Senator Edward Kennedy Meninggal di Usia 77 Tahun Akibat Kanker Otak

image Senator AS kawakan Edward Kennedy, saudara dari mantan Presiden John F Kennedy, meninggal dalam usia 77 tahun setelah berjuang melawan tumor otak yang dideritanya. Senator dari Partai Demokrat di Massachusetts diketahui menderita tumor otak yang berbahaya pada Mei tahun lalu. Dia menjadi anggota Senat 1962 untuk menggantikan saudaranya yang mengundurkan diri untuk menjadi presiden, dan terpilih selama 7 kali.

Dia menjadi pendukung aktif Presiden Barrack Obama.

Koresponden melaporkan, senator Kennedy -yang dikenal dengan "Teddy"- telah menjadi kekuatan dominan dalam politik Amerika yang liberal selama hampir setengah abad, terutama dalam isu layanan kesehatan dan pendidikan. Dia akan dikenang sebagai satu dari anggota legislatif yang efektif dan terkenal dalam sejarah Amerika.

Pemimpin mayoritas senat, Harry Reid mengatakan keluarga Kennedy dan Senat telah "sama-sama kehilangan panutan".

Keluarga Kennedy mengumumkan kematiannya dalam pernyataan singkat hari ini.

"Edward M Kennedy, suami, ayah, kakek, saudara dan paman yang sangat kami cintai, meninggal pada Selasa malam di rumah di Hyannis Port (Massachusetts)," seperti disampaikan dalam pernyataan keluarga.

"Kami kehilangan sosok yang tidak tergantikan dalam keluarga dan cahaya kegembiraan dalam hidup kami, tetapi inspirasi dari keyakinannya, optimistis, dan ketekunannya akan hidup dalam hati kami selamanya."

Edward Kennedy merupakan satu-satunya dari empat laki-laki dalam keluarga tersebut yang meninggal secara wajar.

Kakaknya Joseph tewas dalam kecelakaan pesawat dalam perang dunia kedua, Presiden John F Kennedy dan Robert F Kennedy tewas dibunuh.

Dia diharapkan menjadi Kennedy berikutnya yang menjadi Presiden AS, tetapi dia tidak bisa pulih sepenuhnya dari skandal tahun 1969, dia mengendarai mobil melewati jembatan di Chappaquiddick dekat rumahnya, dan menewaskan penumpang perempuannya.

Kecelakaan tersebut menyebabkan dia keluar dari bursa calon presiden, lebih dari satu dekade kemudian.

Dia kembali aktif dalam politik sampai meninggal dunia, yang paling diketahui adalah mendukung Barrack Obama untuk menjadi nominasi demokrat ketika bersaing ketat dengan Hillary Clinton tahun lalu.

Pekan lalu, dia meminta Gubernur Massachusetts untuk mengganti hukum wilayah yang membolehkan suksesi cepat ketika kursi senatnya kosong.

Sumber : bbc

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Internasional dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s