Hasil MotoGP Jerman. Pertarungan Sengit Rossi vs Lorenzo

lorenzo - rossi Dengan kesabaran yang tinggi dan emosi tidak terpancing, Valentino Rossi berhasil memenangkan MotoGP Jerman, Minggu (19/7). Selama menempuh 30 lap di Sachsenring, pebalap Fiat Yamaha itu mencatat waktu terbaiknya total 41 menit 21,769 detik. Dengan mendapat tambahan 25 angka di balapan seri kesembilan ini semakin memperkuat posisi the Doctor di tangga teratas klasemen sementara. Rossi kini memimpin dengan 176 angka.

Tempat kedua direbut rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Tenaga Yamaha M1 yang digenjot pebalap Spanyol ini lebih besar ketimbang Rossi. Sehingga ia terus membayang ketat Rossi. Bahkan dapat merepotkan Rossi jelang lap terakhir.

Sementara ketiga diduduki Dani Pedrosa. Ia berhasil menyalip pebalap Ducati, Casey Stoner yang sedikit mendapat masalah dengan ban belakangnya, sehingga bagian belakang Ducati Desmosedici GP9 tampak liar.

Taktik brilian Rossi
Di bawah cuaca yang cerah, Valentino Rossi kembali menunjukkan kelasnya. Sadar tenaga Yamaha M1 milik kalah dari Lorenzo dan Stoner, Rossi mengeluarkan jurus khasnya dengan menurunkan kaki di tikungan pertama.

Meski sempat disalip Stoner di lap ke-6, The Docter terus menjaga jaraknya dengan pebalap Australia tersebut. Sebetulnya, ia bisa menyalipnya, namun karena pemakaian ban kompon keras-keras untuk depan dan belakang, maka ia sedikit menghemat (sementara Stoner dan Lorenzo pakai kompon ekstra keras dan keras untuk depan dan belakang).

Sadar rekannya mulai menekan, ia pun terpaksa menyalip Stoner di lap ke-16. Sejak itu ia bersaing ketat dengan rekan setimnya. Bahkan saat lomba tinggal 6 lap, beberapa kali Lorenzo hampir mengambilnya. Dan baru lap ke-25 berhasil dilibasnya.

Namun, jelang dua lap terakhir, Lorenzo sempat merepotkan Rossi. Namun dengan teknik tinggi, Rossi yang sudah mengambil alih pimpinan, tidak membuka ruang di tikungan pertama.

Pada lap terakhir, ia sengaja melakukan menuver agak sedikit ke dalam agar Lorenzo tidak berani menyalip dari luar. Begitu juga di tikungan terakhir, Rossi tidak memberi ruang gerak sedikit pun sehingga duluan menyentuh garis finish.

Rendy de Puniet jatuh
Belum genap satu lap saat lomba dilepas, sudah jatuh satu korban. Pebalap Rendy de Puniet terlempar cukup keras dari motornya. Ketika motor lagi dalam posisi menikung ke kiri dan segera masuk tikungan kekanan, pebalap asal Perancis itu tampak membuka power.

Akibatnya, tenaga yang sangat besar itu membuat bagian belakang Honda RC212V yang ditunggangnya "menggeliat". Rendy pun terlepas dari motor dan meluncur cukup jauh sampai masuk ke gravel.

Hasil MotoGP Jerman:
Posisi Pembalap Motor Waktu/Selisih
1. Valentino Rossi Yamaha 41m21.769s
2. Jorge Lorenzo Yamaha + 0.099s
3. Dani Pedrosa Honda + 2.899s
4. Casey Stoner Ducati + 10.226s
5. Alex de Angelis Gresini Honda + 21.522s
6. Toni Elias Gresini Honda + 30.852s
7. Marco Melandri Hayate Kawasaki + 31.301s
8. Nicky Hayden Ducati + 31.726s
9. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 32.865s
10. James Toseland Tech 3 Yamaha + 43.926s
11. Loris Capirossi Suzuki + 57.375s
12. Niccolo Canepa Pramac Ducati +1m00.539s
13. Chris Vermeulen Suzuki +1m03.645s
14. Mika Kallio Pramac Ducati +1m04.155s
15. Gabor Talmacsi Scot Honda + 1 lap
Gagal finis:
Andrea Dovizioso Honda lap ke-25
Randy de Puniet LCR Honda 0

sumber : kompas

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Olahraga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s