KPK vs Polri : SBY Akui Ada Gesekan, Kapolri Membantah

sby_jk_pertama seusai pilpres Perseteruan KPK-Polri akhirnya mengemuka dalam rapat koordinasi yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden mengakui ada gesekan antara KPK dan Polri. ”Di waktu yang lalu terus terang ada gesekan antara KPK dan MA, antara KPK dan BPK. Sekarang ini barangkali sedikit ada gesekan antara KPK dan Polri. Ini realitas, saya buka saja, sebagai wujud transparansi kita, tetapi bukan tidak ada solusi, bukan tidak ada jalan keluar. Kita semua ingin betul-betul menjalankan tugas sebaik-baiknya,” ujarnya, Senin (13/7) kemarin.

Rapat Koordinasi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi itu dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Widodo AS, Menkum dan HAM Andi Mattalata, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Kepala BPKP Didi Widayadi, dan Wakil Ketua KPK Candra M. Hamzah. Rapat tersebut juga menjadi ajang pertemuan pertama kali SBY-JK setelah pemilu presiden yang keduanya saling berkompetisi selama hampir sebulan masa kampanye pilpres.

Menurut Kepala Negara, gesekan dan rivalitas antarlembaga hukum baik KPK, MA maupun Polri selalu ada. Namun, manakala rivalitas menjadi negatif, maka harus dicegah bersama-sama.

Sekarang ini, SBY mengakui ada gesekan antara KPK dan Polri. Untuk itu, semua lembaga terkait diminta membuka hati dan pikiran masing-masing agar terus bersinergi dan menjalankan tugas sebaik-baiknya. Presiden meyakini tidak ada di antara lembaga hukum itu memiliki niat yang tidak baik, yang ingin menggagalkan pemberantasan korupsi.

Membantah

Sementara itu, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri menepis isu yang beredar tentang perseteruan antara lembaga kepolisian dengan KPK. ”Tidak ada rivalitas, tidak ada masalah. Ke depan harus saling memperkuat. Korupsi harus terus diberantas,” kata Bambang.

Begitu juga dengan sinyalemen adanya gesekan antarlembaga ini. ”Enggak ada gesekan. Prinsipnya kita harus saling memperkuat antarpenegak hukum,” imbuhnya.

Keretakan hubungan KPK-Polri muncul saat Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol. Susno Duaji menyatakan keberatan karena dirinya disadap terkait kasus Bank Century. Kemudian perwira bintang tiga Polri ini menganalogikan Polri sebagai Buaya yang tidak bisa dilawan oleh lembaga penyadap yang disebutnya Cicak. Namun, Susno tegas membantah dirinya menyebut KPK sebagai Cicak yang dianalogikannya. [balipost]

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Nasional dan tag , , , , , . Tandai permalink.

62 Balasan ke KPK vs Polri : SBY Akui Ada Gesekan, Kapolri Membantah

  1. abel berkata:

    menurut saya….
    anggota Polri itu yang harus dibersihkan semuanya…
    ada yang korupsi dari Polantas… bahkan ada yang ketika melakukan penyidikan dilakukan di restoran/hotel… kapolri nggk usah bantah… kalau memang kapolrimo bersih… buat aja Intel dari dalam anggota sendiri… terus publikasikan siapa saja anggota Polisi yang sring terlibat transaksi seperti itu….
    itu kalau Kapolri mau benar2 membrenatas Korupsi….

    • jonynursanto berkata:

      kalau polri itu dibersihkan semua apa kamu yang mau jadi polisi , paling tambah korupsi karena kamu keliatan dari cara ngomongnya orang bodoh. polisi dan kpk harus berdamai berjabat tangan terus tangkap koruptor terus digantung, siapa yang mau daftar jadi koruptor

  2. jojhn berkata:

    saya setuju banget dgn pendapat diatas…hrsnya polri ga perlu melemahkan KPK spt itu, hrsnya polri mawas diri, KPK ada justru krn polri dan kejaksaan lemah dlm memberantas korupsi…kedua institusi ini sangat bejat dan kotor….malah biangnya korupsi itu ada di dua institusi tsb, polri dan kejaksaan gak usah sok bersih melakukan pencitraan dgn cara2 spt itu. publik sdh tahu track recordnya….memang seharusnya kedua lembaga tersebut terlebih dahulu membersihkan diri dari budaya korupsi….klu tdk….pemberantasan korupsi di indonesia omong kosong belaka.

  3. Aa Asep berkata:

    Kpk jalankan terus tugasmt kami dukung dengan doa, bersihkan tikus2 dan parasit yg hidup dlm tubuh negeri ini

  4. Aa Asep berkata:

    Kpk jalankan terus tugasmu kami dukung dengan doa, bersihkan tikus dan parasit yg hidup dlm tubuh negeri ini

  5. Sigit Handoyo, S.H., M.H. berkata:

    Apapun lembaganya dan apapun namanya, selama tidak ada good will dari pimpinan masing-masing lembaga serta kesadaran masyarakat itu sendiri untuk TIDAK PERNAH melakukan penyuapan, maka sampai matahari terbit dari Barat pun persoalan korupsi di Indonesia tidak akan pernah habis.

  6. hildan berkata:

    emeng korupsi di negara ini susah dibersihkan karena hampir semua lembaga ada koruptornya yg bai2 juga akan kebawa kalau kelamaan berteman dengan para koruptor. apakah negara ini harus di format ulang supaya bersih dari virus yg sudah mengakar,…

  7. jody berkata:

    biarlah polisi yg menang lawan kpk. klo kpk yg menang, bisa2 penjara ga muat tuh. biarlah kalah di dunia kpk. mudah2an menang dimata Sang Kuasa. Amin.

  8. erik berkata:

    mengnai hal ini pemerintah harus trun tangan..teliti yg sbenarnya apa..?jngan sampe kejadian ini muncul gara2 satu orang oknum..

  9. Wong ndeso berkata:

    Nah sekarang keliatan siapa yg jadi setan, biangnya dan sekaligus pelindung para koruptor. Saya sebagai wong cilik tidak berani berkomentar lebih jauh (takut…. ) tapi saya selalu optimis dan selalu berdoa supaya setan pasti kalah seperti lagunya bang haji roma irama.

  10. nurman syarip berkata:

    polemik tersebut membuktikan bahwa di lembaga peradilan kita termasuk dalam lingkingan penegakan hukum, masih terdapat oknum yang keluar dari koridor tugas dan tanggung jawabnya, yang seharusnya memberantas kejahatan malah melakukan kejahatan Tq.

  11. nova berkata:

    kita harus objektip dalam menilai, dua institusi hukum (polri dan kpk) sedang melaksanakan tugas dan fungsi masing2, biarlah berjalan sesuai dengan aturan hukum. toh pengadialan yang akan memutuskan dan terbuka untuk umum. bukan menghakimi/mencibir salah satu institusi tanpa solusi. jadi jangan di campur adukan antara hukum, politik dan kepentingan. he..he.. he.. komentar ente semua kayak orang gak sekolah.

    • eru berkata:

      iya tuh brO.. org yg coment kyak pada rada2 goblok semuenye!! sok tau aje soal kpk n polri, sekolahnye aje pada rada kagak jelas tuh. and mungkin pada pengangguran kelas berat aja ni yg comment!! dripda gk ada krja mkanya cri krja..

      • jonynursanto berkata:

        betul sekali gw juga sangat setuju orang orang yang sok jadi pahlawan belain yang ini yang itu cuma cari sensasi cari kesempatan untuk komersil, padahal yang komentar itu tiap hari kerjanya mabuk tapi kok ngomong politik , jadi ya gak nyambung belas mendingan mabuk aja mas terus.

  12. ramlius berkata:

    Polisi yang citranya sudah jelek dimasyarakat tambah buruk skg ini karena susno duaji…kenapa kapolri takut pecat? jangan2 waktu jadi kabareskrim dia bayar ama kapolri lagi…jadi kapolri takut pecat…menyedihkan indonesiaku…semoga dosaku diampuni telah salah memilih pemimpin negri ini…Lajutkan aja pak…

  13. basuh berkata:

    orang gila aja tahu kalo polisi nggak berwenang menyidik kewenangan kpk…masa SD/kabareskim nggak tahu keterlaluan.. tapi gua yakin masih ada polisi baek baek…tunggu tanggal mainnya…

    • eru berkata:

      aturan and Undang2 mane coy yg mngatakan polri gk brwenang menyidik kpk?!.. mkanya pke otak, jgn pke dengkulL!.. (makenye yg mngkin kluarganya pd prnah ketangkap ame Pulisi, jd EsmOsi comment kyk gni deh,, hihihi.. maling teriak maling)..

  14. jecky berkata:

    hidup kpk..!! merdeka !

  15. Wong ndeso berkata:

    Polisi itu krjnx cari uang sebanyak2nx, sukanya memeras org, mmprsulit mslh yg sbnrnya mudah dlm rangka mdptkn uang, wong rekrutmenx aja hrs pake uang puluhan bhkn ratusn jt rpiah (dah jd rhs umm) klopn ada yg jd polisi tnpa sogokan itu mungkn seribu satu (utk dijadiin bkt di tv bhw rekrtmenx brsh). Mgkn hny densus 88 aja yg krjnya bnr, yg lainnya msh UUD (ujg2nya duit) aja.

    • jonynursanto berkata:

      ia betul , nasib kita sama termasuk saya, sewaktu mau daftar polisi juga gak jadi karena gak punya uang, makanya sekarang kita jadi pengangguran bagaimanapun juga jadi pegawai negeri itu enak mas, yang nasimu dan nasibku menyedihkan sekali.

    • jonynursanto berkata:

      ia betul , nasib kita sama termasuk saya, sewaktu mau daftar polisi juga gak jadi karena gak punya uang, makanya sekarang kita jadi pengangguran bagaimanapun juga jadi pegawai negeri itu enak mas, yang nasib
      mu dan nasibku menyedihkan sekali.

  16. uci berkata:

    menurut saya,,,,
    semua anggota polri maupun kpk haruzz d priksa,,,
    spa tau mreka juga ada yang korupasi,,,
    apa kata dunia,,,

  17. uci berkata:

    menurut saya,,,,
    semua anggota polri maupun kpk haruzz d priksa,,,
    spa tau mreka juga ada yang korupsi,,,
    jgn mentang” mreka anggota polri atau kpk mereka bebas pmeriksaan,,,
    terimakasih,,
    dan maaf sebelumnya

  18. uci berkata:

    terimakasih,,,
    semoga pemerintah bisa menjadi lebih bijak dalam menyelesaikan masalah ini,,,

  19. yakobus km berkata:

    polri tak usah takut ada bintang tiganya masuk penjara lagi seperti suyitno landung. jadi tidak usah lindungi anggota yang salah.

  20. gus'a berkata:

    TERUS LAKSANAKAN TUGAS PAK POLISI BERSIHKAN SAPU DARI KOTORAN SEHINGGA DAPAT MEMBERSIHKAN DENGAN BAIK DAN BERSIH..MASYARAKAT INDONESIA HARUS BERPIKIR JERNIH JANGAN ASAL KELUARKAN PENDAPAT YG TIDAK ADA DASAR YG KUAT..POLRI ITU SUDAH BAIK…

    • haris berkata:

      Lihatlah fakta dilapangan, kejas itu menunjukkan kebenaran.
      Rumdin Polisi bagai show room mobil.
      Apakah itu bisa dibilang bersihhhhh??????????

  21. tian berkata:

    polri belum tentu salah coy.. kpk belum tentu bersih..

  22. rie berkata:

    Good Wind ( farting)wind out delicious (farting) is a bad habit of mankind viewed in terms of decency, but in terms of health issued a savory wind (farting) is very healthy at all, let alone many times … he he he, you know there’s nothing more all, as we again ride public transportation, to keep passengers in the crush, well there’s our chance to spend pleasant wind (fart) in / slowly we spend, surely it is very commendable act … he he,

  23. Novie berkata:

    menurut saya baik itu KPK maupun Polri tidak semata2 bersih dan transparansi…
    dimana kedua lembaga hukum tersebut psti saja ad penyimpangan sisi negatifnya.
    Dan di balik itu semua pasti ada oknum sebagai anggota Polri merasa risih dengan datangnya KPK….
    dan begitupun juga KPK belum tentu bersih….
    pasti aj kan ad oknum yang nakal yang telah menyimpangi tugasnya sebagai anggota KPK

  24. nurman syarip berkata:

    kita harus sadar bahwa tidak akan pernah ada suatu lembaga apun di dunia yg benar2 bersih, oleh karnanya diwajibkan bahwa tidak ada lembaga apapun yg kebal hukum, sy yakin walaupun ada oknum KPK yg nakal, toh semangat tuk berantas koruptor tidak akan terhenti, karna masih banyak orang KPK yg masih bersih Tq.

  25. irsan hadi berkata:

    saya bingung, setelah dibentuknya lembaga untuk memberantas korupsi, kok ada lagi yang berusaha untuk menghancurkannya…..
    kalau kita memang bersih dari areal korupsi, kenapa kita berasa kesal tetang penyadapan telphon, kecuali kalau memang kita berada di dalam ranah tersebut itu baru kita wajar kesal……
    saya setuju kalau ada lembaga di indikasikan korupsi untuk melakukan penyadapan kepada oknum-oknum yang dicurigai……
    bravo kpk, kami sangat bangga atas kerja lembaga kalian…..kikis koropsi di bumi pertiwi ini

  26. arjuna permana berkata:

    hendaknya kita bijaksana dalam menyikapi permasalahan antara KPK vs POLRI, kita jangan terjebak pada pembentukan opini yang menyudutkan salah satu lembaga dan melambungkan satu lembaga lain , aturan hukum sudah jelas bahwa setiapwarga negara sama kedudukannya dimata hukum mari kita kembalikan ke aturan yang ada , semoga yang benar yang menang, amien.

  27. zaenal abidin berkata:

    Apa budaya org ind itu suka rame-2 ya, blm ngerti mslhnya sdh bisa komentar n mengiyakan, ndak mau nyerahin mslh/kss pd yg berwenang, dukung mendukung kayak pertandingan sepak bola aja, protes blh tp hrs tau waktu n tempaatnya jgn malah perkeruh masalah, unjuk rasa n demo bknlah penyelesaian suatu masalah apalagi disertai dgn tindakan kekerasan, penganiayaan n pengrusakan.

  28. anton berkata:

    polri sapu aja kami mendukung mu…asal sesuai hukum berantas semuanya orang orang jahat..orang yang menjelek jelekan polri kan kerena pernah buat kasus makanya jelekin polisi terus…….

  29. wicaksono berkata:

    coba aja tanyakan pada setiap orang diseluruh indonesia, apakah mereka suka dengan cara kerja polisi “pasti kata-kata pedas yang kita dapatkan” karena mereka tahu polisi merupakan alat untuk berlindung dari kejahatan para oknum. yach….maklum polisi secara pasti tahu persis apa yang namanya hukum karena dia aparat penegak hukum…….wajar kalau dia bisa beralibi memanfaatka situasi.
    contoh kasus ringan aja dari tingkat bawah penyelewengan-penyelewengan polisi demikian kelihatan (dari pembuatan sim sampai dengan kasus peradilan).
    slogan polisi pelindung masyarakat sebaiknya tidak dipasang.
    sebenarnya ukurannya sederhana “PEOPLE POWER” dapat menunjukkan bahwa kebenaran itu mutlak………

  30. eeng berkata:

    pak presiden tolong segera tuntaskan masalah KPK dan POLRI,
    masak iya aparat keamanan pula yang bersiteru, kapan ini negara mau tentram???????????????????

  31. anoey_barabai berkata:

    biarkan saja polisi ama kpk saling bongkar boroknya spy mereka tahu masih banyak koruptor di institusinya, mudah mudahan semua para om – om senang itu berpikir, gimana mau baik wong yang diatasnya juga yg pada maling, mudah mudahan semua berjalan dengan baik maju terus polisi dan kpk kami hanya bs menunggu kau menjadi intitusi yang paling bersih dr para pengkhianat institusimu !!!!!!!

  32. Renata berkata:

    GO KPK!!!!

  33. Leo Astherizh berkata:

    Sampai Kapanpun kebenaran akan selalu menang, Kita ini Negara Hukum….

  34. Idrus dama berkata:

    jangan pernah menanyakan kenapa negeri kita miskin! sudah merupakan fitroh manusia ada yang baik ada yang buruk. hanya saja kita jgn lama2 membhas kpk polri.kpk polri lagi. bgku pasti ada rekayasa orang ketiga dari skenario ini. dan menurut sya klw hukuman bgi koruptor adlah hukuman mati bru indo akan keluar dari yang namax korupsi. itulah buat undang2 itu. Di jamin bukan takaburr. Indo akan bebs dari korupsi. By idrus gorntalo

  35. iqrar berkata:

    Aslkm wr wb
    ,,Mengenai hal ini kt tdk bs menyalahkan institusi mana yg benar n salah, anda jg tdk bs menyalahkan polri krn tdk mungkin polri menahan tanpa ada bukti yg kuat,,
    Gmn Indonesia bisa maju klw masyarakatx ja menjelek2an citra polisi,,
    Sharusx kt mendukung agar masalah ini cpt slesai dan siapa yg benar jg biarlah hakim yg memutuskan,,
    Tdk perlu mengejek2 institusi polri, kyk ga skolah n ga d didik aja ente,,
    Sy yakin para koruptor d negri kt ini skrng lg tertawa krn melihat aparat hukumx lg bersitegang,n jg masyarakatx yg ga mengerti apa2 ikt demo sana sini yg justru merugikan dirix sendri,,
    Jd biarkanlah polri mengerjakan tugas n wewenangx sesungguhx ALLAH jg maha taw siapa yg benar n salah, dan ALLAH akn melindungi orng2 yg benar,,
    Trima kasih,,
    Wassalam,,

    • ocot berkata:

      Kalau menurut saya sih, negara ini khan milik kita (rakyat), seharusnya mereka malu bertengkar didepan pemiliknya yaitu rakyat, kalau saya jadi manusia bermoral, pasti saya sudah mengajukan permohonan undur diri, malu … malu … malu, pokok siapa yang merasa jadi pemimpin yg gak bener silahkan undur diri, bukan malah berpegangan erat

  36. mr. ojo berkata:

    PERLU ANDA2 KETAHUI KORUPSI GAK BAKAL HABIS DARI INDONESIA. BAGAIMANA MUNGKIN HABIS WONG SEMUA PEJABAT DARI PALING TINGGI SAMPAI PALINAG KORUP KOK…. MASA ANDA INI GAK BISA RASAKAN, CONTOH PEMBUATAN SIM, KTP, DAN SEBAGAINNYA. APALAGI NGURUS PROYEK PEMIRINTI..JAILAH GOOODEE BANGET KORUPSI NYA. KALO PENGEN GAK ADA KORUPSI DI NEGRI YANG PARA PEMIMPINNYA GAK PUNYA MALU BUNUUUUH MEREKA SEMUA SAMA RAKYAT BARU BISA BEBAS.

  37. mr. ojo berkata:

    PERLU ANDA2 KETAHUI KORUPSI GAK BAKAL HABIS DARI INDONESIA. BAGAIMANA MUNGKIN HABIS WONG SEMUA PEJABAT DARI PALING TINGGI SAMPAI PALING BAWAH KORUP KOK…. MASA ANDA INI GAK BISA RASAKAN, CONTOH PEMBUATAN SIM, KTP, DAN SEBAGAINNYA. APALAGI NGURUS PROYEK PEMIRINTAH..JAILAH GOOODEE BANGET KORUPSI NYA. KALO PENGEN GAK ADA KORUPSI DI NEGRI YANG PARA PEMIMPINNYA GAK PUNYA MALU BUNUUUUH MEREKA SEMUA OLEH RAKYAT BARU BISA BEBAS NEGERI INI DARI KORUPSI DAN KORUPTOR.

  38. diant berkata:

    KPK JUGA MANUSIA BRO PASTI KLO LIAT UANG BANYAK MANA TAHANNNNNNNNNN JADI JANGAN SELALU SALAHKAN POLISI.YANG JAHAT ITU OKNUM KORUPTOR JADI DIMANAPUN KORUPTOR HARUS DIBERANTAS SAMPAI MATI.

    • mr. ojo berkata:

      kalo yang jahat oknum menurut lo siapa yang gak jahat….? lha wong semuanya pada korup kok….!!!! personalnya sudah korup semua bedanya besar kecilnya aja tergantung lahannya, bawahan – bahawannya sama semuanya nyari objekan. kamu bruu kaya gak tahu aja sehari-hari kenerja mereka.

  39. salwah berkata:

    Pada dasarnx kpk dan polri itu bukan malaikat yg lepas dari keihkafan dan salah,,,marilah kita sama2 berdoa agar semuanx cepat terungkap,,,dan teman2 yg lain jangan terlalu meremehkan pekerjaan polisi,,pekerjaan mereka itu mulia,tanpa polisi negara ini mau jadi apa!!

    • uccannnnnnn berkata:

      setelah membaca komentar2 diatas sy meyarankan kepada pak bambang sebagai kapolri untuk memeriksa anggota polri yg terlibat dalam masalah ini demi pencitraan yang baik polri kedepan begitupun kpk . wassalam

  40. ahmad s berkata:

    Kpk,polisi dan semua unsurterkait harus duduk bareng bicara dari hatikehati jujur dan bertanggung jawab kapan lagi punya pinpinan yang amanah mawadah warohmah duh Gustiiiii sdh jenuh dengan segala intrik-intrik yang itu itu itu juga kuno sdh jadul mari kita membangun negeri nan elok ini yuuuuuuuk

  41. ocot berkata:

    Bos-bos Indonesia lagi perang saraf dan otak, kita sebagai masyarakat kecil hanyalah wajib menonton saja, lihat aja nanti diantara mereka pasti otak dan sarafnya ada yang kalah, alias gila dan stresss.

    Bapak-bapak petinggi mbokyaoo istighfar pak, malu dilhat anak-anaknya seindonesia bapaknya saling rebutan bener.

    Kalau dipikir2 juga, keinginan dari sekelumit rakyat kecil terkabul, agar mereka segera bertobat, apa mau diteruskan pak, silahkan lihat akibatnya akan lebih parah.

  42. budiono agus arek maduro berkata:

    menurut saya copot ajalah pak kapolri itu….pasti semua beres.

  43. tikus got berkata:

    udah lah,,LEGALKAN AJA Tuwh KORUPSI…
    org ga cman pejabat yg korupsi koq,tpy rakyat juga. … .kasus suap ga bakal terjadi klo rakyat ga mulai duLuan..
    enak koq korupsi,,

    uang memang bukan segalanya…tapi segalanya butuh uang.. .
    go indonesian corruption comunity…

    • ocot berkata:

      Bener tuh kus tikus, tapi menjijikkan dan mungkin ini bukan sifat manusia yg harus mempunyai sifat pekerja keras, gunanya apa Alloh memberikan keringat tapi tidak pernah dikeluarkan, manusia ingin selalu mudah, malu dengan semut biarpun dia itu kecil tapi lihat 1 makanan diusung bareng-bareng dan rame-rame, alangkah baiknya jika manusia mempunyai sifat seperti semut

  44. persiku pas. berkata:

    boleh percaya sama kpk tapi ingat kalao percaya jngn 100 % masalah nya kpk bisa aja korupisi makanya kita harus hati hati namanya manusia kalao ngelihat duit matanya iji saya himbao kepada masarakat kita sama sama memberantas korupsi oke coy………dari orang orang/

  45. taufiq semarang berkata:

    hah pd buta smw na yak???
    g liat pa rewkaman di MK!!!!
    BUSUK smw na!!!!!

  46. nurul berkata:

    hey aku di kasih tau dong apa penyebab polri vs kpk…

  47. Yusuf Rendi berkata:

    Apa motivasi dalam penulisan blog bapak yang membahas tentang KPK vs Polri? apa karena mengikuti trend, fenomena yang terjadi, masalah yang di alami saat ini atau lain sebagainya.
    pertanyaan ini guna untuk melengkapi data penelitian saya tentang blog.

    • justnurman berkata:

      Motivasi pemuatan informasi dalam blog ini karena melihat fenomena yang sedang terjadi di masyarakat dalam segala bidang : politik, ekonomi, olahraga, dan lain-lain. Bukan saja di lingkup nasional tapi juga yang terjadi di seluruh dunia yang menarik perhatian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s