Inilah 14 Kriteria Plt Pimpinan KPK versi Tim 5

gedung kpkRapat perdana Tim 5, Kamis (24/9), telah merumuskan 14 kriteria calon pelaksana tugas (plt) pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tim 5 belum menyebut nama calon plt. Anggota Tim 5, Adnan Buyung Nasution, mengatakan, penentuan nama tiga calon plt sepenuhnya bergantung pada Tim 5. Setelah Tim 5 selesai menggodok tiga nama dan direkomendasikan kepada Presiden, Buyung mengatakan, ketiga nama itulah yang kelak diambil sumpahnya oleh Persiden.
”Menurut saya, dia (Presiden–Red) nggak ada pilihan. Ini suatu hal yang perlu dicermati, kenyataan bahwa Presiden menyerahkan sepenuhnya kepada lima orang ini untuk memilih tiga orang,” kata Buyung yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) seusai rapat di Kantor Menko Polhukam, kemarin.

Bila kelak Presiden memilih tokoh di luar tiga nama yang direkomendasikan Tim 5, Buyung mengatakan, pembentukan Tim 5 melalui keputusan presiden (keppres) menjadi tak berguna.

Anggota Tim 5 lainnya, Todung Mulya Lubis, mengatakan, tak tertutup kemungkinan calon plt KPK yang dipilih adalah mantan pimpinan KPK. Meski demikian, dia menegaskan, dalam memilih tiga plt, pihaknya tak akan mempertimbangkan representasi lembaga. ”Kita datang dengan pikiran terbuka. Tidak ada titipan dan nama dalam kantong kita,” kata Todung.

Menko Polhukam, Widodo AS, mengatakan, plt dapat berasal dari institusi manapun, selama yang bersangkutan memenuhi kriteria. Karena waktu untuk mencari tiga nama singkat, yaitu harus diserahkan ke meja Presiden pada 1 Oktober, Widodo mengatakan, mereka menggunakan metode pencari bakat ( talent scouting ).Tiga nama plt, kata Widodo, akan diputuskan secara musyawarah, berpatokan pada 14 kriteria itu (lihat boks).

Ketiga plt yang dipilih akan bertugas sampai ada kepastian hukum atas tiga pimpinan KPK yang kini menjadi tersangka. Seperti diberitakan sebelumnya, dari lima pimpinan KPK, tiga telah menjadi tersangka, yaitu Antasari Azhar (ketua), Chandra M Hamzah (wakil ketua), Bibit Samad Riyanto (wakil ketua). Kini tinggal dua pimpinan KPK yang masih aktif, yaitu Haryono Umar dan M Jasin.

Karena menjadi tersangka, ketiganya sesuai UU KPK dinonaktifkan. Bila status mereka menjadi terdakwa, ketiganya diberhentikan secara permanen, dan selanjutnya dilakukan seleksi pimpinan KPK yang baru secara normal, seperti diatur UU KPK.

Bila status tersangka pimpinan KPK itu dicabut oleh polisi, maka dengan sendirinya pimpinan KPK tersebut kembali aktif. ”Plt secara otomatis mundur,” kata Buyung.Lantas, siapa yang kelak menjadi ketua setelah masuknya tiga plt pimpinan KPK? Buyung mengatakan tiga plt dan dua pimpinan KPK yang tersisa yang akan memutuskan.  wed/nap

14 Kriteria Calon Plt KPK

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Bbertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Sehat jasmani dan rohani;
  4. Berijazah sarjana hukum atau sarjana lain yang memiliki keahlian dan pengalaman sekurang-kurangnya 15 tahun dalam bidang hukum, ekonomi, keuangan, atau perbankan;
  5. Berumur sekurang-kurangnya 40 tahun dan setinggi-tingginya 65 tahun pada proses pemilihan;
  6. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela;
  7. Cakap, jujur, memiliki integritas moral yang tinggi, dan memiliki reputasi yang baik;
  8. Tidak menjadi pengurus salah satu partai politik;
  9. Melepaskan jabatan struktural dan atau jabatan lainnya selama menjadi anggota KPK;
  10. Tidak menjalankan profesinya selama menjadi anggota KPK;
  11. Mengumumkan kekayaannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  12. Memiliki kompetensi dan dapat langsung bekerja;
  13. Tidak mempunyai hambatan psikologis dengan pimpinan KPK, sehingga saat terpiih mampu bekerja sama tanpa hambatan;
  14. Dipercaya dan diterima oleh publik.

Keterangan:
– kriteria nomor 1-11 menyadur Pasal 29 UU No 30/2002 tentang KPK, sedangkan kriteria nomor 12-14 diputuskan dalam rapat Tim 5, Kamis (24/9).

Sumber : Republika

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Nasional dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Inilah 14 Kriteria Plt Pimpinan KPK versi Tim 5

  1. Iklan Gratis berkata:

    Semoga saja tim 5 ini bisa memunculkan serta menghasilkan nama2 yang bisa dijadikan calon ketua KPK dimasa yang akan datang…
    karna sekarang bukan hal yang mustahil bagi negara kita, karena negara kita sangat butuh dengan KPK, karna hanya KPK lah yang berani membongkar segala tindakan korupsi dinegara kita…

    semoga saja tim 5 ini tidak menjadi tim yang sia2, karena saya merasa bahwa tim 5 ini merupakan orang2 yang sudah berkompetensi dalam bidangnya masing2, sehingga kelima anggota perumus ini bisa memberikan masukan serta kriteria2 yang cocok untuk calon ketua KPK yang nantinya akan ditunjuk oleh Presiden SBY.

    Iklan Gratis

  2. mazwar berkata:

    SELAIN MEMEILIKI KRETERIA DAN KOMPETENSI, CALON PLT PIMPINAN KPK JUGA HARUS BERANI BERKORBAN JIWA & RAGA KARENA YANG AKAN DIHADAPI NANTI ADALAH RAJA MAFIA, ULAR NAGA, MONSTER, HANTU BELAU DAN APALAHNAMANYA YANG SAAT INI MASIH MASIH MERAJA-LELA BAIK DARI DALAM PEMERINTAHAN MAUPUN DARI LUAR NEGERI ATAU YANG BERSTATUS PEJABAT/PIMPINAN APARATUR PEMERINTAH, PENEGAK HUKUM, PEMBELA NEGARA DSBNYA, KESEMUANYA HARUS DISIKAT HABIS SERTA JADILAH PAHLAWAN PEMBELA KEBENARAN YANG SEJATI ( SPT HAKIM BAO /cerita china ). THANK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s