Ada Rekaman Pembicaraan Sri Mulyani dengan Direktur Bank Century

Pansus Angket Bank Century DPR memperoleh rekaman pembicaraan antara Menkeu Sri Mulyani dan Direktur Bank Century Robert Tantular. Rekaman resmi, bukan penyadapan, itu adalah rekaman rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pada 21 November 2008. Anggota Pansus Angket Century, Bambang Susatyo, merahasiakan dari mana rekaman itu didapatnya.Namun, Bambang memastikan bahwa rekaman itu dapat menunjukkan kedekatan antara Sri Mulyani dan Robert Tantular. “Ada patut diduga dia (Robert) yang turut memengaruhi alasan penetapan sistemik bagi Bank Century,” ujarnya seusai rapat konsultasi Pansus dengan perwakilan fraksi, Jumat (11/12/2009).

Bambang mengatakan, Robert hadir dalam rapat KSSK itu. Menurut Bambang, Robert memang menunggui rapat itu dari awal hingga berakhir saat subuh menjelang. “Kira-kira demikian intinya. Sri Mulyani mengatakan, “Pak Robert, ini kami bakal adakan rapat tertutup untuk menentukan bailout.” Terus Robert jawab, “Iya Bu, silakan kalau tertutup, tapi kesimpulannya kita pakai saja bahwa keadaan ekonomi sedang krisis,” bebernya.

Selain Sri Mulyani dan Robert Tantular, Bambang mengatakan terdapat pula suara Deputi Gubernur Senior BI Miranda Gultom dalam rekaman rapat itu. “Nanti kami perdengarkan dalam rapat Pansus. Silakan kalian dengar sendiri,” tandasnya.

Rekaman pembicaraan Sri Mulyani dan pemilik Bank Century, Robert Tantular tersebut berdurasi 4 jam. Bambang Soesatyo mengaku tengah mentranskrip rekaman tersebut sebelum diserahkan ke rapat pleno pansus.

“Sampai saat ini kita sedang transkrip, karena lama rekamannya 4 jam,” kata Bambang.

Rencananya, usai mentranskrip, Bambang akan menyerahkan ke rapat pansus Senin (14/12/2009) untuk diperdengarkan. Bambang ingin rekaman ini segera dipublikasikan sebagai bukti.

“Kalau sudah selesai akan disampaikan ke rapat pansus, supaya segera dibuka,” ujar Bambang.

Mengenai sumber informasi rekaman tersebut, Bambang enggan menjelaskan lebih jauh. “Setiap rapat (lembaga) itu kan ada rekamannya. Kalau dapatnya dari mana, ya rahasia,” tutupnya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Nasional dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ada Rekaman Pembicaraan Sri Mulyani dengan Direktur Bank Century

  1. Pasca terbentuk dan aktifnya Pansus Century di DPR beberapa lalu, kini mulai memperlihatkan hasilnya. Yang terbaru adalah ditemukannya rekaman yang disinyalir merupakan suara Sri Mulyani dan Robert Tantular.
    Mudah-mudahan saja ini adalah awal dari titik terang pengungkapan kasus yang telah banyak merugikan negara. Semoga kasus ini bisa cepat tuntas dan diketahui siapa pihak yang sebenarnya harus bertanggung jawab.
    Cara Membuat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s