Yukiya Amano, Pimpinan Baru IAEA

Austria Nuclear Agency New HeadBadan pengawas nuklir PBB, IAEA, resmi mengangkat Yukiya Amano dari Jepang sebagai direktur jendral yang baru. Yukiya akan mengambil alih pekerjaan pimpinan saat ini Muhamad el Baradei akhir bulan November. Pengangkatan ini dikukuhkan pada pembukaan konperensi IAEA di Wina. Usai dikukuhkan, Yukiya Amano menyatakan rasa terima kasihnya. el-Baradei dan Yukiya Amano
“Dengan penuh kerendahan hati saya terima penunjukkan untuk jabatan baru ini dan menyampaikan terimakasih mendalam kepada negara anggota untuk dukungan dan kepercayaannya,” katanya.

Program nuklir kontroversial Iran juga akan dibicarakan dalam konperensi itu.

Media Iran melaporkan Iran dan negara adidaya, termasuk Amerika dan Uni Eropa sepakat berunding bulan Oktober untuk membicarakan cara menyelesaikan pertikaian program nuklir Teheran.

Sementara itu, Muhamad el Baradei mengatakan, selama dia menjabat, “…hasil dari tugas sulit dan berhati-hati adalah badan ini berhasil lebih mengeri program nuklir sipil Iran”.

“Akan tetapi sejumlah pertanyaan dan tuduhan yang meragukan tujuan program ini masih belum hilang,” kata Muhamad el Baradei.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s