Penyesalan Paus atas Pencabulan Anak

imagePaus Benediktus XVI menyatakan rasa penyesalannya yang dalam atas kejahatan tak terperi terkait pencabulan terhadap anak-anak yang dilakukan di dalam Gereja Katolik. Pernyataan maaf yang paling terbuka dilakukan di misa yang dilakukan di Katedral Westminster di hari ketiga dari empat hari kunjungan kenegaraan ke Inggris. Ia mengatakan sangat prihatin dengan penderitaan luar biasa akibat pencabulan oleh para pastor. Ia juga mengakui rasa malu dan hina karena ”dosa-dosa” ini. ”Di atas segalanya saya menyatakan rasa penyesalan bagi korban kejahatan ini, sekaligus berharap bahwa kekuatan cinta kasih Kristus, pengorbanannya untuk rekonsiliasi, akan membawa penyembuhan dan kedamaian bagi hidup mereka,” kata Paus dalam khotbahnya.

Paus di London

Ia mengatakan harapannya agar ”hukuman ini akan memberi sumbangan bagi penyembuhan korban, penyucian gereja dan penyegaran komitmen gereja terhadap pendidikan anak-anak dan remaja.”

”Saya menyatakan penghargaan untuk mereka yang menyelesaikan persoalan ini dengan bertanggungjawab, dan saya meminta anda semua untuk merangkul korban dan memperlihatkan solidaritas kepada pastor anda.”

Namun Peter Isely dari jaringan korban pencabulan oleh pastor, Survivors Network of those Abused by Priests, menyebut komentar Paus sebagai hal yang kosong.

"Kami tak perlu seorang Paus yang sedih tentang kejahatan. Kami perlu seorang Paus yang akan mencegah kejahatan. Dan kata-katanya tidak mencegah apapun," kata Isely.

Termasuk yang menghadiri misa adalah mantan perdana menteri Tony Blair yang pindah agama dari Anglikan menjadi Katolik, bersama istrinya Cherie. Paus sebelumnya sempat bertemu dengan PM David Cameron dan wakilnya Nick Clegg.

Di luar katedral Paus bertemu dengan ribuan ummat Katolik. Semua perwakilan gereja Katolik di Inggris Raya hadir dan juga sukarelawan dari organisasi kepemudaan katolik.

Santo millinea ketiga

Seorang pemuda mewakili remaja Katolik Inggris memberi sambutan hangat kepada Paus.

Ditengah riuh sambuatn ia mengatakan: ”Kunjungan anda menyatukan kami. Seperti sebuah reuni keluarga, kami sangat senang bertemu anda.”

Ia menambahkan bahwa ia berharap kunjungannya akan memberi inspirasi ”kami semua untuk menjadi santo millinea ketiga” dan memberi Paus hadiah yang diatas namakan pemberian remaja Katolik Inggris.

Acara resmi Paus akan ditutup dengan sebuah renungan malam yang diperkirakan akan dihadiri 80.000 orang.

Namun akan ada protes yang diprakarsai organisasi bernama Protest the Pope, sebuah organisasi payung yang mewadahi berbagai kelompok penentang kedatangan Paus.

Sumber : bbc

Protes kedatangan Paus

Ribuan orang memprotes kedatangan Paus di jalan-jalan kota London

Protes kedatangan Paus2

Tolak kedatangan Paus di Inggris

Pos ini dipublikasikan di Agama. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Penyesalan Paus atas Pencabulan Anak

  1. asdf berkata:

    i am addicted to farmville

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s