya bertahan hidup pada 17 hari pertama sebelum mereka dihubungi dari permukaan.

Mereka telah berhasil diselamatkan …

image

image

image

image

image

image

image

image

Pos ini dipublikasikan di Internasional. Tandai permalink.

3 Balasan ke [Foto-Foto] Proses Evakuasi 33 Penambang Chili yang Terjebak di Kedalaman 700 Meter di Dalam Tanah Selama 70 Hari

  1. Luar biasa, Proficiat. Doa Kami selalu untuk keselamatan dan kesehatan untuk semua yang berkehendak baik.

  2. kangsurur berkata:

    luar biasa. hebat!

  3. penyelamatan yang hebat..!bisa di contoh tuh..buat semua penambangan di dunia..nice share!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s