Kontroversi Julia Lira, 7 Tahun Sebagai Ratu Rio Carnival

Keikutsertaan seorang anak perempuan berusia tujuh tahun dalam Karnaval Rio de Janeiro di Brasil menimbulkan kontroversi. Anak perempuan bernama Julia Lira dipilih menjadi “ratu” kelompok dari sebuah sekolah tari samba. Berbagai kelompok pegiat hak-hak anak menyatakan khawatir karena mereka menganggap seorang anak tidak pantas memainkan peran yang dikenal seksi dalam parade selama 80 menit itu. Tetapi ayah Julia Lira menepis kekhawatiran mereka dan mengatakan putrinya adalah penari alami dan akan mampu menari dalam suhu panas.

Seorang juri karnaval itu sekarang sedang mempertimbangkan akan melarang Julia menjadi penari utama dalam parade yang akan berlangsung minggu depan.

Julia terpilih menjadi ratu drumb band Sekolah Tari Samba Viradouro, salah satu dari belasan sekolah samba yang ikut dalam karnaval tahunan itu.

Menjadi ratu atau penari utama sebuah sekolah samba di Rio adalah peran yang sangat diinginkan dalam karnaval itu tetapi peran itu sering dilakukan oleh seorang penari wanita yang mengenakan pakaian sangat seksi.

Tidak jarang wanita yang dipilih menjadi ratu sekolah samba adalah mereka yang menjalani operasi plastik, kata wartawan BBC Gary Duffy di Sao Paulo.

Walaupun Julia mungkin bisa memberi citra yang lebih sopan, perannya dalam karnaval membuat kelompok-kelompok pegiat hak-hak anak sangat khawatir.
Peran seksi

Organisasi bernama Dewan Pembelaan Anak-anak di negara bagian Rio de Janeiro mengatakan peran Julia itu berpotensi “meningkatkan perlakuan terhadap anak-anak sebagai obyek seksual dalam masyarakat Brasil.”

Jessica Maia de Freitas, salah satu Ratu Carnival tahun lalu

“Kami tidak melarang anak-anak ikut serta dalam Karnaval Rio, karnaval itu adalah bagian dari kebudayaan Brasil,” kata direktur organisasi itu, Carlos Nicodemos kepada kantor berita Associated Press.

“Yang tidak bisa kami biarkan adalah memberikan peran yang secara tradisi sangat seksi kepada seorang anak perempuan berusia tujuh tahun.”

Pihak Viradouro mengatakan Julia akan mengenakan kostum yang sesuai dengan seorang anak dan dia akan tahan menari selama 80 menit di bawah suhu panas yang menyengat.

“Laki-laki dewasa yang memandang anak perempuan berusia tujuh tahun dan merasa tergoda harus diperiksa dokter,” kata ayah Julia, Marco Lira, kepada AP.

“Dia memiliki bakat menjadi ratu drumb band….. dia memiliki keseriusan ketika dia di atas panggung.”

Sebuah pengadilan keluarga di Rio diperkirakan akan mengeluarkan putusan minggu ini mengenai apakah Julia boleh menjadi ratu karnaval.

Karnaval Rio de Janeiro akan berlangsung tanggal 13-16 Februari.

Pos ini dipublikasikan di Fenomena. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s