Muntadar al-Zaidi, Pelempar Sepatu Bush Bebas

muntadar al-zaidiWartawan Irak pelempar sepatu ke mantan presiden Amerika George Bush saat jumpa pers, akan segera mengakhiri masa tahanannya. Aksi lempar sepatu Muntadar al-Zaidi justru dianggap heroik oleh dunia Arab. Zaidi yang memanggil Bush ”seekor anjing” didakwa dengan pasal penghinaan pada Maret lalu. Keluarga Zaidi dilaporkan tengah menyiapkan sambutan kepulangan Zaidi selayaknya seorang pahlawan ketika dia dibebaskan Senin ini.
Masa tahanan Zaidi selama 3 tahun dipotong menjadi setahun karena dianggap berkelakuan baik, bahkan dia dilepas 3 bulan lebih cepat dari jadwal pembebasan. Keluarganya berencana akan menjemputnya di pintu gerbang pusat tahanan Baghdad dan selanjutnya menggelar sebuah pesta.

Sambutan selayaknya pahlawan
Kakak lelaki Zaidi mengatakan, selama dipenjara Zaidi mengalami pemukulan dengan menderita patah tulang lengan, iga dan pendarahan didalam. Namun tuduhan itu dibantah militer Irak.

Aksi lempas sepatu ke mantan presiden AS oleh wartawan dari TV basis Kairo Baghdadia ini membuatnya menjadi terkenal dan dianggap sebagai pahlawan oleh banyak orang, bukan hanya di Irak tapi juga dunia Arab.

Saat dia melempar sepatu kearah George Bush, Zaidi berteriak ”Ini adalah ciuman perpisahan dari rakyat Irak, anjing. Ini dari para janda, anak yatim dan semua orang yang tewas di Irak”.

Aksinya ini juga dirayakan dalam permainan internet dan digambar di kaos dan beberapa orang bersedia menikahkan anak perempuan mereka untuk Zaidi.

Zaidi yang tinggal di Baghdad telah bekerja untuk al-Baghdadia selama tiga tahun. Seorang pejabat senior media ini mengatakan gajinya terus dibayarkan selama dia ditahan dan dia juga dibelikan sebuah rumah di ibukota. Selama bekerja sebagai wartawan, Zaidi pernah diculik oleh pemeberontak dan ditahan serta diinterogasi oleh pasukan AS di Irak.

sumber : bbc

Pos ini dipublikasikan di Fenomena dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s