Selamat Tahun Baru 2010

Tidak terasa akhirnya kita sampai juga di tahun 2010. Banyak peristiwa sedih dan senang telah terjadi di tahun 2009. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya untuk perbaikan di tahun 2010. Kita berharap pada tahun 2010 ini akan lebih baik dari tahun 2009.  Darimana sih asal mulanya perayaan tahun baru 1 Januari ?  Tahun Baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM.

Dalam mendesain kalender baru ini, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes, seorang ahli astronomi dari Iskandariyah, yang menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir. Satu tahun dalam penanggalan baru itu dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari. Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini. Tidak lama sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus.

Sementara itu, perayaan tahun baru dirayakan di seluruh dunia. Di London, Inggris, lebih dari 200.000 orang memadati tepian Sungai Thames. Mereka ingin menyaksikan kembang api yang keluar dari London Eye, kincir raksasa, di seberang Gedung Parlemen Inggris dan Big Ben, ikon kota London.

Di kota lainnya, Edinburgh, sebanyak 80.000 orang merayakannya dengan mengikuti Hogmanay, pesta tahunan jalanan. Perayaan ini cukup semarak, meskipun harus melawan dingin. Pesta kembang api meriah dilakukan di Menara Edinburgh.

Sementara itu di Rusia, lebih dari 120.000 orang berkumpul di Moscow’s Red Square untuk bersulang merayakan pergantian tahun. Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengucapkan terima kasih kepada bangsanya yang bertahan di tengah krisis ekonomi. “Tahun 2009 tidak begitu mudah bagi negara kita, dan saya ingin berterima kasih kepada Anda semua yang bersama-sama menghadapi kondisi ini,” Medvedev.

Di Australia, sekitar 1,5 juta orang memadati Sydney Harbour, kawasan tepi pantai, untuk menyaksikan pesta kembang api yang diluncurkan dari jembatan yang menjadi ikon, Sydney Harbour Bridge, dan empat kapal tongkang yang tengah berlabuh.

Demikian juga di Hongkong, perayaan Tahun Baru dimeriahkan dengan pesta kembang api. Sekitar 9.000 kembang api dilepaskan dari gedung pencakar langit tertinggi di negara itu dan gedung-gedung lainnya. Kilauan cahaya yang memancar dari ribuan kembang api itu disiarkan dan ditayangkan pada sebuah layar raksasa dan berlangsung selama 5 menit.

Di Paris, sekitar 70.000 orang berkumpul di dekat Menara Eiffel untuk pertunjukan kembang api aneka warna. Untuk mengamankan perayaan Tahun Baru di kawasan ini, kepolisian setempat mengerahkan 8.000 personel.

Lain halnya di Thailand, pesta kembang api dilarang di negara tersebut setelah perayaan Tahun Baru 2009 menelan korban. Tahun lalu, sebanyak 69 orang tewas setelah kebakaran yang disebabkan kembang api di sebuah klub malam di Bangkok.

Adapun di Berlin, Jerman, setidaknya satu juta warga berkumpul di boulevard menuju Gerbang Brandenburg, yang merupakan simbol persatuan Jerman. Pesta Tahun Baru dimeriahkan dengan panggung pertunjukan musik dan DJ yang membuat pesta semakin meriah.

Di Polandia, sekitar 90.000 orang menghadiri konser Tahun Baru di Warsawa untuk mengenang Michael Jackson.

Berikut foto-foto perayaan tahun baru 2010 di beberapa penjuru dunia.

Pos ini dipublikasikan di Gaya Hidup dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Selamat Tahun Baru 2010

  1. dhidhut19 berkata:

    Happy New year..
    wah keren sekali perayaan2 tahun barunya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s