Julia Gillard, PM Wanita Pertama Australia

image Julia Gillard menjadi perdana menteri wanita pertama Australia setelah Kevin Rudd menghindari pemungutan suara di Partai Buruh yang berkuasa. Perubahan di kepemimpinan Partai Buruh terjadi beberapa bulan menjelang pemilihan umum. Para wartawan mengatakan Rudd tidak ikut dalam pemungutan suara, karena dia tahu bahwa dia akan menderita kekalahan yang mempermalukan. Partai Buruh mengalami penurunan dukungan tajam dalam jajak pendapat baru-baru ini. Pengambilan sumpah Gillard, 48 tahun, sebagai perdana menteri akan berlangsung sebagai formalitas.

Setelah keluar dari tempat pemungutan suara di partainya di Gedung Parlemen di Canberra, dia mengatakan: ”Saya melihat bahwa pemerintah yang baik kehilangan arah. Saya juga yakin saya memiliki tanggungjawab untuk memastikan dalam pemilihan mendatang Partai Buruh muncul dalam keadaan paling kuat,” katanya.

image

Jurubicara mengatakan Gillard, yang lahir di Barry Island di Wales, Inggris Raya, tampil diri tanpa saingan dalam pemungutan suara oleh 122 anggota parlemen dari Partai Buruh Kamis pagi. Menteri Keuangan Wayne Swan dipilih sebagai wakil ketua partai juga tanpa saingan.

Politik luar negeri

Rudd mengadakan konferensi berita larut malam hari Rabu untuk mengumumkan pemungutan suara setelah Gillard menyatakan dia akan mencalonkan diri sebagai ketua partai. Komentator menyatakan Gillard tidak mungkin mengubah politik luar negeri Australia, seperti komitmen pasukan ke Afghanistan. Rudd, yang memimpin partai Buruh meraih kemenangan pemilihan telak atas Liberal yang berkuasa pada tahun 2007, mempersalahkan ”beberapa tokoh faksi” di tubuh partai yang bersekongkol untuk melawan dia.

Ketika mengumumkan bahwa dia akan bersaing dalam pemungutan suara untuk menentukan ketua partai, Rudd yang terlihat tidak gentar: ”Saya dipilih untuk melaksanakan tugas, Saya berniat untuk terus menjalankan tugas itu. Saya yakin ada dukungan yang kuat agar saya tetap meneruskan kepemimpinan.”

Namun, wartawan BBC Nick Bryant di Australia mengatakan Kamis bahwa Rudd bahkan tidak bisa menggalang cukup kekuatan untuk menghadang pemungutan suara. Popularitas merosot tajam setelah rencana pajak pertambangannya tidak bergulir dan skema perdagangan emisi karbon disisihkan.

Sumber : bbc

Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s