1 Syawal 1430 H Ditetapkan pada 20 September 2009

hilal Alhamdulillah, tahun ini kita berlebaran bersamaan. Setelah Pengurus Muhammadiyah menyatakan 1 Syawal 1430 H jatuh pada tanggal 20 September 2009 beberapa hari yang lalu, Pemerintah juga menetapkan 1 Syawal 1430 H pada hari Minggu, 20 September 2009. Hal ini ditetapkan Menteri Agama melalui sidang itsbat (penetapan) yang digelar di gedung Departemen Agama.

"Menyatakan bahwa 1 Syawal 1430 Hijriah bertepatan pada 20 September 2009. Dengan ini kita tetapkan," kata Menteri Agama Maftuh Basyuni, di sela-sela sidang itsbat (penetapan), di gedung Departemen Agama, Jakarta, Sabtu (19/9). Maftuh memaparkan ketetapan 1 Syawal ini dilakukan berdasarkan metode hisab (penghitungan astronomi) dan rukyat (pemantauan) di beberapa titik di Indonesia.

Untuk menetapkan hilal, sidang itsbat menerima sembilan laporan dari hasil peneropongan hilal di berbagai daerah di Indonesia. Kesembilan tempat peneropongan itu di antaranya Ternate, Pantai Barat Kupang, Lantai Atas MTB Makassar, Condrodipo Gresik, Tanjung Kodok Lamongan, Masjid Agung Semarang, Boscha Bandung, Pelabuhan Ratu, dan Lok Ngah Aceh. Berdasarkan laporan yang diterima dari semua ahli hisab (penghitungan astronomi) telah menyatakan bahwa 1 Syawal 1430 H jatuh pada 20 September 2008. Adapun secara rukyat, hingga pukul 19.00 ini, hilal telah terlihat di dua titik, yakni di Pelabuhan Ratu, Sukabumi dan Semarang.

Pos ini dipublikasikan di Agama dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s