Hasil GP Jepang : Vettel Buka Peluang Juara

vettel0Pembalap Red Bull Sebastian Vettel yang tampil dominan di GP Jepang sukses mengakhiri balapan dengan kemenangan. Dengan 69 poin yang dimiliki, ia kembali membuka peluang untuk menjadi juara dunia. Vettel memenangi GP Jepang yang digelar di Sirkuit Suzuka, Minggu (4/10/2009) siang WIB. Pembalap asal Jerman itu menyelesaikan 53 lap dengan catatan waktu 1 jam 28 menit 20,443 detik. Sementara di posisi kedua dan ketiga ditempati pembalap Toyota Jarno Trulli dan pembalap McLaren Lewis Hamilton. Kemenangan ini menjadikan koleksi poin Vettel 69. Sementara itu dua besar klasemen sementara, Jenson Button dan Rubens Barrichello finis kedelapan dan ketujuh. Hasil ini membawa koleksi poin Button menjadi 85 dan Barrichello 71. Ada pun musim ini masih menyisakan dua seri lagi yakni di Brasil (18/10/2009) dan Abu Dhabi. (1/11/2009).
Vettel sukses memanfaatkan pole position yang diraihnya di babak kualifikasi. Begitu balapan dibuka, Vettel sukses mempertahankan tempat pertama. Smentara Hamilton yang memulai lomba dari posisi ketiga menyeruak ke peringkat kedua. Vettel terus memperlebar jarak dengan Hamilton yang mengejarnya. Di lap keenam, selisih waktu di antara keduanya adalah 2,647 detik. Memasuki putaran kesepuluh, selisih waktu Vettel-Hamilton hampir lima detik.

Pemuncak klasemen sementara Jenson Button meski sempat melorot ke urutan ke-12 selepas start, secara bertahap memperbaiki posisinya. Pembalap Brawn GP itu naik ke posisi kedelapan di putaran ke-13, usai memanfaatkan melintirnya Adrian Suttil yang berusaha menyalip Heikki Kovalainen.

Di posisi terdepan, Vettel terus menancapkan dominasinya dan meninggalkan lawan-lawannya.

Delapan lap menjelang balapan terakhir, terjadi kecelakaan yang menimpa Jamie Alugersuari. Pembalap muda Toro Rosso ini menabrak pembatas lapangan yang membuat bagian kiri depan mobilnya mengalami kerusakan parah. Pasca kejadian, Alguersuari masih bisa berjalan. Selanjutnya, ia dibawa oleh ambulans menuju ke rumah sakit.

Insiden kecelakaan ini membuat safety car keluar. Kondisi ini dimanfaatkan para pesaing untuk menempel posisi Vettel. Ketika safety car ditarik saat balapan menyisakan empat putaran lagi, Vettel sukses mempertahankan posisi terdepan yang dimiliki hingga akhir balapan.

Berikut hasil GP Jepang
hasil gp jepang 2009_sirkuit suzuka

redbull_1495106i

vettel_champion

vettel_toast

Klasemen Sementara Pembalap

klasemen pembalap

Klasemen Sementara Konstruktor
klasemen konstruktor

Pos ini dipublikasikan di Olahraga dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s