Gunung Krakatau, Ledakannya 30.000 Kali Bom Atom di Hiroshima

gunung krakatau-6 Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana yang, karena letusan pada tanggal 26-27 Agustus 1883, kemudian sirna. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.

Letusan Krakatau menyebabkan perubahan iklim global. Dunia sempat gelap selama dua setengah hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Hamburan debu tampak di langit Norwegia hingga New York.

Ledakan Krakatau ini sebenarnya masih kalah dibandingkan dengan letusan Gunung Toba dan Gunung Tambora di Indonesia, Gunung Tanpo di Selandia Baru dan Gunung Katmal di Alaska. Namun gunung-gunung tersebut meletus jauh di masa populasi manusia masih sangat sedikit. Sementara ketika Gunung Krakatau meletus, populasi manusia sudah cukup padat, sains dan teknologi telah berkembang, telegraf sudah ditemukan, dan kabel bawah laut sudah dipasang. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa saat itu teknologi informasi sedang tumbuh dan berkembang pesat.

Tercatat bahwa letusan Gunung Krakatau adalah bencana besar pertama di dunia setelah penemuan telegraf bawah laut. Kemajuan tersebut, sayangnya belum diimbangi dengan kemajuan di bidang geologi. Para ahli geologi saat itu bahkan belum mampu memberikan penjelasan mengenai letusan tersebut.

gunung krakatau-1 gunung krakatau-2 gunung krakatau-3gunung krakatau-4gunung krakatau-5 gunung krakatau-6gunung krakatau-7gunung krakatau-8 (sumber : wikipedia dan dailymail)

Pos ini dipublikasikan di Fenomena dan tag , , , , . Tandai permalink.

134 Balasan ke Gunung Krakatau, Ledakannya 30.000 Kali Bom Atom di Hiroshima

  1. Ping balik: Gunung Krakatau, Ledakannya 30.000 Kali Bom Atom di Hiroshima | Update Blog Terbaru

    • novita berkata:

      Inilah sebuah peristiwa yang mengingatkan kita pada kekuasaan Allah SWT. Tiada daya dan upaya melainkan atas pertolonganNya. Meskipun terjadi pada beberapa tahun yang lalu, tapi sebaiknya dapat menjadi hikmah dan pelajaran untuk kita dan generasi yang akan datang. Karena agar dapat menjadikan kehidupan yang lebih baik lagi.

      • cresdiansyah berkata:

        semoga kaummanusai sadar akan kekuasaannya yang maha besar,tapi” semoga dengan peristiwa ini manusia akan tau dan dapat memperkirakan bagai mana dhsyatnya di hari akhir nanti.sadar lah.

      • cresdiansyah berkata:

        semoga kaum manusai sadar akan kekuasaannya yang maha besar,semoga dengan peristiwa ini manusia akan tau dan dapat memperkirakan bagai mana dhsyatnya di hari akhir nanti.sadar lah.

    • Gus Menotz berkata:

      Meledaknya gunung krakatau hanyalah sirkulasi yg dpt terjadi scr alamiah…jgn pernah kita kaitkan dgn tanda2 kiamat atau teguran dari Allah..krn menurut sy se jahat2nya manusia Allah ttp akan memaafkan…Allah mmg menciptakan hukum alam yg mmg ada masa aktif dan pasifnya…jd klo mmg hrs meletus itu adalah sdh waktunya bkn krn hukuman dr Allah…Allah Maha Baik…

      • rendi berkata:

        iya saya setuju dengan bapak ini …
        ini hanyalah sirkulasi alamiah ..
        bukan hukuman atau suatu kemurkaan tuhan YME
        pada manusia …
        buat apa tuhan YME sudah menciptakan alam dunia
        beserta seisi nya kalau untuk di rusak/di hancurkan lagi …

    • Namun tidak dipungkiri pula bahwa gunung krakatau merupakan objek wisata yang sangat indah jika berada pada tempat yang benar. Hanya saja kita semua tetap waspada terhadap keadaan gunung krakatau

  2. Ping balik: Bom Mobil Meledak di Mallorca | Update Blog Terbaru

  3. almaira oktavian berkata:

    smoga,, smua peristiwa-peristiwa didunia khususnya diindonesia menjadi sebuah anugerah untuk menjadikan rakyat indonesia menjadi lebih bermartabat– amin

  4. depaL"piSS berkata:

    woow, dasyat! kekekuatan alam yang begitu besar!, alam adalah cerminan ke angkuhan manusia. Terlepas dari itu semua peringatan telah datang bahkan sampai saat ini ilmu pengetahuan masih meraba-raba. Mungkin pelastarian alam adalah kunci semuannya, ketika semua orang lupa akan alamnya.

    Wel, nice article.. thanx.. & salam kenal.

    • fatroyah berkata:

      tahu ttg ledakan krakatau dan toba yg bgtu dahsyat n trcatat sebagai ledakan yg mematikan sepanjang sejarah ..mbuat semakin penasaran dg tanah sumatera, yg pd akhirnya diklaim sbg bagian daratan dr ‘atlantis” yg tidak ikt tenggelam akibat bencana maha dahsyat dari letusan gunung tsbt, “atlantis”sbuah negara yg makmur dn induk peradaban dunia yg pnh dsinggung oleh plato dlm tulisanx timeaus n critias, txta bnr adanya.

      • SITI berkata:

        NEGARA Apa sich Atlantis tu,,,
        gk ngrti,,
        tolon beri tau aq ttg Atlantis dung,,
        kapan atlantis tenggelam

  5. raty berkata:

    huuuuft…
    ngeeeri….

  6. putra berkata:

    pelajaran yg sangat berharga bagi semua insan didunia

    • hasya berkata:

      memang bener sekali,,,
      itu merupakan sesuatu pelajaran bagi kita atas kekuasaan allah…

      makanya… untuk semua yg baca ini harus rajin-rajin shalat ya….
      biar tidak terjadi apa-apa lagi pada negara kita ok !!!

  7. heru s berkata:

    makanya kalau ada gunung meletus janagn didekati…..ok! ntar elu leleh lagi…!!!

  8. bayu berkata:

    saya sangat terkagum kagum pada gunung krakatau

  9. bayu berkata:

    saya juga ingin tahu mengapa gunung krakatau sangat menajubkan menjadi bencana yang sangat besar bagi umat manusia di bumi ini

  10. engkus kusrana berkata:

    emang lo mau indonesia di landa bencana lagi kasian pemeritah tuk ngurus2 bantuan lagi

  11. engkus kusrana berkata:

    indonesia memang kaya akan gunung gunung kembar masih aktif yang belum di ledakan itupun masih di plihara oleh pemiliknya.

  12. ha....ha... berkata:

    Makanya kita manusia kudu insyap.ingat ama yang maha kuasa,sayangi bumi ini. Bisul pecah aja ,kita ngeri. apa lagi Gunung yang pecah ? Hi…!

  13. ie_cha berkata:

    ihhh…..atut…
    jgn sampai terjadi kyk gtu lgy d indonesia…..
    amien…..

  14. ika berkata:

    kita sebagai manusia selalu ingat kepada Allah SWT, supaya kita selalu tetap dalam lindungannya. amin ……………..

  15. aulia berkata:

    pic nya like this…

  16. fadlil aulia berkata:

    wah dahsyatnya ,, sapang saya hidup pd thn itu pasti keren

  17. vindy berkata:

    kejadian yang sangat menakjubkan…………
    hanya satu gunung yang meletus saja sudah menewaskan beribu-ribi orang apalagi jika dunia ini kiamat?????????????????

  18. arief astro berkata:

    oh my god……………….

    i’m so scared.. with krakatau mount

  19. dina junita berkata:

    ngeri ya… moga ga terjadi lagi di indonesia, dan gunung tersebut tidak meletus lagi dah, cukup deh pada masa silam…

  20. bima dan randu berkata:

    apa sih positive nya?????????????????????????????

  21. ukhri akmal berkata:

    mkum…
    ni w akmal dari cilgon,mndngr gnng krktau, saya sangat sedh ya sya gak ingn itu trjad, mka dr itu kta hrus berdoa, al fatihah…..

  22. elmazlee berkata:

    waaaaaaawwww…..
    aq sampek takut hloh ngliat gambar gunung krakatau waktu gunung itu meletus….
    benar-benar keagungan tuhan yang amat besar…

  23. Aul Arshavin berkata:

    gi mana kalo ledakannya d zaman sekarang,,,,,
    bertaubatlah para manusia…….

  24. prikitiewwww berkata:

    dahsyatnya bila di bandingkan dengan nuklir, berapa kali lipat yah?

  25. Agus indra kurniawan berkata:

    hanya untuk mengajak kita tau diri,

  26. Tantan berkata:

    bersyukur akan karunia tuhan YME.

  27. rahmad berkata:

    kalau gunung ini sampai meletus
    tamat lah peradaban diindonesia

  28. NOVI HANIFAH berkata:

    SAYA JUGA SANGAT MENGAGUMI CIPTAAN ALLAH S.W.T YANG SATU INI PADA GUNUNG KRAKATAU… SEMOGA ALLAH SLALU MENJAGA KEINDAHAN GUNUNG KRAKATAU… DAN AKU HARAP GUNUNG KRAKATAU JANGAN MELETUS DAHSYAT.

  29. erni berkata:

    mmmmmmmuuuuuuuuaaaaaannnnnnnnnnttttttttttttaaaaaaaaaaaaaapppppppppppppppppp bbbbbbbbbbbbbuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnngggggggggeeeeeetttttttttttt

  30. erni berkata:

    waw sungguh luar biaza

  31. baim berkata:

    ya allah gunung krakatau kan brada di antara pulau sumatra dan jawa ya itu antara Propinsi LAMPUNG dan BANTEN untung ajah kejadian’y udah lampau, ya ALLAh janganlah engkau memberi sesuatu yg tidak kami inginkan amien…….!!!!

  32. botax berkata:

    keren bangat gunung krakatau tapi sayang udh meletus. . . n dmn k’brdaan samudra atlantis

  33. hans williand as berkata:

    Kita sudah baca letusannya sangat dasyat apalagi dia ada ditengah laut. seram buanget yach . Tapi jangan takut, walaupun jauh dimata yang penting dekat dihati. jadi yang menentukan dia dasyat tu kita semua bangsa ini dengan cara jaga hati, jaga mulut, jaga tindakan kita agar semuanya berkenan kepada Allah. Jangan sembarangan, jangan bermusuhan, jangan membuat dosa agar Tuhan yang Maha pengasih dan penyayang selalu menyertai kita seumur hidup kita.

  34. yunanto berkata:

    smoga aja tidak meletus lagi…

    • lina berkata:

      amin….
      kenapa yach setiap terjadi bencana di indonesia tgl 26 terus….
      apakah ini pertanda kalo dunia ini emang sudah dekat dengan kiamat???
      semoga jangan dhe…. soalnya aku belum nikah….
      trus aku jg masih punya dosa yang harus di benerin.

  35. tria berkata:

    ssssssssssssssssssssuuuuuuuuuuuuuuuuuuubbbbbbbbbbbbbbaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnAAAAAAAAAAAAAAAAAALLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

  36. the fly berkata:

    apakah ni akhir dr indonesia??
    sllu ad bncana alam yg tk habis2 nya…
    apkah alam dah tua atau dah bosan lihat tingkah laku manusia..
    adakah jalan tuk smua ini…..
    berubah lah sglnya…..jgn pernah memandang kedepan sekali2 lihat kebelakang ……

  37. jamal berkata:

    allahuallahuallah

  38. arumrum berkata:

    tsunami nya kena di daerah mana aja tuh ya? kapan lagi ada bencana kayak gitu, keren! Omg

  39. Ki daus berkata:

    wahh kalah ledakan nya sama kentut gua

  40. rifai berkata:

    KERENNNN…………….UNTUMU KROWAK…….

  41. windy berkata:

    Subhanallah… maha dahsyat yaa ALLAH… semoga kita semua menjadi orang2 yang bertakwa… amiinn

  42. kakakyana berkata:

    gambar2nya keren2 gan. info yg apik.

  43. gg berkata:

    dooor……..mletusnya jgan pei nglahin kentut mak gw yah krakatau….

  44. YEHEZKIEL KIUK berkata:

    dahsyat bener krakatau
    semoga tidak terulang lagi

  45. OCTA VYA berkata:

    Ya allah dunia smkin tua prbnyak doa dan ibadah sblum kiamat.!

  46. ABI MANYUOEEN berkata:

    Sejarah,takan, mundur,,maju terus datang ke anyer,enggak usah takut dengan pemberitaan yang,lebay,, @ratu selat sunda cuman lgi batuk,,,kalie.

    • thomze ajah berkata:

      hati hati kamu bicara…
      moyang saya korban merapi 1883 d lampung ! jangan bilang ratu selat sunda lg batuk .
      kamu dengar suara senpi saya bisa kencing d celana kamu .

  47. may berkata:

    Gw sih berharap bencana krakatau gak se seram dan seganas karakatau yang lalu… karna jarak krakatau lumayan dekat dengan rumah gw,,,,,,,

  48. harmia indra berkata:

    semoga bangsa ini sadar, sudah banyak korban yang berjatuhan akibat, bencana situ gintung, banjing bandang sunami, dan gunung meletus, kepada pemerintah juga kami atas nama bangsa, mari pemimpin yang terhormat janganlah banyak berdiskusi, tapi berikalah suatu tindakan yang nyata, agar para korban dapat terlayani dengan baik, dan apa yang harus kita antisipasi apa bila bencana datang lagi?

  49. gita berkata:

    woow………………..
    it’s amazing..
    sungguh menakjubkan,,saat aq baca beritanya,,aq langsung tertarik untuk mengetahui tentang gunung krakatau lebih banyax….
    ini menjadi pengetahuan yang baru untuk Q…..

  50. sumadi berkata:

    mohon info tsunami yg terjadi waktu gunung krakatau meletus, apakah gelombang air laut sampai ke daratan kota jakarta?

  51. oen berkata:

    ty infonya

  52. florensia gnting berkata:

    amazing…..
    aku harap tak terulang lagi…
    semoga tidak menambah beban negara Indonesia kita

  53. rioo berkata:

    bnyk” brdo’a , dan slat ..
    byar kta bsa siap ntog ngdpi o ..

    jngan ampe trulng lg .

  54. cliquers berkata:

    ihh dahsyaaaaaaaaaaaaaaat tnan……

  55. etty hariyani lubis berkata:

    Maha Besar Allah dengan segala ciptaan Nya…
    semoga Allah akan slalu melindungi umat yang slalu taat dan patuh padanya….
    gunung krakatau hanyalah segelincir dari peringatan yang diberikan dan ditunjukkan atas kekuasaaan Nya

    • Bambang Premadi berkata:

      Mudah-mudahan kita semua sadar akan semua kebesaran NYa. Itu baru tanda sebagian kecil. Allahu Akbar

  56. haudifia berkata:

    semua’e hanya da d tangan allah..

  57. desti_aZa berkata:

    qta msh blm thu jlas apa yg slanjutnya akn trjdi,, jdi kn lah kjadian d’atas sbg slh satu contoh k’besaran Tuhan!!
    smoga umat manusia sadar akn kbesaran Tuhan Y.M.E

  58. apip marboenx berkata:

    mengapa manusia takut dengan gunung meletus ??
    tapi kenapa mereka tidak takut kepada yang menciptakan gunung tersebut ?? padahal itu yang lebih maha besar !!

  59. idho berkata:

    weeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  60. assal usul berkata:

    berserah diri pada allah dan beramal sholeh :’)

  61. ayunita berkata:

    apa yang terjadi..,,dngn indonesia…

  62. nur berkata:

    sungguh ksh’n masyarakat di negara kita ini
    INDONESIA sdang berduka

  63. ida berkata:

    krakatau emg dahsyat
    tp lebih dahsyat lg lw allah mrh
    mkny jngn komen doang yg d tingkatin
    ibadah ny jg dong

  64. o berkata:

    no comment

  65. mip mip berkata:

    sugguh mengerikan

  66. HURDI SALIM, SE berkata:

    Yang penting semua bangsa Indonesia harus Ikhtiar dan berserah diri kepada Allah SWT dengan mengadakan zikir kepada Allah setidaknya seminggu 2 kali dan shalat tepat waktu 5 X sehari , karena semua yang ada di muka bumi adalah milikNya termasuk kita juga. la haula wa la kuata ila bil lah (tidak ada kekuatan dan tidak ada daya upaya manusia kecuali dengan kekuatan Allah SWT). Amin.

  67. haya toons berkata:

    smlm gw mimpi, gunung merapi, di tengah laut, tp Demi ALLAH, Gw ga pernah liat gambar2 soal gunung krakatau, tp kok gambar2gunung kratau,mirip bgt di mimpi gw, hati gw jd deg2an bgt…….Moga cm mimpi

  68. willy berkata:

    daya ledaknya emang dahsyat,
    blog saya juga ada artikel gunung krakatau, ww-tikus.blogspot.com

  69. syahid berkata:

    semoga allah memaafkan dosa kita

  70. M.jhody berkata:

    eb serem bnget jngan sampe gitu lagi dehhh takut ma gw

  71. zayyan berkata:

    aduh……… krakatau meletus lagi kapan ya berhenti-Nya cape deh tapi yang rumahnya dekat dengan krakatau hati2 ya semoga kalian tidak jadi korbannya karena udah ribuan orang tewas udah ya thanks

  72. paton berkata:

    gunung yang ledakanya sangat besar

  73. andre berkata:

    ??????????????????

  74. luky ramdani berkata:

    untung aku belom lahir

  75. sasma berkata:

    gunung2 di Indonesia pada janjian ,,
    ” yuck meletus!!! “, makanya, sesudah merapi, semeru mau nyusul hbis itu krakatau ma kelud ikut2an,, .. eh,,, bromo malah udah ngeluarin asapnya… iri mungkin.

  76. ratu berkata:

    ya allah . jgn sampai

    trjadi ky gnii lagi ya allah ,,

    krena org org sdh trkena ,,

    spertii ynk adha di DIY Yogyakarta

  77. hidayat zhemod berkata:

    semoga sehat selalu

  78. afif munandar rezza berkata:

    makannya kita hidup di dunia ini cuma satu kali
    janganlah suka berbuat yang ngga2
    maka dari itu kita harus memanfaatkan hidup ini dengan sebaik baiknya Oke cuuuy……………..

  79. Trenda defra f berkata:

    semoga mnusia lebih pduli dengan alam ini yang semakin tua..
    ini adalah sebagian teguran kecil yang diberikan sang penciptanya..

  80. tesa berkata:

    uuuuhhhh ngeri …..

  81. salsabil keisha ananda berkata:

    Kita tidak boleh takut, kerena kita hanya boleh takut sama tuhan [ ALLAH ] ngapai kita takut nanti kita mati sendiri ya nggak… jadi kita tidak boleh takut OK!!!!!!! betul betul betul ….

  82. caca berkata:

    Buah manggisnbuah semangka
    Tutupilah dengan kelambu
    Kalau ingin Indonesia jaya
    Kita semua harus bersatu

    Rumah pan di Surabaya
    Ada kadal makan serabi
    Mari kawan kita berkarya
    Untuk bekal hari tua nanti

    Rumput ilalang bergoyang – goyang
    Tertiup angin kesana – sini
    Mari kita tunaikan sembahyang
    Bekal kita di akhirat nanti

    Malu bertanya sesat di jalan
    Adat tua menaggung ragam
    Susah dan senang kita rasakan
    Semoga hidup menjadi tentram

    Ilalang layu kering lah sudah
    Tak lama lagi akan mati
    Rajin – rajinlah beribadah
    Beribadah tentramkan hati

    Ke Palu beli buah – buahan
    Ke Jakarta mencari sedekah
    Semua ingin disayang tuhan
    Jadilah anak saleh – salihah

  83. devina berkata:

    semoga dgn kejadian meletusnya gunung krakatau rakyat indonesia dpt lebih menjaga kelestarian alam.dan tidak merusak alamnya sendri.dan jgn sampai terulang kembali di masa mendatang.

  84. Montessori children berkata:

    It’s so scary to imagine the eruption of Krakatau. We hope Anak Krakatau won’t cause that huge disaster anymore. We have to preserve our earth. GO GREEN, SAVE THE WORLD!!!

  85. juli berkata:

    wow……………sunggh dhasyat

  86. mardina berkata:

    menurut awya i2 priatiww yg sangat mmbosankan

  87. resty aprillyanti berkata:

    semoga kota kita ini selamat!!!!!!!!!!

  88. nanang berkata:

    knpa akhir ahir ini indonesia banyak musibah??????????

  89. ekodanu berkata:

    Musibah datang ketika manusia sudah tak peduli lagi dengan alam dan lingkungannya.
    salam kenal

  90. TriEo BebEx' berkata:

    wah sunggh dahsyt z ldakan gnung krakatau,,smp mngglapkan lngit d dunia.smga tdk da bncna yg sprti itu lg.

  91. Annisa berkata:

    itulah tanda2 kuasa ALLAH
    jika Dia telah berkehendak,, maka kita tidak akan bisa berbuat apa2 lagi…

    ALLAHU AKBAR

  92. Karin berkata:

    Dasyat…
    Pgen tau cerita’a tapi nenek tlh tiada..

  93. Gian Kurnadi berkata:

    mantap cuy.. gw salut sama Krakatau, mantep tuh 30.000x lipat dri bom hiroshima :p

  94. mamen berkata:

    bersyukur w hdup tahun 2011…
    alhamdulilah sesuatu

  95. Jaullus berkata:

    Letusan gunung Tambora lebihdahsat, menimbulkan gagal panen di Eropah dan disusul kelaparan yang membunuh jutaan orang, benarkah ?

  96. alpiyan berkata:

    subhanallah sungguh dahsyat gunung krakatao ini

  97. Sukron emo berkata:

    ini bisa jadi pelajarn buat kta smua agar kta tetap mengingat allah swt akan kekuasaannya

  98. shinta berkata:

    WOOOW, LETUSANNYA SANGAT DAHSYAT…..

  99. lia berkata:

    Allahu Akbar,,,
    Tidak ada daya upaya manusia selain pertolongan
    dari Allah S.W.T….

  100. solikin berkata:

    sadarlah bahwa kita ini lemah

  101. krakatau Trip berkata:

    gunung krakatau menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat menarik… untuk di kunjungi :D

  102. delitamandasari berkata:

    subhanallah…. itu sja baru api yang di dunia gimana yang di akhirat nanti?
    beribu-ribu kalilipat dari ledakan gunung krakatau………..

  103. serem juga yahhh,,, untung ane blom lahir pas kejadian krakatau

  104. efek ledakan krakatau yang menewaskan ratusan ribu manusia di negri ini belum seberapa… coba bandingkan para pejabat
    negri yang membunuh secara perlahan jutaan rakyatnya dengan merampas hak-haknya…. efeknya berkelanjutan…..Masya ALLAH….

  105. mank yan berkata:

    Ya, mari kita sama-sama berdo’a smoga Karaktau tidak meletus, kalaupun meletus tidak memamakan korban. amiiiiiiiiin.

  106. ridho berkata:

    ya, Allah semoga gunung krakatau tidak akan meletus lg ..,
    amiiinn

  107. m. robby rizki ananda berkata:

    wah. dahsyat bener gunung krakatau sampe sampe kedengeran ke australia ………………………
    tapi yang lebih dahsyat adalah allah swt. yang maha menciptakan sesuatu………………………………………………………………………………….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s