Robert Tantular : Dana Bailout Bank Century Kelebihan Rp 1 Trilyun

Mantan pemilik Bank Century Robert Tantular menyatakan dana talangan atau bailout kepada Bank Century yang dilakukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebesar Rp 6,7 triliun, dinilai kelebihan Rp 1 triliun dari yang dibutuhkan. Hal ini disampaikan Robert dalam rapat dengan Pansus Century di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/1/2010). “Nilai bailout Rp 6,7 triliun itu kelebihan, saya berpatok pada audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Kelebihan sekitar Rp 1 triliun. Sebab ada aktiva produktif jika kredit dibayarkan lagi akan masuk lancar. Ini sudah lebih Rp 1 triliun di audit,” tuturnya.

Namun penjelasan Robert mengenai kelebihan dana ini cukup membingungkan dan tidak jelas, bahkan membuat dahi anggota Pansus berkerut-kerut. Robert menjelaskan, Century mempunyai dana hasil pencadangan 4 nasabah L/C yang nilainya kurang lebih US$ 69 juta.

“Jika waktu itu ada jawaban dari Bank Century dimana menyebutkan ada data L/C. Sepuluh nasabah L/C dibikin pencadangan US$ 170 juta pada Desember 2008. Dari audit BPK, dari 10 sebanyak 6 nasabah sudah kooperatif dan 4 nasabah belum. Jadi sisanya tinggal US$ 69 juta berarti masih ada Rp 1 triliun. Jadi selisihnya bisa dikembalikan dari LPS minimal Rp 2 triliun,” jelasnya.

Sumber : detikcom

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Hukum dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s