Presiden Afrika Selatan Nikahi Istri Kelima

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma akan menikahi istri kelimanya melalui upacara pernikahan tradisional di daerah pedesaan di KwaZulu hari ini.”Pernikahan tradisonal Presiden Jacob Zuma dan Tobeka Madiba akan digelar 4 Januari. Upacara pernikahan hanya untuk keluarga,” demikian pernyataan kepresidenan yang dikutip AFP, Senin (4/1/2010). Surat kabar The Sunday Times dan Independent melaporkan pekarangan rumah Zuma di Nkandala sudah menunjukkan aktivitas persiapan selama sepekan ini.

“Kami memperkirakan kehadiran beberapa tamu dan tokoh. Akan ada tarian dan nyanyian dalam upacara itu. Orang-orang akan bergembira,” kata seorang sumber dekat keluarga Presiden.

Pernikahan hari ini akan dilakukan secara tradisonal. Pengantin perempuan akan diperkenalkan kepada para orang tua. Zuma sendiri sudah menyerahkan mas kawan dua tahun lalu kepada Madiba.

Meski baru akan menikah hari ini, perempuan 37 tahun itu sudah kerap mengikuti acara-acara kenegaraan. Bahkan Madiba sudah pernah memerankan Ibu Negara dengan nama Thobela Madiba-Zuma.

Menurut biografi yang disusun partainya Kongres Nasional Afrika, Zuma sudah memiliki tiga istri, termasuk Madiba. Namun data menunjukkan Madiba merupakan istri kelimanya.

Bahkan belum kelar acara pernikahannya hari ini, sudah santer diberitakan Zuma menyiapkan perempuan keenam yang akan dipersunting menjadi istrinya. The Sunday Times melaporkan awal pekan ini digelar sebuah seremoni pemberian mas kawin kepada Bongi Ngema.

Saat Zuma dilantik sebagai Presiden Mei lalu, muncul spekulasi siapakah yang dari istri-istrinya itu akan menjadi Ibu Negara. Di Afsel sendiri, poligami merupakan hal biasa dan legal.

Terkadang Zuma datang ke sebuah acara dengan istri pertamanya Sizakele Khumalo yang dinikahinya pada 1973. Zuma juga menikahi Nompumelelo Ntuli pada 2008 lalu. Sebelumnya dia juga menikah dengan Kate Mantsho, namun perempuan itu bunuh diri pada 2000.

Pada 1998, dia bercerai dengan Nkosazana Dlamini. Namun kini perempuan itu menjadi Menteri Dalam Negeri.(okz/ton)

Update : Foto-Foto Pesta Pernikahan Jacob Zuma dengan Thobeka Madiba

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Fenomena dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s