David Cameron, PM Baru Inggris. Termuda dalam 200 Tahun

Pemimpin Partai Konservatif David Cameron menjadi perdana menteri Inggris paling muda dalam hampir 200 tahun, setelah Gordon Brown mengundurkan diri dan mengakhiri pemeirntahan Partai Buruh selama 13 tahun. David Cameron sebelumnya mengunjungi Istana Buckhingham dan diminta oleh Ratu Inggris, Elizabeth II, untuk membentuk pemerintahan, kurang dari satu jam setelah Brown mengajukan pengundurkan diri kepada kerajaan.

Cameron meninggalkan istana setelah pengangkatannya sebagai perdana menteri dan bergerak menuju Downing Street 10 untuk secara resmi menjabat. Setibanya di Downing Street, Cameron mengatakan ia akan membentuk pemerintahan koalisi bersama Partai Liberal Demokrat pimpinan Nick Clegg.

Dalam awal pidatonya, Cameron menyampaikan hormatnya kepada pendahulunya, Perdana Menteri Gordown Brown yang menurut dia sudah bekerja keras. Setelah itu, Cameron mengatakan masalah yang dihadapi Inggris saat ini cukup besar.

“Negara kita memiliki parlemen gantung, dimana tak satu partai pun memiliki mayoritas dan kita menghadapi masalah yang mendalam, defisit yang luar biasa besar, masalah sosial yang dalam dan sebuah sistem politik yang perlu diperbaharaui.

Untuk alasan-alasan itulah saya bertujuan membentuk koalisi penuh antara Konservatif dan Liberal Demokrat. Saya yakin ini adalah cara yang tepat untuk memberikan negara ini pemerintahan yang kuat, stabil, baik dan layak yang saya pikir memang sangat kita perlukan saat ini.”

Dalam pemilu 6 Mei lalu tidak ada satu pun partai yang meraih kursi mayoritas namun Partai Konservatif meraih kursi terbanyak dengan 306 kursi, sementara Partai Buruh di tempat kedua dengan 258 kursi dan Partai Liberal Demokrat 57 kursi. Ketua Partai Konservatif David Cameron yang merupakan peraih suara terbanyak dalam pemilu meski tidak mayoritas utama, tidak lama setelah hasil pemilu menunjukkan tak ada yang menang mayoritas, langsung mengatakan ingin mengajukan “tawaran besar dan menyeluruh” kepada Liberal Demokrat.

“Saya ingin membuat tawaran besar, terbuka dan menyeluruh pada partai Liberal Demokrat. Saya ingin kedua partai bekerua sama mengatasi masalah-masalah besar dan mendesak -krisis hutang, masalah sosial dan sistem politik yang rusak,” ujarnya.

Partai Konservatif sepakat dengan Liberal Demokrat dalam masalah seperti “jumlah murid” di sekolah, ekonomi karbon rendah, reformasi pajak dan sama-sama menentang skema kartu identitas usulan partai Buruh.

Siapakah David Cameron ?

David William Donald Cameron (lahir di London, Inggris, 9 Oktober 1966; umur 43 tahun) adalah seorang politikus Britania Raya, pemimpin Partai Konservatif dan pemimpin oposisi di Majelis Rendah. Ia adalah anggota Parlemen Britanita Raya yang mewakili Oxfordshire.

Cameron dibesarkan dekat Wantage di Oxfordshire, anak seorang pialang saham, Ian Donald Cameron. Ia belajar di Eton dan Brasenose College, Oxford. Gurunya di Oxford, Profesor Vernon Bogdanor, melukiskannya sebagai “salah seorang mahasiswa yang paling cerdas” yang pernah diajarnya, yang pandangan politiknya “moderat dan cukupan Konservatif”. Ia lulus pada 1988 dengan hasil yang sangat baik dalam bidang Filsafat, Politik, dan Ekonomi.

Cameron bekerja untuk Departemen Penelitian Konservatif antara 1988 dan 1992. Dua hari dalam seminggu ia menggunakan waktunya untuk membantu di kantor perdana menteri di Downing Street. Setelah pemilihan umum ia menjadi Penasihat Khusus pada pemerintahan Konservatif, pertama-tama di kantor Bendahara, dan kemudian di kantor Departemen Dalam Negeri ketika ia bekerja untuk Michael Howard.

Antara 1994 dan 2001 ia menjadi salah seorang direktur di sebuah kantor swasta, Carlton Communications, dan sampai Agustus 2005 ia menjadi direktur non-eksekutif di sebuah perusahaan yang mengelola waralaba bar, Tiger Tiger.

Cameron menikah dengan Samantha Sheffield pada 1996; mereka mempunyai dua orang anak, dan saat ini istrinya sedang menantikan anak ketiga mereka. Anak pertama mereka, Ivan, dilahirkan dengan cacat cerebral palsy dan epilepsi yang parah. Komentar Cameron tentang berita tentang cacat anaknya itu: “Berita itu menghantam saya seperti sebuah kereta barang … Untuk sementara waktu saya merasa tertekan karena saya berduka merenungkan perbedaan antara harapan-harapan saya dengan realitas. Tetapi kemudian saya mengatasi semua itu karena ia anak yang luar biasa.”

David Cameron adalah saudara sepupu dari wartawan politik dan editor Konservatif, Sir Ferdinand Mount, 3rd Baronet dan cucu dari Sir William Mount, 2nd Baronet. Melalui keluarga Mount, ia terkait dengan banyak keluarga bangsawan Inggris, sebagai keturunan dari Earl of Denbigh ke-7, Earl of Ducie pertama, Henry Herbert, Earl of Carnarvon pertama, Charles Wyndham, Earl of Egremont ke-2, Charles Seymour, Duke of Somerset ke-6 dan Earl of Shrewsbury ke-2.

Cameron pertama kali berupaya duduk di Parlemen sebagai kandidat Partai Konservatif untuk Stafford pada pemilu 1997, namun ia dikalahkan oleh kandidat Partai Buruh David Kidney. Ia terpilih sebagai kandidat Konsrvatif untuk Witney pada pemilu 2001, menggantikan bekas anggota parlemen Konservatif, Shaun Woodward yang lompat ke Partai Buruh. Ia memenangi kursi untuk Partai Konservatif dengan 22.153 suara (45.0%), kelebihan 7.973 suara. Pada pemilu 2005 suara yang dikantonginya bertambah hingga 26.571 (49.30%), kelebihan 14.156 suara.  Dalam pemilu 6 Mei lalu Partai Konservatif pimpinan David Cameron meraih kursi terbanyak dengan 306 kursi, sementara Partai Buruh di tempat kedua dengan 258 kursi dan Partai Liberal Demokrat 57 kursi.

Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s