Seluruh BPD Bagi-Bagi Duit untuk Pejabat Daerah

KPK menemukan aliran mencurigakan dari 6 Bank Pembangunan Daerah (BPD). KPK memastikan pejabat-pejabat Pemda telah menerima fee dari BPD tersebut. Sebenarnya pemberian honor dan fee ke pejabat daerah dilakukan BPD di seluruh Indonesia. Dari hasil pemeriksaan enam BPD sebagai contoh, yakni Bank DKI, BPD Sumut, Bank Jabar, BPD Kaltim, Bank Jatim, dan BPD Jateng, honor dan fee yang sudah diberikan  kepada pejabat daerah totalnya mencapai 360 milyar rupiah. BPD Jabar-Banten sebagai penyetor terbesar Rp 148,287 miliar. BPD Jatim juga menyetor dana sebesar Rp 71,483 miliar.

Menurut Haryono, tindakan pemberian fee tersebut berlangsung sejak tahun 2004-2008. Namun ia mengaku lupa siapa-siapa saja pejabat yang menerima fee tersebut.

Masalahnya adalah, kalau hasil temuan tersebut ditindak, semua Gubernur dan Walikota di Indonesia akan masuk penjara semua. Jadi bagaimana ? Seperti biasa (namanya juga Indonesia), kasus ini ada akan diambil suatu kebijakan, yaitu kebijakan tutup mata. Kasus ini dianggap tidak pernah terjadi.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Hukum dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s