Presiden Setujui Plt Pimpinan KPK Hasil rekomendasi Tim Lima

gedung-kpk Tim Lima telah merekomendasikan tiga nama kepada Presiden SBY untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) KPK yaitu : Tumpak Hatorangan Panggabean, Waluyo, dan Mas Achmad Santoso. Tumpak direkomendasikan menggantikan posisi Antasari Azhar, Mas Achmad Santoso menggantikan Chandra M. Hamzah, sedangkan Waluyo direkomendasikan menjadi pengganti Bibid Samad Rianto.
Tumpak bukan orang baru di KPK karena sebelumnya menjadi pimpinan KPK sebelumnya. Jabatan Tumpak saat ini adalah Komisaris PT. Pos. Mas Achmad Santosa adalah Senior Advisor Program Hak Asasi Manusia UNDP, sedangkan Waluyo saat ini menjabat Direktur Umum dan SDM Pertamina.

 

Siapa yang akan menjadi Ketua KPK ? Posisi ketua akan ditentukan dalam rapat internal pimpinan. Hal tersebut sesuai dengan Perppu Pasal 33 A Ayat (5) yang mengatakan kekosongan pimpinan KPK dalam hal ini ketua akan dipilih pimpinan yang lain. Sementara untuk pembagian bidang, juga akan dibicarakan dalam rapat internal. Kelima pimpinan KPK akan tetap selalu berkoordinasi dalam menentukan suatu kebijakan. Hal tersebut seperti yang diatur dalam Pasal 21 Ayat (5) Undang-undang No 30 Tahun 2002.

Sebagaimana diketahui tiga pimpinan KPK telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Polisi. Antasari Azhar dijadikan tersangka terkait kasus pembunuhan Nasruddin Zulkarnaen, Chandra M. Hamzah dijadikan tersangka karena mengeluaran surat cekal untuk Anggoro Widjoyo, pemilik PT. Masaro Radiocom, sedangkan Bibit Samad Riyanto dijadikan tersangka karena mengeluarkan surat cekal untuk Joko S. Tjandra, bos Grup Mulia.

Dengan alasan ada kekosongan tiga pimpinan KPK, Presiden menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No. 4/2009 tentang Perubahan Atas UU KPK, Rabu 23 September lalu. Perpu ini menjadi dasar pengangkatan tiga pejabat pelaksana tugas pimpinan KPK itu.

Pos ini dipublikasikan di Nasional dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s