Nur Sahid, Warga Temanggung Yang Disebut-Sebut Pelaku Peledakan Bom

Nur Sahid Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri telah menyebut pelaku peledakan dua hotel di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, berinisial N. Ketua Umum Gerakan Umat Islam (GUII) Abdurrahman Assegaf, Minggu,  juga menyatakan, pelaku bom bunuh diri di Hotel JW Marriott bernama Nurhasbi alias Nuri Hasdi alias Nur Sahid. Sebuah keluarga di Temangung, Jawa Tengah, yang disebut-sebut merupakan keluarga ‘N’ tersebut resah dan berharap yang dimaksud bukan anggota keluarga mereka.

Adalah Nur Sahid, warga Dusun Katekan, Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, yang disebut-sebut sebagai tersangka berinisial N itu. Namun, Muhammad Nasir, 60, ayah Nur mengatakan, tidak yakin anaknya terlibat aksi terorisme tersebut.

Nur Sahid lahir di Temanggung pada tanggal 24 Juli 1974 anak ketiga dari enam bersaudara pasangan H. Muh Nasir dan Hj. Tumini dan pernah belajar di Pondok Pesantren Ngruki Solo, Jawa Tengah yang dipimpin oleh Abu Bakar Ba’asyir. Nur Sahid memiliki istri bernama Dwi Pratiwi yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah serta memiliki dua anak.

Pria yang diduga menjadi pelaku bom bunuh diri di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton ini terakhir pulang pada 2005. Sejak 2001, katanya, dia tidak pulang ke rumah orang tuanya bersama istri dan dua anaknya. Nur menikahi istrinya pada 1999, setelah menjalani pendidikan di sebuah pondok pesantren di Temanggung. Setelah pernikahan itu, katanya, dia tinggal di rumah mertuanya di Klaten, Jawa Tengah. "Sebelum Tahun 2001, sering pulang ke rumah, apalagi saat Lebaran, tetapi setelah itu kami tidak tahu," kata Muhammad Nasir, ayah Nur Sahid, 60 tahun.

"Terakhir pulang ke Temanggung 2005 ketika menghadiri acara perkawinan saya," kata adik kandung Nur Sahid , Udi Mas’ud ketika ditemui  di rumah orang tuanya di Dusun Katekan, Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Pihak keluarga beberapa waktu lalu pernah mencari keberadaan Nur Sahid termasuk menemui pihak besan di Klaten. Pihak keluarga di Klaten, katanya, juga tidak mengetahui keberadaan Nur Sahid dengan istri dan dua anaknya setelah tahun 2001.

"Kami mendapat kabar kalau Nur menjadi tukang duplikat kunci di Semarang. Kami mencarinya tetapi tidak menemukan. Keluarga Klaten juga mengatakan mereka tidak pernah pulang," katanya.

Keluarga Tak Percaya Nur Sahid Terlibat
Kabar Nurhasbi alias Nur Sahid, merupakan pelaku bom bunuh diri di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton tidak dipercayai keluarganya. Di mata keluarga, warga Desa Katekan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah ini orang yang baik.

"Saya harap itu bukan anak saya, saya harapkan itu kabar keliru," kata Muhammad Nasir dalam Bahasa Jawa dengan didampingi salah seorang di antara enam anaknya, Safrudin, 31, di Temanggung, Minggu (19/7).

Mas’ud, adik Nur Sahid menyatakan, walupun kakaknya sudah lama tidak pulang ke rumah orang tuanya, Mas’ud menilai selama ini kakak kandungnya itu memiliki kepribadian yang baik. Mas’ud tidak percaya kakaknya menjadi teroris dan melakukan pengeboman.

"Saya tidak percaya jika kakak saya dianggap dan dituduh sebagai anggota jaringan Jama’ah Islamiyah (JI) yang direkrut oleh Tedy alias Reno alias Mubarok yang saat ini diduga sebagai Wakil dari Noordin M. Top," tegas Mas’ud.

"Kakak saya orang yang baik, sosok yang kalem," kata Mas’ud.

Keluarga menyampaikan hal itu untuk menanggapi pernyataan Ketua Umum Gerakan Umat Islam (GUII) Abdurrahman Assegaf yang menyatakan pelaku bom bunuh diri di Hotel JW Marriot Jakarta Jum’at kemarin bernama Nurhasbi alias Nur Sahid.

Nasir mengaku, pada Sabtu (18/7) tengah malam didatangi dua aparat kepolisian setempat dengan didampingi Kepala Dusun Katekan. "Mereka menanyakan data keluarga di sini, tetapi tidak ada pemberitahuan resmi dari aparat kalau anak kami terlibat. Saya yakin tidak terlibat," katanya.

Pos ini dipublikasikan di Nasional. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Nur Sahid, Warga Temanggung Yang Disebut-Sebut Pelaku Peledakan Bom

  1. temanggungcity berkata:

    Beritanya bagus
    untuk lihat lebih banyak link di
    http://temanggungcity.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s