KPU Dukung Pilpres 1 Putaran ?

3_capres Tim JK-Wiranto meminta KPU netral dalam pilpres. Sikap itu sangat penting untuk menjaga kredibilitas hasil pilpres yang berkualitas. Kasus spanduk sosialisasi mencontreng capres yang hanya diarahkan ke nomor 2 diduga kuat KPU ikut memuluskan skenario pilpres 1 putaran.

"Jangan sampai skenario 1 putaran juga dijalankan KPU dan aparat," ujar Indra Jaya Piliang, anggota Timses JK-Wiranto, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (26/6/2009). 

Dugaan Indra ini tentunya bukan tanpa alasan. Ditemukannya spanduk sosialisasi pilpres di Lampung yang diduga menguntungkan pasangan SBY-Boediono, karena dicontreng di nomor urut 2, adalah salah satu indikasi itu kuat ke arah itu selain berbagai kebijakan KPU yang tidak konsisten sebelumnya.

Indra mengatakan, KPU harus bersikap netral dalam pilpres. Mantan peneliti CSIS ini mengingatkan, jika KPU tidak netral dan hasil pilpres dicap curang oleh masyarakat, bukan tidak mungkin kekisruhan di Iran bakal terulang di Indonesia.

"Jangan karena dia lelah terus tidak mau kerja lalu inginnya 1 putaran. Keberpihakan KPU pada capres tertentu bisa menimbulkan Iran jilid II," pungkasnya.

Wiranto: Itu Melanggar Hukum!
Kubu Mega-Prabowo dan JK-Wiranto protes keras soal spanduk sosialisasi pilpres yang bertanda contreng di kolom nomor dua. Pasangan JK, Wiranto, bahkan menyebut spanduk itu melanggar hukum dan tidak boleh dipublikasikan.

"Itu melanggar hukum, etika dan moral," kata Wiranto seusai Kampanye dialogis terbuka di Gor Niagara, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Jumat (26/6/2009).

Menurut Wiranto, kalau spanduk seperti itu untuk kepentingan internal tidak masalah dibuat dengan tanda contreng. Untuk itu dia meminta agar pihak Panwas setempat segera mengambil tindakan.

"Panwas harus segera bertindak," tegasnya.

Menurut mantan Pangab ini, hal seperti itu tidak bisa dibiarkan. Jangan sampai Pemilu 2009 tidak mengalami perbaikan dibanding pemilu sebelumnya.

"Kalau tidak lebih baik rugi kita," tandasnya. [detikcom]

Pos ini dipublikasikan di Politika dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s