Penyerang Kartunis Nabi Muhammad Ditembak

Seorang pria Somalia telah dikenai tuduhan usaha pembunuhan terhadap seorang kartunis Denmark, yang membuat kartun Nabi Muhammad. Tersangka yang ditembak oleh polisi di luar rumah kartunis Kurt Westergaard di kota Aarhus hari Jumat, dibawa ke ruang sidang pengadilan dengan tandu. Polisi mengatakan dia memasuki rumah Westergaard membawa kampak dan pisau. Tersangka yang membantah tuduhan tersebut, sekarang tetap menjalani tahanan. Polisi mengatakan dia memiliki hubungan dengan kelompok militan Somalia.

Tangan dan kaki penyusup itu dibalut dengan perban, dan mukanya ditutup dengan kain guna menyembunyikan identitasnya, ketika dia dibawa ke dalam ruang sidang.

Polisi mengatakan dia masuk ke dalam rumah Westergaard dan mengancam dalam bahasa Inggris yang terbata-bata bahwa dia akan membunuh sang kartunis.

Kartunis berusia 74 tahun tersebut sedang berada dalam rumah bersama cucunya yang berusia lima tahun, kemudian menekan tombol panik di sebuah ruangan khusus.

Tersangka menyangkal tuduhan, namun mengakui bahwa dia berada di lokasi kejadian.

Sebelumnya polisi Denmark mengukuhkan bahwa mereka menembak dan melukai seorang pria yang memasuki rumah Kurt Westergaard.

Kartun Nabi Muhammad yang diterbitkan di tahun 2005 menimbulkan gelombang protes internasional setahun kemudian. Dalam salah satu dari 12 kartun yang diterbitkan oleh harian Denmark, Jyllands Posten, digambarkan bahwa Nabi Muhammad mengenakan turban yang dihiasi dengan sebuah bom.

Di tahun 2006, harian tersebut meminta maaf atas pemuatan kartun namun media Eropa lainnya menerbitkan kartun-kartun tersebut. Kedutaan Denmark di beberapa negara diserang dan menimbulkan korban tewas belasan orang.

Menurut keterangan .Jakob Scharf, kepala dinas intelejen Denmark, Pet serangan ini merupakan serangan teror dan tersangka memiliki hubungan dekat dengan kelompok al-Shabab di Somalia. Menurut Scharf, dia sudah diawasi oleh polisi dalam tindakan yang tidak berhubungan dengan Westergaard.

Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s