Hari Ini Tak Menyerah, Joko Tjandra Resmi Buron

djoko tjandra Kejaksaan memberi kesempatan hingga hari ini, Senin (22/6), kepada terpidana Joko Soegiarto Tjandra. Pemilik PT Era Giat Prima itu dihukum terkait pengalihan hak tagih utang atau cessie Bank Bali.

"Kalau tidak datang, kami nyatakan buron," kata Jasman Panjaitan, Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung, lewat sambungan telepon. Jasman mengatakan belum mengetahui rimbanya Joko Tjandra.

Menurut Jasman, kejaksaan hanya tahu Joko meninggalkan Indonesia menuju Port Moresby, Papua Nugini. Joko terbang ke Port Moresby melalui t Bandara Halim Perdanakusuma pada 10 Juni 2009, sehari sebelum vonis dijatuhkan Mahkamah Agung. "Apakah masih di sana atau sudah pergi ke negara lain kami tidak tahu," kata Jasman lagi.

Joko divonis pada 11 Juni setelah Mahkamah Agung mengabulkan peninjauan kembali yang diajukan jaksa dalam perakara pengalihan hak tagih atau cessie Bank Bali senilai Rp 546,46 miliar. Bersama dia, mantan Gubernur Bank Indonesia Syahril Sabirin dinyatakan bersalah dan dihukum dua tahun penjara.
Kejaksaan sudah memangil Joko Tjandra datang ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada Senin(15/6) lalu. Eksekusi tersebut batal karena Joko tidak datang. Sedangkan Syahril Sabirin sudah dijebloskan ke Penjara Cipinang. "Kami harap dia kooperatif datang besok pagi," kata Jasman.

Menurut Jasman, kuasa hukum Joko Tjandra mengirim surat ke kejaksaan. Mereka meminta agar eksekusi kliennya ditunda. Alasannya, Joko Tjandra akan mengajukan peninjauan kembali atas putusan tersebut. Dalam surat itu juga tidak disebutkan berapa lama permintaan waktu penundaan eksekusi. Jaksa, lanjut Jasman tidak bisa menunda eksekusi tersebut.

Namun, Jasman mempertanyakan alasan peninjauan kembali tersebut. "Terhadap putusan mana PK itu diajukan," kata dia. Dia mengatakan terhadap putusan peninjauan kembali tidak boleh ada peninjuan kembali. Sebelumnya, pengacara Joko Tjandra, OC Kaligis mengatakan bahwa kliennya akah menyerahkan diri. Karena itu, ia mint eksekusi ditunda. [tempointeraktif]

Pos ini dipublikasikan di Nasional. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s