British Airways Lakukan Tes Terbang Untuk Menguji Efek Abu Vulkanik

Sebuah pesawat British Airways 747 terbang dari Bandara Heathrow untuk melakukan uji efek abu vulkanis selama 2 jam

Larangan terbang masih terus diberlakukan di sebagian besar negara-negara Eropa dikarenakan awan abu vulkanik. Namun maskapai penerbangan Inggris, British Airways, (BA) memutuskan untuk melakukan tes terbang guna menguji efek abu vulkanis terhadap pesawatnya.

Pejabat BA yakni pemimpin ekesekutif Willie Wals menaiki pesawat yang bertolak dari London, Inggris, menuju Cardiff tersebut. Dalam penerbangan uji coba selama tiga jam itu, pesawat Boeing 737 yang mengangkut 5 orang itu tidak mengalami gangguan apa pun.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kini BA akan mempelajari efek penerbangan tersebut pada mesin-mesin pesawat. Setelah itu baru akan diputuskan apakah aman untuk kembali melakukan penerbangan komersial atau tidak.

“Kami tak akan melakukan ini jika kami tidak berpikir ini aman dan tidak mendapatkan izin yang diperlukan,” kata juru bicara BA mengenai penerbangan uji coba tersebut.

“Kami tak akan melakukan apa pun yang akan membahayakan kru kami atau pesawat,” imbuhnya seperti dikutip harian Inggris, Telegraph, Senin (19/4/2010).

Sebelumnya maskapai penerbangan Belanda, KLM, juga telah melakukan penerbangan uji coba dengan menembus awan abu vulkanik di atas jalur penerbangan Belanda. Tes terbang itu pun menunjukkan hasil baik.

“Kami tak menemukan hal yang tidak biasa dan tanpa gangguan, yang mengindikasikan atmosfir jernih dan aman untuk terbang,” kata juru bicara KLM.

Awan abu akibat letusan gunung berapi di Islandia telah menyebabkan ribuan penerbangan Eropa dihentikan sejak Rabu, 14 April lalu. Menurut para pakar penerbangan, abu vulkanik tersebut bisa menyebabkan mesin jet mati dan mengganggu jarak pandang pilot.

Sumber : detik/telegraph

Pos ini dipublikasikan di Internasional. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s