Gaji PNS, TNI/Polri, dan Pensiunan Naik 5 Persen Tahun 2010

imageAda kabar gembira bagi PNS, TNI/Polri, dan Pensiunan. Pemerintahan SBY-Boediono akan menaikkan gaji sebesar rata-rata 5% pada terhitung mulai tanggal 1 Januari 2010. Biasanya sih kenaikan gaji beberapa tahun terakhir ini berkisar pada angka 15%, namun tahun ini kenaikan gaji hanya 5%. Pemerintah mengalokasikan anggaran belanja pegawai mencapai Rp 161,7 triliun dalam RAPBN 2010 mendatang. Angka ini naik Rp 28 triliun atau 21 persen dari perkiraan realisasinya dalam tahun 2009. Kenaikan anggaran ini ditujukan untuk memperbaiki kinerja birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Alokasi anggaran antara lain untuk memperbaiki penghasilan aparatur negara dan pensiunan melalui kenaikan gaji pokok dan pensiunan pokok rata-rata 5 persen, pemberian gaji dan pensiun bulan ke-13,” kata Presiden SBY dalam pidatonya pada Rapat Paripurna Luar Biasa, Senin (3/8) di Gedung DPR, Jakarta.

Uang makan/lauk pauk bagi TNI/Polri juga mengalami kenaikan, dari Rp 35.000 per hari menjadi Rp 40.000 per hari. Demikian pula uang makan PNS yang naik dari Rp 15.000 per hari kerja menjadi Rp 20.000 per hari kerja.

Dengan demikian, papar Presiden, pendapatan PNS golongan terendah mengalami kenaikan 2,5 kali lipat selama periode 2004-2009 . “Dari Ro 674.000 per bulan pada tahun 2004 menjadi Rp 1.721.000 pada tahun 2009 ,” ujarnya.

Sementara, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik, pada tahun 2010 pemerintajan akan memberikan remunerasi kepada beberapa kementerian/lembaga yang telah dan sedang melakukan reformasi birokrasi.

[sumber : kompas.com]

Baca Juga :
Daftar gaji pokok PNS/TNI dan Polri 2010

Pos ini dipublikasikan di Nasional dan tag , , , , . Tandai permalink.

39 Balasan ke Gaji PNS, TNI/Polri, dan Pensiunan Naik 5 Persen Tahun 2010

  1. adhie berkata:

    ku tunggu janji mu sby untuk remunerasi terwujud tahun ini,jangan tong kosong thok !!!

  2. yosep sopiyan berkata:

    pak SBY-Boediono kapan tunjangan remunerasi bagi Dep. Hukum dan HAM akan cair…. kalo bisa dipercepat. terimakasih!!!!

  3. Budi M. berkata:

    Pidato Presiden tentang Kenaikan Gaji 5% bagi PNS,POLRI,TNI dan Pensiunan,memberikan angin sorga.Namun sangat disayangkan begitu dipublikasikan harga langsung loncat tanpa kendali, kenaikan blm diterima harga sudah naik duluan.Sebenarnya kenaikan gaji tersebut belum siginifikan karena masih jauh dari gaji standar ASEAN.
    Sebaiknya kenaikan gaji ( kenaikan gaji pokok PNS )bukan karena tunjangan lain yang sifatnya sementara, sebab nanti kalau Pensiun PNS gaji pokok lumayan.Sehingga para Pensiunan tidak drastis pendapatanya sewaktu masih dinas.Terima kasih pak SBY.

  4. Budi M. berkata:

    Iklan Pendidikan gratis = imposible ( kebohongan publik )maka harus segera dicabut sangat tidak sesuai.Masyarakat mengeluh dengan adanya Undang-undang Badan Hukum Pendidikan justru perincian biaya sekolah dipayungi BHP.
    dari tingkat SLTA hingga Perguruan Tinggi.
    Pada hal dana Pendidikan dinaikan 20%……………aduh
    gimana realisasinya kok tidak menjangkau ke masyarakat.
    Setahu saya Pendidikan yang bermutu memerlukan biaya mahal ( sarana/prasarananya ) harus lengkap dqan tenaga Pendidik yang profesional sesuai dengan Program Keahlian masing-masing.Tolong dong……..bagaimana solusinya agar sekolah bisa gratis ( biaya ditanggung Pemerintah ).
    masyarakat baru SBY ( Senang Benar Ya ).

  5. Budi M. berkata:

    Saya anak kembar baru masuk SLTA orang tua saya harus membayar biaya perincian 2 orang yang jumlahnya cukup lumayan banyak, eh ……sudah gitu kok ada lagi biaya sumbangan untuk sekolah….yang jumlahnya juga lumayan sulit.Nah disitulah para orang tua sebenarnya pada menangis dan menjerit, kasihan orang tuaku merasa terjepit dan kesulitan.

  6. farouq berkata:

    malasih…bpk SBY-BOEDI…..atas kenaikan gajinya…walaupun belum terealisasi namun barang2….dah pada melonjak harganya…..

  7. Agus Mansur berkata:

    Terima kasih PNS akan naik 5% terhitung mulai Januari 2010, tetapi untuk lauk pauk khususnya PNS guru belum pernah menerima, juga bagi mana tentang kenaikan 50% untuk guru?

  8. kurniawan39 berkata:

    mudah2an benar adanya, remunerasi polri dapat terwujud awal tahun 2010.Amin……….

  9. reno berkata:

    yah…. cuma 5%

    klo guru mah gk pantes dinaekin. bukti’a ampe skrg aja uang sekola tingkat sma jutaan. duit’a dimakan semua tuh ama para guru

  10. desna berkata:

    sangat disayangkan gaji polri dan pns hanya naik 5% sedangkan mereka sudah menunggu agar naik hingga 70%

  11. kurniawan39 berkata:

    Remunerasi suatu kenyatan atau hanya kebohongan publik saja???? hanya waktu yg dpt menjwb’y. tetapi ada satu yg pasti ” Ada tiadanya remunerasi jangan membuat egoisme qta dalam menuntut sesuatu hal jd menggebu-gebu” Bilih gelo………………………

  12. jay berkata:

    Remunerasi kan dulu sebelum Pilpres,bak dihembus angin toufan semacam kampanye terselubung,seluruh keluarga TNI dan Polri memilih SBY,tapi apa kenyataannya,mungkin karena menjabat yang terakhir,setelah jadi Presiden Good bye coy,…bagaimana SDM aparat mau baik kalau hidupnya saja dibawah kemiskinan.Ironis memang.

  13. arf-gbr III berkata:

    sukses bpk presiden kita orgnya jujur sederhana kalo ukuran presiden….tapi kalo bisa remunerasi hrs menyeluruh dong…jgn hanya guru, dosen kami jg pns lainnya mau naek gaji gede2….

  14. arf-gbr III berkata:

    kalo guru dinekin gjnya,….bayar uang sekolah masih mahaaaaaaalllllll, untuk sd saja yang negeri minimal 1 jt, SMP min 2 jt SMA min 5 jt……gmn mau cerdas bangsa ini…

  15. bocah ndeso berkata:

    Wah gaji mau naik ya?Ya mdh2 an dpt terealisasi ya Amien…izin ya rekan2 netter sekalian kunjungi jg dalam pencarian di gogle ” Pendapat anda tentang kinerja polri yang akan digaji 7 juta” ( Wah ayak2 wae ya? he2,ok matur suwun poro miarso,pareng,punten,sampu rasun….

  16. Jhon berkata:

    syukuri aja apa adanya.

  17. Gerry berkata:

    Di daerah saya sepertinya gak ada tuh tunjangan lauk pauk atau uang makannya. Kapan ya kira-kira kalau memang ada?

  18. sony berkata:

    Kapan ya Remunerasi Polri cair , please pak SBY…………

  19. khuda berkata:

    mendingan langsung di siarkan ke publik aja,antara iya dan tidak
    dari pada banyak yang bertanya-tanya di hati……

  20. arief rivaldy berkata:

    mudah2an bisa teralisasikan kenaikan gaji . karena kan pns itu bekerja untuk negara jadi sudah sepantasnya para pns bisa hidup sejahtera , amieeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnn …

  21. susi untari berkata:

    Peningkatan Kesejahteraan bagi PNS/ Aparat negara memang perlu, tetapi menurut saya ya…sewajarnya saja. Rakyat kan tidak hanya terdiri dari PNS saja, banyak para pekerja, karyawan swasta yang penghasilannya ” mungkin masih lebih sedikit dari 1/2 gaji PNS golongan terendah sekalipun”, pikirkan juga nasib mereka. Remunerasi menurutku kok terlalu berlebihan ya…, apa tidak memberatkan anggaran negara?? . Ya….berapapun penghasilan kita, kita syukuri saja. Karena kalau tidak bersyukur, berapapun nominalnya pasti akan terasa kurang terus, itulah sifat manusia. Yang penting berkah.

  22. iwan wahyudi berkata:

    meningkat?… itu harapan kita semua…
    sukuri aja apa yang ada ……

  23. fia berkata:

    Dengan besarnya gaji PNS skr, ada yg pendapatnya sinis tapi ada yg pesimis. Bagi para PNS itu sendiri mungkin merasamasih kurang, tp bagi orang lain yg tidak PNS, gaji PNS dianggap terlalu besar. Jadi tergantung sudut pandang masing2 bgmn mensikapi gaji PNS. Kalo gaji guru, saya tidak setuju dinaikkan, prestasi mereka tidak meningkat. Sertifikasi hanya meningkatkan pendapatan, tanpa diiringi kenaikan prestasi kerja. Apalagi pekerjaan guru tidak lebih istimewa dibanding pekerjaan lain. Salah sendiri memilih profesi itu.

  24. robiyulizar berkata:

    SBY cuma kampanye dan memberikan janji kosong untuk TNI dan POLRI ,katanya SBY akan memberikan REMUNERASI tetapi hanya JANJI kosong belaka ( PENIPU ) ,tetapi jangan marah ya….karena itu adalah sebuah FAKTA yang benar…

  25. Eric berkata:

    Gaji PNS,TNI,Polri naik rata-rata 5 % TNI, Polri uang lauk pauk juga naik. Yang menjadi pertanyaan saya, PNS Guru kok nggak ada uang lauk pauknya ? Sedangkan tunjangan beras sudah dikasih walaupun untuk beli beras yang kwalitas baik ndak bisa. Apakah guru-guru makannya biar seadanya ? Pemerintah mestinya merespon kebijakannya, kalau PNS dikasih tunjangan lauk pauk ya dikasih semua. tidak pilih kasih kesannya adalah membeda-bedankan antar instansi. Kapan guru-guru dapat tunjangan lauk pauk ? Saya berharap supaya guru – guru Indonesia semakin cerdas dengan adanya tunjagan lauk pauk. Ma’af dengan mencerdaskan anak didik dan makan dengan lauk pauk. Guru-guru Indonesia akan semakin bervitamin dan semakin cerdas. Semoga Pak SBY mendengar.

  26. martin berkata:

    wow…. thanks pa SBY-Budiono kalo benar gaji naik, tapi kami malah ngga kebagian rejeki uang makan di daerah saya. pernah sih di kasih tapi kemudian dihapus lagi padahal cuman 10.000 doang. payah deh, daerah yang kekuarangan mulu. antisipasi dong dengan uang pusat bolehlah.

  27. Prihatin berkata:

    waduh… begitu dengar ulp polri/pns disekolahan SDN 09 KP.DUKUH.. disekolah anak saya sudah menyodorkan daftar iuran untuk eskule sebesar 150.000 waduh kenaikan tidak berarti tidak berpengaruh atas pendapatan untuk kesejahteraan. keluarga katanya sekolahta gratis.. tapi kok masih ada penarikan dana… sejumlah Rp.150Ribu wah pusing…

  28. woody berkata:

    ngga ngaruh…tiap tahun justru nilai gaji tni/polri pns semakin menurun nilainya…. so what?????

  29. woody berkata:

    kemungkinan kita sampai pensiun hanya dibuai dengan impian dan harapan yg tdk pernah menjadi nyata…walaupun rezim berganti rezim..pemerintahan berganti pemerintahan..kita tetap menjadi pemimpi..tuk hidup sejahtera..sampai akhirnya tergusur dari rumah dinas…..horeee…😦

  30. darya hidayat berkata:

    tolong Pak SBY nasib para pensiunan

  31. maemunah berkata:

    tolong pa SBY …..!
    semua pegawai negri pada intinya mengabdikan diri untuk negara, sebaiknya pemberian tunjangan tidak dibedakan … misal : dalam penerimaan uang makan , ada yang dapat ada yg tidak..hanya TNI Polri aja , kita kita yang lainnya gimana pa ??????

  32. say berkata:

    begitulah nasib PNS,POLRI/TNI..REPUBLIK INDONESIA TERCIONTA INI..

  33. para istri berkata:

    semoga remunerasi itu bener ada nya….dan semoga tahun 2010 ini bisa di acc

  34. Riny gibran arimba berkata:

    Remunerasi gombal,,,,,,smua itu hanya janji2 doang ,,,tong kosong bunyinya nyaring

  35. logika berkata:

    guru… semakin lama semakin tahu gimana uang itu berpuutar di sekolah. saya sendiri kaget, karena saya juga baru masuk menjadi guru di smp negeri. tahun ajaran baru benar2 dijadikan ajang tuk cari duit. wali murid diharuskan membayar sekian dengan alasan bangun ini itu. komite sekolah yang seharusnya menjadi jembatan antar wali murid dan sekolah malah berpihak disekolah. kesannya, komite itu lidah sekolah, ya ujung2nya, wali murid IYA IYA saja. jadi bagi bapak ibu yang anaknya masuk tahun ajaran baru, harus berani menolak, dan kritis terhadap sekolah

  36. ferdy berkata:

    saRAn saYA setIAp kelUArga aDA prWAkiLAn 1 atw 2 oRg yg menJAdiaBDi neGAra baIK PNS,TNI dan POLRI….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s