Hebat! Siswa SMKN 7 Samarinda Produksi Laptop Sendiri

gedung smkn7 samarinda Pihak DPRD Kalimantan Timur menyatakan salut atas kemampuan pelajar SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 7 Samarinda yang mampu memproduksi (merakit) laptop secara massal, serta mengharapkan agar keahlian mereka terus dikembangkan.
"Kami bangga atas prestasi ini. Tidak semua sekolah kejuruan bahkan sekolah yang sama di daerah lain memiliki kemampuan seperti itu. Jadi, kami berharap agar SMKN 7 mendapat dukungan semua pihak sehingga keahlian mereka dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan," kata anggota DPRD Kaltim, Entjik Widyani, di Samarinda, Sabtu (4/7).

Kemampuan itu, katanya, menambah bukti bahwa mutu pendidikan di Kaltim tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

"Namun, sebaiknya kita tidak merasa berpuas diri, semua pihak harus mendukung penuh agar kemampuan dan keterampilan SMKN 7 ini terus ditingkatkan dan dikembangkan sehingga nanti bukan hanya sekadar memproduksi laptop, melainkan juga berbagai alat elektronik lainnya," imbuh dia.

Pihak DPRD Kaltim berjanji akan mendukung penuh berbagai program untuk meningkatkan mutu pendidikan, termasuk kepada SMKN 7 tersebut.

"Secara umum, DPRD Kaltim sudah sepakat melaksanakan UU tentang Sistem Pendidikan Nasional, yakni mengalokasikan 20 persen dari total APBD untuk sektor pendidikan," kata dia.

DPRD Kaltim juga mendukung penuh program Kaltim yang melaksanakan Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun atau di atas program nasional, yakni Wajar Sembilan Tahun.

Mengenai kemampuan SMKN 7 itu, ia menilai harus dimanfaatkan pihak-pihak terkait, misalnya program untuk memberikan laptop gratis yang tahap awal hanya kepada 20 persen dari total guru di Kaltim mencapai 58.829 orang.
Pengajuan dana untuk bantuan laptop cuma-cuma kepada sejumlah guru di Kaltim itu telah masuk dalam APBD Perubahan 2009 Kaltim.

"Kita baru mendapat informasi bahwa baru Pemkot Kota Samarinda yang telah mengajukan permintaan 2.000 laptop buatan SMKN 7 untuk mendukung program pembagian laptop gratis itu," katanya.

Ia mengharapkan agar daerah lain juga mengikuti hal yang sama, tujuannya untuk memberdayakan kemampuan SMKN 7 dalam memproduksi laptop secara massal itu.

"Selain itu, harga alat elektronik produksi SMKN 7 ini jelas lebih murah, tetapi kualitas cukup bagus sehingga bisa menekan dana APBD dalam menjalankan program pembagian laptop gratis ini," katanya.

Hanya beberapa jam
Kepala SMKN 7 Samarinda Edih Rahmanuddin mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapat kewenangan untuk memproduksi laptop secara massal.
SMKN 7 memiliki tiga jurusan kompetensi, yakni multimedia, rekayasa peranti lunak, serta teknik komputer dan jaringan.

Jumlah semua siswa SMK saat ini ada 803 anak, 45 persen di antaranya sanggup merakit laptop.

"Jadi, atas kemampuan para siswa itu, maka kami tidak khawatir apabila ada permintaan secara massal karena satu siswa mampu merakit laptop hanya beberapa jam," ujar Edih. [antara]

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan dan tag , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Hebat! Siswa SMKN 7 Samarinda Produksi Laptop Sendiri

  1. Ping balik: Hebat! Siswa SMKN 7 Samarinda Produksi Laptop Sendiri « MacBook Explained Online

  2. sungguh luar biasa….info yang bagus…trim’s semoga banyak yang menirunya…amin!!!

  3. andry prayugo berkata:

    Mantap….sebagai org samarinda, salut dan ada juga yg dibanggakan bangsa

  4. mancing berkata:

    wah hebat selamat yah
    semoga bisa menjual laptop murah untuk masyarakat

  5. berry irsyad berkata:

    wow…. keren cuy……..
    bagi donk ilmunya????
    q iri nech…………….

  6. teknologi semakin terjangkau saja….

  7. orang biasa berkata:

    wah mangstabs mangstabs
    info berkualitas ni ayo anak bangsa yang lain jangan smpai kalah sama anak samarinda
    maju terus INDONESIA
    Di Bawah Pimpinan Pak. SBY
    hidup SBY

  8. karya yg bagus..semoga kami segera bisa mngikuti. Salam kenal dr SMKN 1 Jebus, Bangka

  9. HasruL berkata:

    Wah hebat banged,,, 🙂
    Semoga tetep terus begitu…
    junjung tinggi bangsa indonesia 🙂

  10. Tungir berkata:

    Mantap..2x…
    tapi kok gak ada fotonya ya..?? yang ada kok malah foto sekolahnya.. dan yang dikomentari kok hanya DPRD nya..??
    maunya ada fotonya donk.. supaya bisa kita lihat Laptop hasil kerjaan siswa tersebut..
    jangan2 laptop yang sudah ada yang disatu-satukan jadi laptop baru…
    kan bisa aja..
    karena rangkaian laptop itu amat sangat kecil2 jadi menurutku mustahil siswa tersebut bisa merakitnya..
    kecuali dia mendapat berbafai alat2 laptop bekas, kemudian di satukan menjadi sebuah laptop…
    Itu kalo menurut aku..
    thanx

    • Rizki berkata:

      di sekolah kita gag sedikit laptop yang sudah hancur lebur dan kita rakit kembali..
      jadi anda tidak usah meragukan sekolah kami lagi..

  11. Indra (SMA Don Bosco) berkata:

    alah… baru bisa ngerakit laptop aja kok udah bangga segitunya!!

  12. boby berkata:

    ya elah saya setuju ,ama tungir dan indra , yaken neh bisa buat laptop , sedang kan negara yang maju aja blom tentu bisa buat , untuk pasang komponen nya gmn emang gampang pasang komponen laptop.kalo menurut ku keg nya mustahil anak smk bisa merakit laptop. gak usah merakit laptop ,merakit pc aja dulu yah,,,,,,

    • rony berkata:

      sirik tanda tak mampu. klu emang tdk bnar apa mau pemerintah ngasih 600 jt buat buat tu laptop. salut buaat SMKN 7 dan kelaut aja buat Indra (SMA Don Bosco) dan juga Boby kamu bisanya rakit apa? ngerakit sepeda ontel ya?? ha..ha..

  13. Rizki berkata:

    saya bangga menjadi murid SMKN 7 Samarinda..

  14. kucikburit berkata:

    bang, dihapus aja postingan ini bang, berita paling bual abad ini…

    kebanyakan membual itu seperti terbang tinggi di awang2 , jatuhnya sakit ntar wkkwkk :))

    kalo tulis berita jangan asala copas aja bang, di cek and ricek kalo salah kan jadi becek. 😀

    hapus..bang…. hapuuuuuuuusss… !!!!

  15. ZULKAR9 berkata:

    eisssssssssssssssss,,,,,
    sirik tanda tak mampu….
    biarlah mereka berkata seperti itu,itu hak mereka…
    yg paling penting q jg bangga jadi anak smkn 7 ky.

  16. Death Angel. berkata:

    wew…smk 7 itu jurusannya emang terbagi 3,aku anak MM,yang biasa ngedit foto & bikin animasi gitu.

    aku liat anak TKJ biasa ke LAB sambil bawa CPU ama komponen lainnya,jadi kalo mau bukti,dateng aja ke SMKnya,wokwokwowokwokow..tanya aja ama anak TKJ-nya yang dirakit & dipelajari itu apaan.

    kalo mau nge-hina emang ente bisa apa dulu?

  17. Saharuddin,S.Pd berkata:

    ya…jangan kecilkan bangsamu sndiri…sebaiknya anda bangga dgn anak2 SMK7 Smd..bisa berbuat utuk bangsa ini…jangan sombong sama temannya ya !

  18. Saharuddin,S.Pd berkata:

    dari SMP Negeri 1 Muara Badak Kukar….mengucapin selamat buat Kakak2ku di SMK 7 Smd…ayooo…teruskan karyamu…baktikan buat bangsa ini kami doakan selalau sukses !

  19. Mitha berkata:

    smk 7 gitu pasti bisa melakukan apa aja buat semua orang ^_^
    aku bangga banget jadi anak smk 7 hahay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s