Debat Capres 3, Kalla dan Mega Kompak Serang SBY

2159007p Pada debat capres di Balai Sarbini, Jakarta, kali ini merupakan debat capres terakhir, dan dimoderatori oleh Prof Dr Pratikno, dekan Fisipol UGM. Sepertinya sejak awal JK sudah gatal ingin menyerang SBY. Belum ada sesi saling debat (masih penyampaian visi misi), Kalla sudah serang SBY terkait iklan kampanye Pilpres Satu Putaran.

"Maaf kepada Bapak SBY, iklan satu putaran untuk menghemat itu sama halnya memandang demokrasi dipandang sama dengan uang," sindir JK kepada SBY. "Maaf, saya khawatir, kalau hal (iklan) itu kita percayai, pada 2014 lanjutkan terus tanpa pilpres demi menghemat Rp 25 triliun," kata JK disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

JK menilai yang bisa menang satu putaran bukan hanya SBY, tetapi bisa juga dirinya ataupun Megawati.
"Soal pilpres satu putaran itu bisa saya bisa Bu Mega," kata JK. JK kemudian menyatakan kepada SBY, bahwa iklan satu putaran itu bukan iklan resmi SBY. Iklan itu ilegal dan harus ditertibkan. "Iklan itu iklan ilegal, ya kan Pak," ujar JK yang di iyakan SBY.
JK kemudian menegaskan bahwa bagaimanapun demokrasi itu tetap harus dijalankan."Jangan terhalang apapun," tutupnya.

SBY terpancing menanggapi serangan JK mengenai iklan satu putaran. SBY menyebut bagaimanapun dia menghormati Jusuf Kalla. Namun SBY Tak mengerti maksud JK yang mengatakan satu sisi menjunjung demokrasi dan satu sisi menekankan efisiensi. SBY menilai JK inkonsistensi. SBY mengaku tidak mengerti apa yang dimaksud JK dengan mengkritik anggaran pemilu yang dianggap terlalu mahal. Dan juga pernyataan JK yang menyindir mengenai iklan penghematan uang negara dengan pilpres cukup dengan satu putaran saja.

"Saya menghormati iklan itu, saya menghormati Pak Jusuf Kalla," Satu sisi uang tidak jadi masalah, intinya demokrasi jangan terhalang apapun,” kata SBY.

Sementara itu Mega serang SBY masalah menjaga kedaulatan di wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar.

"Pak SBY, perbatasan tidak bisa IT saja. Kita harus melihat realitas kehidupan warga di perbatasan. Kalau lihat di peta hanya garis lurus. Tapi kita harus melihat di mana tonggak penjagaan. Saat ini belum banyak dijalankan sehingga banyak yang masuk," ujar Mega.

Sebelumnya SBY sebagai calon incumbent, memaparkan bahwa pemerintah sudah berupaya membangun IT di daerah perbatasan dan pulau terluar agar mempermudah komunikasi. "Untuk kawasan perbatasan, tahun-tahun terakhir ini kita melakukan pembangunan, komunikasi terus kita lakukan. Transportasi kita tingkatkan, begitu pula ekonomi dan sosialnya. Diplomasi kita harus keras. Tapi kita bikin mereka nyaman sebagai bangsa Indonesia," kata SBY.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Peristiwa. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Debat Capres 3, Kalla dan Mega Kompak Serang SBY

  1. Bernardia Vitri berkata:

    Ayo! sama2 keroyok SBY!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s