Manusia Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 115 Tahun

Gertrude BainesManusia tertua di dunia, Gertrude Baines, tutup usia pada umur 115 tahun, Jumat (11/9). Baines meninggal dunia dengan tenang di pembaringannya di Western Convalescent Hospital, yang telah menjadi kediamannya sejak ia akhirnya memutuskan untuk tidak hidup seorang diri di kediaman pribadi setelah mengalami patah tulang pinggul pada usia 107 tahun.

“Ia kemungkinan meninggal dunia karena serangan jantung,” kata dokter pribadinya dr Charles Witt. Keterangan ini disampaikan meskipun hasil otopsi masih diperlukan untuk menentukan penyebab pasti kematian Baines.

“Aku masih melihatnya dalam keadaan sehat 2 hari lalu. Ia tampak benar-benar bugar. Ia kerap kali tersenyum,” ungkap dokter pribadinya itu.

Perempuan kulit hitam yang tidak pernah merokok maupun mengonsumsi minuman beralkohol itu lahir di Shellman, Georgia, 6 April 1894 saat Grover Cleveland menjabat sebagai Presiden AS. Saat itu, media komunikasi radio baru dikembangkan dan masih dibutuhkan waktu lebih dari setengah abad lagi bagi kehadiran televisi.

Baines berusia 4 tahun saat pecah Perang Spanyol-Amerika. Ia mencapai usia paruh baya menjelang masuknya AS dalam Perang Dunia II pada 1941. Menikmati hidup adalah kunci yang dipegangnya untuk membuka pintu waktu yang menuntunnya hingga berusia lebih dari seratus tahun.

“Saya menikmati hidup. Saya tak peduli apabila hidup seratus tahun lagi,” katanya disertai derai tawanya saat menyampaikan hak suaranya untuk menunjuk Barack Obama sebagai presiden AS. Menurut Baines, suaranya yang ditujukan bagi Obama telah menggenapkan impian lamanya untuk melihat seorang pria berkulit hitam terpilih sebagai presiden AS. 

Baines yang pernah bekerja sebagai seorang pembantu di asrama Ohio State University ini hidup dengan usia lebih panjang dari seluruh anggota keluarganya. Putri satu-satunya Baines meninggal dunia akibat mengidap tifus pada usia 18 tahun.

Pada tahun-tahun terakhir menjelang ajal menjemputnya, Baines menghabiskan waktunya dengan menonton tayangan program televisi favoritnya, The Jerry Springer Show. Baines menjadi orang tertua di dunia pada Januari saat Maria de Jesus meninggal dunia di Portugal pada usia 115 tahun.

Lalu siapa dong wanita tertua di dunia saat ini ? Pengganti Baines adalah perempuan tua (jelas tua dong) tinggal di Jepang bernama Kama Chinen, berusia 114 tahun.

Pos ini dipublikasikan di Fenomena dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s