Microsoft -Yahoo Sepakat ‘Lawan’ Google

image Yahoo dan Microsoft telah mengumumkan kesepakatan mereka soal pencarian internet yang memungkinkan mereka menyaingi Google. Mesin pencari Microsoft, Bing akan memotori situs internet Yahoo dan Yahoo kemudian menjadi tim penjualan iklan untuk tawaran online Microsoft. Yahoo mengalami kesulitan untuk meraup untuk dalam beberapa tahun belakangan. Namun, tahun lalu, perusahaan itu beberapa kali menampik tawaran pengambilalihan dari Microsoft dalam upaya untuk tetap mandiri.

Bos Microsoft Steve Ballmer mengatakan, kesepakatan dengan jangka 10 tahun itu akan memberi mesin pencari Bing milik Microsoft dengan skala yang diperlukan untuk bersaing.

"Dengan kesepakatan dengan Yahoo ini, kami akan menciptakan lebih banyak inovasi dalam pencarian, nilai yang lebih tingi bagi pemasang iklan, dan pilihan konsumen yang nyata di pasar yang saat ini didominasi oleh satu perusahaan," tambah Balmer.

Sebagai imbalan melepas kendali atas mesin pencarinya, Yahoo akan tetap memperoleh 88% pemasukan dari semua penjualan iklan pencarian dalam lima tahun pertama kesepakatan, dan berhak untuk menjual iklan pada beberapa situs milik Microsoft. Sementara itu, tim mesin pencari Yahoo akan harus bersiap-siap untuk kehilangan pekerjaan dalam dua tahun ke depan.

Sebagian staff akan pindah ke Microsoft, sebagian lagi bertahan di Yahoo, tapi PHK tidak bisa dihindarkan, kata chief executive Yahoo Carol Bartz kepada BBC.

Menurut Yahoo, kesepakatan itu akan mendatangkan manfaat bagi pengguna dan pemasang iklan Yahoo.

Tetap dominan

Yahoo mengatakan, kesepakatan akan menaikkan pendapatan operasi tahunan sebesar $500 juta dan memastikan penghematan $200 juta. Kesepakatan ini memberi Microsoft dan Yahoo pangsa pasar gabungan di pasar iklan pencarian internet di Amerika sekitar 30%. Google tetap akan menjadi kekuatan dominan dengan menguasai 65% pasar. Kesepakatan mengakhiri perundingan demi perundingan di antara kedua perusahaan.

Microsoft semua menawarkan untuk membeli Yahoo pada Januari 2008 dengan tawaran harga 47,5 miliar dollar. Namun, Balmer kemudian menarik tawaran itulah bos Yahoo saat itu Jerry Yang menghendaki harga lebih tinggi.

Sebagai gantinya, Yahoo memilih untuk mengadakan kemitraan periklanan online dengan saingannya, Google.

Namun, kesepakatan itu kemudian dibatalkan akibat risiko pertarungan berkepanjangan dengan regulator soal persaingan usaha. [sumber : bbc]

Pos ini dipublikasikan di Tekno. Tandai permalink.

2 Balasan ke Microsoft -Yahoo Sepakat ‘Lawan’ Google

  1. Ping balik: Microsoft -Yahoo Sepakat ‘Lawan’ Google | Update Blog Terbaru

  2. Ping balik: Roy Suryo Duga Klaim Nurdin M. Top Palsu | Update Blog Terbaru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s