Hasil GP F1 Silverstone, Vettel Berjaya, Red Bull Finis Satu-Dua

podium-silverstone-z-003_210609 Silverstone – Musim ini adalah kali terakhir Silverstone menggelar GP Inggris. Namun, tak ada kado perpisahan manis dari driver tuan rumah karena yang berjaya adalah pembalap Jerman Sebastian Vettel dari Red Bull, yang diikuti rekan setimnya Mark Webber.

Jenson Button tampil begitu mumpuni musim ini. Tak pelak pembalap Inggris itu pun jadi salah satu unggulan utama dalam balapan di Silverstone, Minggu (21/6/2009).

Akan tetapi dari posisi startnya di tempat keenam, Button tak banyak bisa unjuk gigi dan cuma bisa finis di posisi yang sama. Faktanya memang tak banyak perubahan posisi di urutan depan dalam balapan ini.

Sebastian Vettel yang meraih posisi pole sedari awal balapan sukses mempertahankan tempat tersebut dan keluar jadi juara untuk kali kedua musim ini, setelah sebelumnya berjaya di GP China.

Finis di belakang Vettel adalah rekan satu timnya di Red Bull, Mark Webber, yang mengawali balapan dari posisi tiga. Capaian satu-dua untuk duo Red Bull ini persis sama dengan hasil di Shanghai.

Pembalap Inggris lain yang jadi juara di Silverstone tahun lalu, Lewis Hamilton, tampil jauh dari mengesankan. Start dari posisi 19, si juara dunia 2008 itu tak jauh-jauh dari posisi belakang. Dia finis di posisi 16.

Sementara di belakang Vettel dan Webber, terdapat Rubens Barrichello yang finis di posisi tiga. Satu lagi hasil cukup menawan dari pembalap Brawn GP itu musim ini.

Jalannya Balapan

Kimi Raikkonen selepas start langsung merangsek ke posisi lima. Di depannya ada Kazuki Nakajima, Mark Webber, Rubens Barrichello dan Sebastian Vettel. Pimpinan klasemen Jenson Button yang start di posisi enam sementara itu malah kehilangan posisi dan turun ke tempat ke-9.

Memasuki lap ketiga, posisi depan tak berubah, sedangkan Button sukses memperbaiki posisi ke urutan delapan memanfaatkan kelengahan Felipe Massa. Sementara itu, Lewis Hamilton sempat terlihat keluar lintasan usai “disodok” Nelson Piquet Jr. Namun, keduanya masih bisa bertahan di lintasan.

Sampai dengan 10 lap berjalan sejauh ini, Fernando Alonso terus membuntuti Nick Heidfeld dari BMW yang ada di depannya meski belum juga berhasil. Hamilton juga “bermasalah” dengan pembalap BMW, Robert Kubica, yang tak kunjung bisa dia susul. Lima terdepan sementara itu masih belum berubah.

Dengan balapan tersisa 42 lap lagi, Raikkonen masuk ke pit sehingga membuat perubahan dalam posisi di lintasan. Tak lama berselang, Jarno Trulli dan Button juga ikut masuk pit. Barrichello juga menyusul masuk ke pit sehingga untuk sementara turun dari posisi dua. Vettel masih di depan dan belum masuk pit.

Vettel akhirnya masuk pit dengan balapan tersisa 39 lap. Saat keluar, dia tetap menempati posisi pertama seperti menunjukkan dominasinya atas pembalap lain. Di belakangnya ada Massa dan Webber yang terpaut cukup jauh.

Massa akhirnya masuk pit juga dan saat keluar dia menempati posisi lima. Cukup baik, apalagi masih ada banyak lap tersisa, 37 lap lagi, untuk mengejar. Sebelumnya, Hamilton terlihat sangat berhasrat menjaga posisi dan ngebut sekencangnya untuk menutup ruang buat Nick Heidfeld yang baru keluar pit.

Memasuki lap 26, Vettel masih di depan diikuti Webber, Barrichello, Rosberg dan Massa. Raikkonen sementara di posisi tujuh, diikuti Button di belakangnya. Hamilton ada di tempat 18, menguntit Alonso pada posisi 17.

Tercipta duel Hamilton vs Alonso di posisi belakang ketika balapan berjalan setengahnya. Sempat wheel to wheel, Hamilton berhasil melewatinya untuk duduk di posisi 17. Manuver ini disambut oleh tepuk tangan publik Silverstone. Namun, beberapa saat kemudian Alonso malah berhasil mencuri kesempatan untuk kembali melewati Hamilton.

Sebastien Bourdais terlihat kehilangan sayap depannya yang copot usai menyenggol belakang mobil Heikki Kovalainan dengan 26 lap tersisa. Pada prosesnya, Kovalainen juga sempat melebar ke luar lintasan beberapa saat kemudian. Kovalainen akhirnya malah harus out dari balapan akibat persinggungan ini.

Balapan menyisakan 18 lap lagi dan Vettel tampaknya akan keluar jadi jawara jika tak ada hal luar biasa. Webber yang ada di posisi dua juga terlihat cukup nyaman dan tinggal Barrichello, Rosberg dan Massa yang bisa sengit berebut podium ketiga. Akankah ada drama terjadi di pitstop kedua yang akan terjadi sesaat lagi?

Sementara itu, Hamilton melorot ke posisi buncit setelah melakukan pitstop kedua dan kemudian melintir di lintasan. Vettel juga telah membuat pitstop dan duduk di posisi dua di belakang Webber yang masih membuat satu pitstop. Webber kemudian masuk pitstop dan balik ke tempat kedua dengan 12 lap tersisa.

Delapan lap sisa, Vettel ada di depan diikuti Webber dan Barrichello. Rosberg sementara itu ada di posisi lima, menyelingi Massa di posisi empat dan Button yang ada di tempat keenam.

Di beberapa lap terakhir, Button terlihat ngebut kencang untuk terus memperbaiki posisi. Dia mengejar Rosberg dengan diiringi sorakan semangat dari fans tuan rumah. Yang lantas bikin sedikit kesalahan justru Massa yang ada di depan Rosberg, kendati belum ada perubahan posisi.

Hasil GP Inggris:
Posisi-Pembalap-Tim(ban)-Waktu
1. Vettel Red Bull-Renault (B) 1h22:49.328
2. Webber Red Bull-Renault (B) + 15.188
3. Barrichello Brawn GP-Mercedes (B) + 41.175
4. Massa Ferrari (B) + 45.043
5. Rosberg Williams-Toyota (B) + 45.915
6. Button Brawn GP-Mercedes (B) + 46.285
7. Trulli Toyota (B) + 1:08.307
8. Raikkonen Ferrari (B) + 1:09.622
9. Glock Toyota (B) + 1:09.823
10. Fisichella Force India-Mercedes (B) + 1:11.522
11. Nakajima Williams-Toyota (B) + 1:14.023
12. Piquet Renault (B) + 1 lap
13. Kubica BMW Sauber (B) + 1 lap
14. Alonso Renault (B) + 1 lap
15. Heidfeld BMW Sauber (B) + 1 lap
16. Hamilton McLaren-Mercedes (B) + 1 lap
17. Sutil Force India-Mercedes (B) + 1 lap
18. Buemi Toro Rosso-Ferrari (B) + 1 lap

Not classified/retirements:
Driver Team On lap
Bourdais Toro Rosso-Ferrari (B) 25
Kovalainen McLaren-Mercedes (B) 2

klasemen_after_silverstone

klasemen_konstruktor_after_silverstone

Pos ini dipublikasikan di Olahraga dan tag . Tandai permalink.

3 Balasan ke Hasil GP F1 Silverstone, Vettel Berjaya, Red Bull Finis Satu-Dua

  1. muhammadardi93 berkata:

    Sepertinya anda mengcopy paste berita dari detiksport y?

  2. muhammadardi93 berkata:

    Maaf, gw kirain U Copas di detiksport. Blog U bagus. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s