2011, Pilgub Melalui DPRD ?

Wacana pemilihan gubernur melalui DPRD diharap bisa terlaksana pada tahun 2011. Artinya, tujuh provinsi yang bakal menggelar pemilihan gubernur tahun 2010 akan tetap memakai sistem pemilihan umum langsung.
Pemilihan gubernur melalui DPRD sendiri masih dalam tahap mendengar masukan para pakar dan tim ahli Revisi UU 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah. Pemerintah melalui Depdagri bersama DPR menarget pembahasannya selesai pada tahun 2010.

“Jika target pembahasan Revisi UU 32 /2004 selesai tahun 2010, berarti baru bisa diterapkan pada pilgub 2011,” kata Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuna Indonesia (LIPI) Lili Romli di Jakarta, Selasa (22/12/2009).

Pada tahun 2010 mendatang, setidaknya ada tujuh provinsi yang harus menggelar pemilu karena masa kerja gubernurnya sudah habis. Masing-masing Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara.

Lili sendiri optimis Revisi UU 32 tahun 2004 akan berjalan lancar. Apalagi tim perumus Revisi UU 23 tahun 2004 telah menyimpulkan bahwa pemilihan gubernur melalui DPRD dan melalui persetujuan Presiden sudah sangat ideal.

“Posisi gubernur memang menjadi kepanjangan tangan pemerintah pusat di daerah,” lanjut Lili.

Secara terpisah, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Depdagri Saut Situmorang mengatakan, pembahasan tentang pilgub akan dikaji spesifik dalam Revisi UU 32/2004 yang dikembangkan menjadi tiga bagian, yakni RUU Pemerintah Daerah, RUU Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, serta RUU Pemerintahan Desa.

“Yang pasti pilgub melalui DPRD harus dikaji komprehensif tahun 2010. Pilgub melalui DPRD sangat ideal jika ditinjau dari aspek konstitusi, politik, dan efisiensi pembiayan,” pungkas Saut. [okezone]

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politika dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s