SBY Batal ke Belanda

imagePresiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudoyono membatalkan kunjungan ke negara Belanda. Alasannya jika tetap ke Belanda, maka akan menciderai harga diri bangsa. Menurut informasi yang diterima kondisi Belanda sedang tidak kondusif sehubungan dengan tuntutan Republik Maluku Selatan (RMS) ke pengadilan untuk menangkap Presiden Republik Indonesia. Gugatan yang disidangkan di pengadilan Den Haag hari ini membuat Presiden SBY menjadwal ulang untuk memenuhi undangan Ratu Beatrix. SBY baru akan berkunjung bila sidang RMS itu berakhir. Meskipun sebagai kepala negara dia mendapat imunitas, namun sidang itu tetap tidak membuat nyaman secara psikologis.

Pengumuman pembatalan ini dilakukan di Bandara Halim Perdanakusumah hanya beberapa saat sebelum pesawat kenegaraan yang sedianya akan membawa rombongan presiden lepas landas.

"Ada semacam pergerakan di Den Hag yang di dalamnya ada yang mengajukan tuntutan ke pengadilan Den Hag untuk mempersoalkan masalah HAM di Indonesia dan bahkan meminta kepada pengadilan untuik menangkap Presiden Indonesia pada saat berkunjung ke Belanda," ujar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada para wartawan.

"Yang menuntut ada warga negara Belanda tapi ada juga organisasi, termasuk yang menamakan dirinya RMS."

SBY menambahkan bahwa unjuk rasa terhadap kepala negara yang berkunjung sudah biasa, begitu juga dengan ancaman keamanan.

"Tidak boleh surut kalau ada ancaman atau persoalan seperti itu."

"Tapi yang tidak bisa saya terima adalah ketika Presiden Republik Indonesia berkunjung ke Den Hag dan Belanda atas undangan Ratu Belanda dan juga Perdana Menteri Belanda… digelar sebuah pengadilan yang antara lain untuk memutus tuntutan penangkapan Presiden Republik Indonesia."

"Memang berkaitan dengan RMS, berkaitan dengan isu-isu politik seperti itu, tapi kalau saya terpaksa melakukan kunjungan ke negeri Belanda justru akan menciptakan salah persepsi dan situasi psikologis yang tidak baik."

"Saya tidak ingin hubungan dengan negara manapun, termasuk Belanda yang justru makin meningkat kerjsamanya, diganggu dengan situasi psikologi seperti ini."

Sebuah situs internet di Belanda melaporkan Pemerintah Republik Maluku Selatan di pengasingan akan menuntut Presiden Yudhoyono melalui pengadilan Belanda.

(dtk/bbc)

Pos ini dipublikasikan di Nasional. Tandai permalink.

Satu Balasan ke SBY Batal ke Belanda

  1. pangeran kegelapan berkata:

    Presiden SBY menunda kunjugan kenegaraan ke Belanda bkn krn takut tapi SBY berfikir tidak ingin seperti sejarah Pangeran Diponegoro yang dijebak dalam perundingan…… dan kemerdeka udah diakuai n indonesia sudah mendeklarasikan 17-8-1945. Buat apa ke belanda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s