Pertama Kali, Pesawat Bertenaga Surya Terbang 26 Jam

Satu pesawat eksperimental bertenaga surya mendarat di Swiss setelah berhasil mengudara selama sekitar 26 jam tanpa menggunakan setetes pun bahan bakar. Tenaga pesawat yang diberi nama Solar Impulse itu berasal dari sinar matahari yang disimpan di bagian sayap. Mekanisme penyimpanan tenaga tersebut memungkinkan pesawat tetap terbang meski hari gelap. "Ini adalah untuk pertama kali pesawat bertenaga surya terbang di malam hari," kata Bertrand Piccard, salah satu perancang Solar Impulse. "Itu semua menjadi bukti bahwa misi kami berhasil."

Ukuran sayap Solar Impulse sama panjang dengan pesawat konvensional namun tenaganya tak lebih dari ukuran tenaga untuk sepeda motor. Tim perancang sudah berencana untuk membuat pesawat baru yang lebih canggih. Mereka juga berencana untuk terbang keliling dunia dengan pesawat tersebut pada 2013.

Model pesawat yang dipakai sekarang hanya bisa mengangkut satu pilot namun tim perancang berharap kombinasi pemakaian energi terbarukan dan bahan yang super ringan bia merevolusi industri transportasi di masa depan.

Solar Impulse 3

Solar Impulse 4

Solar Impulse 1

Solar Impulse 2

Pos ini dipublikasikan di Tekno. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s