Calon Perseorangan Mundur Didenda Rp 20 Miliar

Calon perseorangan yang mundur setelah mendaftar sebagai calon wali kota atau wakil wali kota akan didenda Rp 20 miliar. Ketentuan tersebut tercantum dalam pasal 62 Undang-Undang nomor 12 tahun 2008 tentang Pemerintah Daerah. Dengan ketentuan tersebut, seharusnya membuat pasangan calon perseorangan lebih serius dalam menghadapi pencalonannya. Denda dibebankan kepada siapapun yang mundur. Bisa saja yang akan mundur hanya calon wali kota atau wakil wali kota. Meskipun efeknya, yang tidak mundur praktis gugur sebagai calon perseorangan. Karena tidak mungkin ada penggantian dari yang mundur.

Denda yang dibayarkan nantinya akan dimasukkan ke kas negara. Hanya saja untuk teknisnya belum ditentukan, misalnya berapa kali pembayaran atau jangka waktu pembayaran.

Selain denda, calon yang bersangkutan juga dilarang untuk mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah se Indonesia dalam periode waktu pemilihan yang sama. Syarat umum calon perseorangan dalam pemilihan wali kota antara lain minimal berusia 25 tahun, pendidikan minimal sekolah lanjutan atas dan atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atas tindak pidana dengan ancaman lima tahun atau lebih, dan sebagainya.

Syarat khususnya didukung minimal empat persen dari seluruh penduduk Surakarta, dimana dukungan tersebut tersebar di lebih dari 50 persen kecamatan yang ada. Dukungan dibuktikan dengan penyerahan fotokopi kartu tanda penduduk.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politika. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s