Bahaya! KPK Mulai Digembosi

gedung KPK Konflik atau gesekan yang terjadi antar lembaga hukum dapat dimanfaatkan untuk melemahkan pemberantasan korupsi, termasuk melumpuhkan eksistensi  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK diminta untuk tidak terpengaruh dengan situasi ini. Adanya gesekan antar lembaga hukum ini diungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Senin 13 Juli saat rapat dengan pimpinan lembaga hukum. SBY mengakui gesekan itu sedang terjadi antara KPK dan Polri.

Sebelumnya isu perseturuan KPK-Polri muncul menyusul adanya pernyataan Kepala Badan Resese dan Kriminal (Bareskrim) Komjen Pol Susno Duadji yang mengaku disadap. Meski tidak menyebut pihak yang menyadap, spekulasi pun bermunculan sampai ada yang mengaitkan dengan KPK. Disebut-sebut penyadapan itu terkait penyidikan kasus penggelapan dana Bank Century yang ditangani Mabes Polri.

Belakangan beredar kabar Polri membidik pimpinan KPK lain sebagai tersangka. Akan tetapi, belum jelas apakah perkara itu terkait kasus Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Antasari Azhar atau kasus korupsi.

Berikut ini upaya-upaya menggembosi KPK :

  1. Tersendatnya pembahasan RUU Pengadilan Tipikor di DPR RI. Padahal, semua tersangka KPK harus disidangkan di pengadilan itu. Tanpa pengadilan Tipikor, usaha penyidikan KPK sia-sia.
  2. Rencana BPKP menarik sejumlah auditor dari KPK. Padahal, auditor memiliki fungsi penting untuk mengalkulasi kerugian negara dalam setiap kasus korupsi.
  3. Rencana audit kinerja KPK oleh BPKP.
  4. Isu penyelidikan kasus dugaan korupsi yang melibatkan pimpinan KPK oleh Polri. Beberapa pimpinan KPK akan menjadi tersangka dalam beberapa kasus.
Pos ini dipublikasikan di Nasional. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s