Debat Perdana Para Capres

Debat_Capres2Debat para calon presiden Indonesia berlangsung datar, dan tidak ada gagasan-gagasan baru yang terlontar dari para kandidat. Tidak munculnya sebuah gagasan baru dan konkrit membuat kalangan pengamat politik kecewa dan debat ini dianggap esbagai formalitas belaka.
Miskinnya gagasan baru terlihat misalnya saat ketiga kandidat dihadapkan pada pertanyaan apakah bencana lumpur Lapindo adalah bencana alam atau bencana industrial.

Ketiganya tak memberi jawaban jelas, capres PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hanya menyarankan agar masalah ini diselesaikan melalui jalur hukum.

Sementara itu, Susilo Bambang Yudhoyonopun berpendapat untuk penyelesaian masalah pelanggaran HAM di masa lalu ada cara lain yang lebih baik selain jalur hukum.

Sedangkan capres Jusuf Kalla menjanjikan pemberantasan pungli dan pembenahan birokrasi pemerintah agar lebih efektif melayani rakyat.

Selain ketiga masalah ini, para capres juga memberikan pandangannya soal anggaran pertahanan, nasib tenaga kerja indonesia di luar negeri dan pemberantasan korupsi. Namun, jawaban-jawaban mereka menurut pengamat politik Syamsudin Haris masih jauh dari harapan. Syamsudin menilai masih umumnya paparan para kandidat bisa saja mempengaruhi pilihan masyarakat.

Debat pertama capres 2009 berlangsung Kamis malam. KPU masih akan menggelar dua kali debat lagi yaitu pada 25 Juni dengan tema pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

Debat terakhir digelar pada tanggal 2 Juli dengan tema NKRI, demokrasi dan otonomi daerah.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politika dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Debat Perdana Para Capres

  1. regina berkata:

    koq aneh ya Pak Nurman, kalau lagi kampanye di lapangan, para capres ini malah saling sindir.. menurut sy, visi dan misi mereka malah jadi semakin kabur, dan tidak memberikan pencerahan kpd masyarakat awam setelah menonton debat ini,..

    • justnurman berkata:

      ya nih, kalau lagi kampanye mereka galak sekali, saling menyerang. pas ketemu semuanya pada sungkan. jadi yang kemarin bukan debat capres, tapi semacam diskusi, tukar pikiran. gak rame ditonton. kalau masih seperti kemarin, lebih baik KPU membatalkan debat yang kedua, biaya debat diberikan pada yang tidak mampu (sedekah, istilah pak JK).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s