SBY Tidak Pernah Menghadiri HAN, Kak Seto Kecewa

Dalam setiap perayaan hari anak nasional Presiden SBY tidak pernah menghadiri. Sikapnya itu membuahkan kekecewaan bagi Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia Seto mulyadi. Hal tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Kak Seto itu di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Jumat (15/1). “Sepanjang hari anak nasional, semua presiden hadir, hanya Gus Dur yang tidak hadir karena waktu itu beliau turun. Tahun kemarin SBY tidak hadir, malah ke acara lain, launching Garuda,” kenangnya.

Mengenai banyaknya anak jalanan yang terkesan kurang diperhatikan oleh pemerintah, ia mengaku miris melihatnya. Bahkan, pemerintah terkesan sengaja membiarkan, meski ada UU yang melindungi para anak jalanan tersebut. Belum lagi, kekerasan fisik dan mental yang mereka dapatkan di jalanan.

“Paradigma anak jalanan diabaikan oleh presiden. Skala anak bukan nomor 1 tapi nomor 14. Anak jalanan diperkosa, psikisnya kena,” tuturnya mengeluhkan.

Seharusnya, lanjut Kak Seto, diciptakan sebuah pola hingga akhirnya anak jalanan dapat terlindungi dari tindak kekerasan. Dan hal tersebut harus diimplementasikan menjadi kenyataan. Sehingga tidak sebatas peraturan perundang-undangan.

“Harusnya ada pola, hingga tidak sporadis, penanganannya tidak dengan kekerasan. Ada gula ada semut, gulanya di jalanan kok. Kalau ada Perda yang melarang, tapi harusnya ada juga Perda yang menyalurkan donatur kepada siapa, payung hukum terhadap anak sudah, tapi implementasinya mana?,” tandas Kak Seto. —>inilah.com

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Nasional dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s