646.000 Unit Honda Jazz Akan Ditarik di Seluruh Dunia

Tidak hanya di Afrika Selatan, Honda Motor Co kabarnya akan menarik 646.000 unit Honda Fit atau Jazz secara global karena mobil-mobil itu ditenggarai mengalami kerusakan di saklar jendela. Kerusakan itu telah menimbulkan korban seorang anak berusia 2 tahun tewas di Afrika Selatan pada tahun 2009 lalu karena kerusakan saklar bisa membuat mobil mengalami kebakaran. Honda Fit atau Jazz yang akan ditarik adalah model tahun 2002-2008 yang tersebar antara lain 140 ribu unit di Amerika serikat, 172 ribu unit di Inggris Raya dan selebihnya dari Amerika Selatan, Eropa, Afrika Selatan dan Asia. Namun untuk yang produksi Jepang, tidak akan ditarik.

Berita ini sungguh mengejutkan, karena hingga saat ini, Fit atau Jazz ini masih merupakan varian terlaris yang dapat di jual oleh Honda.

Kerusakan pada saklar jendela itu menurut Honda terjadi karena master switch yang rusak, yang bisa menyebabkan kebakaran bila ada air yang masuk ke power window switch.

Hingga saat ini sudah 3 kasus kebakaran akibat kesalahan ini. Dua di Amerika Serikat dan satu di Afrika Selatan tadi.

“Ada penarikan kembali yang  berkaitan dengan dengan saklar jendela dan sekitar 172.000 mobil akan terpengaruh oleh penarikan kembali di Inggris itu,” kata seorang juru bicara Honda Inggris seperti detikOto kutip dari Reuters, Sabtu (30/1/2010).

Penarikan di Inggris itu akan dimulai pada akhir Februari mendatang dan saat ini Honda Inggris sudah menyampaikannya kepada para pemilik Fit atau Jazz yang berada di Inggris.

Sementara itu PT Honda Prospect Motor, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di tanah air memastikan Honda Jazz di Indonesia tidak mengalami masalah. Sehingga pengguna Jazz di Indonesia tetap bisa menggunakan hatchbacknya itu.

“Sampai sekarang belum ada recall, kalau misalnya memang ada recall ya kita pasti melakukan itu,” ujar Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy kepada detikOto.

Jonfis menjamin kalau pun Honda Jazz di Indonesia sampai direcall pihaknya tidak bakal menutup-nutupi hal itu.

Sumber : http://oto.detik.com/read/2010/01/30/130657/1289428/648/646000-unit-honda-jazz-akan-ditarik-di-seluruh-dunia

Pos ini dipublikasikan di Tekno dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s