Inilah Daftar Calon Menteri dari Partai Politik

hatta-radjasa Pasangan capres-cawapres Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono hampir dipastikan memenangi Pemilu Presiden 2009. Walau masih ada waktu lima bulan lebih hingga 20 Oktober 2009, bagi-bagi jatah kursi di kabinet mulai dilakukan parpol pendukung koalisi partai pengusung SBY-Boediono. Pasangan SBY-Boediono diusung Partai Demokrat dengan koalisi 23 partai politik. Masing-masing parpol kini mulai kasak-kusuk meminta jatah menteri. Jika tidak dapat jabatan menteri, jabatan yang lebih rendahpun jadi seperti komisaris BUMN, atau dutabesar negara sahabat.

Sesuai UU No. 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara, jumlah menteri yang dibolehkan maksimal 34 menteri. Jika presiden membagi imbang jatah untuk parpol dan profesional, maka jatah parpol ada 17 menteri. Dari jumlah itu, Demokrat disebut meminta jatah lima menteri “basah”, yakni kementerian bidang ekonomi dan keuangan. Dalam rangka mengamankan kebijakan pemerintah di DPR, Partai Demokrat juga bertekad merebut jabatan Ketua DPR. Menurut sumber di internal PKS, tiga posisi menteri diincar PKS adalah Menteri Pertanian, Menteri Sosial, dan Menteri Pendidikan Nasional.

Partai Golkar dikabarkan tetap masuk dalam pemerintahan. Belum ada sejarah Partai Golkar menjadi oposisi. SBY tentu mempertimbangkan partai Golkar untuk menguasai parlemen, dan mengamankan kebijakan pemerintah yang berkuasa. Pertanyaannya adalah di mana posisi Mallarangeng bersaudara ?

Berikut adalah daftar calon menteri dari partai politik :

No.

Nama Partai

Jatah

Nama yang Diusulkan

1.

Partai Demokrat

5

1.  Jero Wacik
2.  Taufik Effendy
3.  Freddy Numberi
4.  Anas Urbaningrum
5.  Marzuki Ali
6.  Hayono Isman

2.

Partai Keadilan Sejahtera

3

1.  Tifatul Sembiring
2.  Suripto
3.  Anton Apriantono
4.  Adyaksa Dault

3.

Partai Amanat Nasional

2

1.  Hatta Radjasa
2.  Zulkifli Hasan
3.  Patrialis Akbar

4.

Partai Persatuan Pembangunan

2

1.  Suryadharma Ali
2.  Lukman Haki Syaifuddin
3.  Bachtiar Chamsyah

5.

Partai Kebangkitan Bangsa

2

1.  Muhaimin Iskandar
2.  Lukman Edi

6.

Partai Golkar

2

1.  Aburizal Bakrie
2.  Agung Laksono
3.  Fadel Muhammad

7.

PKPI

1

1.  Meutia Hatta

[sumber : Persda Network, dll]

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politika. Tandai permalink.

5 Balasan ke Inilah Daftar Calon Menteri dari Partai Politik

  1. bodrox berkata:

    wa ka ka ka, ada2 aja. kalo soal saring kekuasaan pada cepet banget aktionnya 🙂

    lebih cepat lebih baek.

  2. Naufal.Com berkata:

    Licik..

    Buat mas-mas atau mbak-mbak yang sudah saya komen, mohon kunjungan baliknya untuk mengetahui kisah seorang tunanetra yang berkiprah dalam dunia game, bisa diulik di http://adf.ly/Hvc dan sekalian komentarnya! Kalau mau ikutan kontes juga jangan lupa ya mas/mbak! (Linknya? http://adf.ly/HhS dan jangan lupa untuk mendukung saya dengan komentar ya! Lebih lanjut? Buka http://adf.ly/HhI bila ingin ikutan!)

  3. Ping balik: https://justnurman.wordpress.com/2009/07/11/inilah-daftar-calon-menteri-dari-partai-politik/ « Blog DPW PKB Jawa Barat

  4. wahyu berkata:

    menteri itu adalah pembantu presiden terdekat… sangat berbahaya bila lawan politinya direkrut jadi menteri… seperti api dalam sekam, biarlah lawan politik berkiprah lewat jalur independen… mengkritisi secara bijak agar semua pembangunan berjalan sesuai harapan rakyat.. ada yang kerja ada yang meluruskan..

  5. dimas mulyono berkata:

    kalau pak beye berjalan lurus dan istiqomah demi kesejahteraan rakyat, gak perlu ragu. tak perlu berpikir melakukan koalisi besar. setuju dan perlu ditradisikan terus oposisi yang konstruktif.l

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s