Jawaban Menkeu Atas Kasus Bailout Bank Century

Menanggapi laporan audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga sebagai mantan Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan atau KSSK memberikan tanggapan sementara dari pihak pemerintah, Selasa (24/11), dalam sebuah jumpa pers. Dalam tanggapannya, Menkeu bersikukuh bahwa penetapan Bank Century sebagai bank gagal dan berdampak sistemik dilakukan sesuai dengan kriteria yang terukur. 

“Penetapan dampak sistemik Century sudah menggunakan informasi, analisis, dan metodolgi baik yang bersifat kualitatif dan kuantitatif, termasuk penggunaan judgement,” ujarnya di Jakarta. Menkeu menjelaskan, ada beberapa indikator yang dijadikan KSSK dalam penyelamatan Bank Century.

Selain berdasarkan data BI, KSSK juga memerhatikan perkembangan makro, termasuk situasi keuangan dunia yang saat itu tengah mengalami krisis. Kondisi makro pada bulan-bulan terakhir tahun 2008 mengalami tekanan, dan ada gangguan terhadap sistem perbankan. Situasi pasar keuangan pada kuartal III tahun 2008 juga mengalami tekanan, sementara lembaga keuangan besar berskala global jatuh. Kemudian, pasar modal dunia juga bergejolak. Hal ini ditunjukkan melalui penurunan indeks harga saham secara tajam.

“Untuk Indonesia, kita merosot secara riil. Posisi Januari 2008, IHSG kita mencapai 2.830, pada 20 November 2008 merosot menjadi 1.155. Penurunan lebih dari 50 persen,” ungkapnya.

Demikian juga dengan pasar surat utang negara (SUN) yang mengalami tekanan hebat. Harga obligasi negara saat itu turun dan imbal hasil (yield) naik mencapai 17,1 persen.

Cadangan devisa mengalami penurunan 13 persen dari 59,45 miliar dollar AS per Juni 2008 menjadi 51,64 miliar dollar AS per Desember 2008. Rupiah juga terdepresiasi 30,9 persen dari Rp 9.840 per Januari 2008 menjadi Rp 12.100 per November 2008 dengan volatilitas yang tinggi.

“Dengan demikian, judgment yang diambil oleh KSSK dalam penanganan Bank Century memiliki dasar pertimbangan yang kuat,” tandasnya.

[kompas.com]

Pos ini dipublikasikan di Nasional. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s