Kalimantan, Pulau Paling Aman dari Gempa

Gambar peta

Kalimantan adalah salah satu pulau teraman dari ancaman gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia. Gempa diakibatkan ketidakstabilan posisi lempengan tanah pulau-pulau di Indonesia. Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) menyatakan dari lima pulau besar yang ada di Indonesia hanya Kalimantan yang aman dari guncangan gempa.

"Pulau Kalimantan wilayahnya jauh dari titik-titik pusat gempa dan interaksi tektonik aktif." ujar R. Sukhyar Kepala Badan Geologi DESDM usai konferensi pers terkait gempa bumi di kantor Departemen ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2009).

Namun, menurutnya ada satu wilayah Kalimantan yang berpeluang terkena gempa, yaitu Kalimantan Timur. Namun pihaknya tidak dapat memprediksi wilayah-wilayah mana lagi yang berpotensi terjadi gempa besar.

"Kendala kita tidak tahu kapan terjadinya gempa serupa, besaran, dan lokasi apakah sama atau tidak," tuturnya.

Cara yang paling mungkin dilakukan guna mencegah terjadinya dampak besar pada peristiwa gempa, di antaranya melakukan mitigasi pencegahan bencana, sosialisasi kepada masyarakat, bangunan-bangunan harus memenuhi standar keamanan pembangunan, serta dilakukan pelatihan evakuasi.

"Agar korbannya tidak besar. Bangunan obyek-obyek vital harus tahu keamanan pembangunan, pelatihan-pelatihan evakuasi," imbuhnya.

Pos ini dipublikasikan di Fenomena dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s