Kronologi Percobaan Pemboman oleh Umar Farouk Abdulmutallab

Berikut adalah rangkuman langkah per langkah dari usaha pengeboman oleh Umar Farouk Abdulmutallab pada hari Natal, Jumat (25/12/2009), di pesawat Airbus 330 milik maskapai Northwest Airlines nomor penerbangan 253, yang ketika itu mengangkut 278 penumpang dan 11 awak:

1. Abdulmutallab membeli tiket pesawat seharga 1.775 poundsterling secara tunai untuk penerbangan searah tanggal 25 Desember 2009 dari Nigeria ke Amerika Serikat dengan transit di Belanda. Di Bandara Schiphol, Amsterdam, ia berpindah ke pesawat untuk penerbangan ke AS, dengan terlebih dahulu melewati pemeriksaan keamanan sebelum naik ke pesawat Northwest Airlines, nomor penerbangan 253 ke Detroit. Pesawat lepas landas pukul 09.21 pagi waktu setempat.

2. Setelah 8 jam penerbangan, yaitu sejam sebelum tiba di Detroit, Abdulmutallab menghilang ke toilet selama 20 menit. Sekembalinya dari toilet, di tempat duduk ia langsung berselimut karena mengaku sakit perut.


3. Ia berusaha menyalakan bubuk peledak yang terikat di kakinya dan juga dijahit dalam pakaian dalamnya dengan cara menyuntiknya dengan bahan kimia.

4. Terdengar ledakan kecil dan lidah api menyambar setinggi tempat duduk pesawat. Kaki Abdulmutallab terbakar, tetapi bom itu gagal meledak.

5. Penumpang dekatnya langsung tanggap dan berusaha memakai pemadam dan selimut untuk mematikan api, sekaligus berusaha membekuk Abdulmutallab.

6. Abdulmutallab mengancam awak kapal bahwa ia memiliki peledak di kantongnya. Begitu terbekuk, pakaiannya dilucuti dan ia diborgol di lantai pesawat. —–> kompas, dll

Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s