Taufik Kiemas Terpilih Sebagai Ketua MPR Periode 2009-2014

taufik kiemas dan sby Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Taufik Kiemas yang juga suami mantan Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri terpilih sebagai Ketua MPR periode 2009-2014 dalam Sidang Paripurna MPR pada Sabtu (3/10) malam.  Taufik Kiemas didampingi oleh wakil ketua Melani Leimina Suharli (PD), Hajrianto Thohari (Partai Golkar), Lukman Hakim Syaifuddin (PPP), serta Ahmad Farhan Hamid (Dewan Perwakilan Daerah). Semua pimpinan MPR 2009-2014 tersebut ditetapkan secara aklamasi setelah delapan dari sepuluh fraksi sepakat mencalonkan satu paket yang sama. 

 

Satu paket pimpinan itu dicalonkan delapan dari 10 fraksi. Mereka adalah Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PPP, Fraksi PD, Fraksi PDIP, Fraksi Hanura, serta Fraksi PKB. Sedangkan Fraksi PKS dalam pandangannya yang diwakili Zulkieflimansyah menyatakan tidak mengusulkan calon pimpinan MPR. "Meskipun demikian kami tetap menghormati jalannya persidangan dan berharap hasil yang terbaik," ujarnya.

Sidang dihadiri 549 dari 692 anggota MPR. Pimpinan sidang Marzuki Ali menyatakan jumlah ini lebih dari kuorum yang dipersyaratkan, yakni 50 plus satu. Mayoritas masing-masing fraksi menghadiri jalannya sidang ini. Ada pun anggota DPD yang hadir adalah 25 dari 132 anggotanya.

Dalam sidang ini DPD tidak mengusulkan calon pimpinan MPR. Alasannya, pada saat yang bersamaan ketika Sidang Paripurna MPR dilangsukan, DPD juga melakukan sidang. Karena tidak diketahui kapan sidang DPD akan disudahi, akhirnya sidang paripurna dilangsungan setelah menunggu lebih dari 1,5 jam. Meskipun mayoritas anggota DPD tidak hadir, pimpinan sidang menyatakan paket Taufik Kiemas tetap sah dan konstitusional untuk ditetapkan sebagai paket pimpinan MPR secara aklamasi.

Dikatakan Pimpinan MPR sementara Marzuki Alie dalam putusannya, berdasarkan Keputusan MPR Nomor 3 Tahun 2009, apabila hanya ada satu paket calon pimpinan maka langsung diputuskan sebagai pimpinan MPR. Putusan tersebut langsung disambut tepuk tangan para anggota majelis.

Dalam sejarahnya sebagai anggota DPR/MPR, Taufik Kiemas tercatat sebagai anggota yang malas menghadiri sidang-sidang. Semoga setelah terpilih sebagai Ketua MPR kelakuannya akan berubah. Terpilihnya TK juga tidak lepas dari sikap politik PDIP yang “bosan” jadi oposisi pemerintah. Peran Partai Demokrat (baca SBY) tentu sangat besar pada komposisi pimpinan MPR dan DPR periode 2009-2014. Ini tidak lepas dari suara signifikan yang diperoleh Partai Demokrat dan terpilihnya kembali SBY sebagai Presiden. Banyak partai yang berharap mendapat jatah kue kekuasaan. Pada masa pemerintahan kedua SBY ini bisa dikatakan tidak ada lagi “partai oposisi”. Diramalkan SBY akan menjalankan pemerintahannya dengan “nyaman” tanpa gangguan “nyamuk” oposisi lagi. Enak toh.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Nasional dan tag , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Taufik Kiemas Terpilih Sebagai Ketua MPR Periode 2009-2014

  1. octam berkata:

    dari doeloe orangx ituh ituh ajah
    kayak gak ada orang lain ajah.
    bosen aku
    gak ada bedanya ama jaman orde baru

  2. embun777 berkata:

    enak toh.. manteb toh..

  3. omiyan berkata:

    SBY makin kelihatan belangnya…hancur sudah negeri ini…

    orang PKS pada kemana ya kok pada diem sekarang…

  4. Rumah Dijual berkata:

    Kaget juga rasanya ketika mendengar nama Taufiq Kiemas terpilih menjadi ketua MPR. bukan karena apa-apa, track record yang selama ini ia toreh ketika menjadi wakil rakyat sangatlah kurang bahkan bisa dibilang minus. saya rasa semua orang juga tahu hal ini. Dengan insiden ini, ada kekhawatiran bahwa kinerja MPR akan sangat meragukan, bahkan aroma permainan politik di belakangnya pun sangat kental terlihat.

    Tapi, menurut saya ada baiknya apabila kita memberikan kesempatan kepada beliau untuk memperbaiki diri. Siapa tahu, di kemudian hari ia memperlihatkan kinerja yang baik. manusia kan tempatnya salah, mudah-mudahan saja TK pun akan menjadi figur yang baik suatu hari nanti.
    Dijual Rumah

  5. ristizona berkata:

    selamat sudah terpilih. dan bentar lagi sama jabatnya berakhir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s